Untuk mendukung aktivitas digital marketing, dibutuhkan seperangkat tools yang memudahkan dan membantu menjalankan digital marketing. Seperangkat tools ini tidak hanya terbatas pada platform iklan saja, tetapi juga mencakup tools yang digunakan untuk melakukan riset hingga analitik. Untungnya, saat ini ada banyak tools Google untuk marketer yang bisa membantu Anda.

Apa saja tools Google untuk digital marketer? Yuk simak penjelasan berikut..!

  1. Google Adwords

Google AdWords (Google Ads) merupakan salah satu tools Google untuk mengiklankan produk di Google Search. Iklan akan ditampilkan sesuai dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Tools ini memiliki banyak keuntungan untuk pemasaran digital. Pertama, iklan akan dilihat lebih banyak orang mengingat Google adalah search engine populer. Kedua, biaya yang dikeluarkan minim karena Anda hanya membayar jika audiens membuka iklan Anda.

Untuk menggunakannya pun sangat mudah. Anda cukup membuat akun Google Ads dan membuat campaign promosi Anda. Selanjutnya, cukup ikuti panduan dari Google hingga selesai.

  1. Google Analytics

Google analytics adalah tools Google untuk digital marketing dengan tujuan utama agar bisa menganalisis website. Dengan adanya tools ini bisa membantu Anda agar website bisnis yang dijalankan bisa berfungsi optimal.

Denga Google Analytics, Anda bisa memantau performa halaman website bisnis atau toko online Anda. Misalnya, jumlah trafik, sumber trafik, data demografi pengunjung, dan lain-lain. Dari data tersebut, Anda bisa lebih mengoptimalkan performa website tersebut.

Untuk menggunakan Google Analytics, ada beberapa cara yang dilakukan sesuai kebutuhan analisis Anda. Pertama, secara Realtime untuk melihat jumlah pengunjung, device yang digunakan, dan lainnya. Kedua, dengan Audience untuk melihat detail demografi pengunjung website. Selain itu, masih ad acara lain yang bisa Anda coba.

  1. Google Search Console

Google Search Console merupakan tools Google gratis untuk marketer yang kami rekomendasikan. Tools ini akan membantu Anda memonitoring kerja website terkait backlink, trafik, hingga performa web di perangkat mobile.

Dengan Google Search Console, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menemukan kata kunci yang paling efektif, hingga mengetahui halaman website yang paling populer. Bahkan, Anda juga mengetahui adanya broken link pada website.

Untuk menggunakan Google Search Console, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Pertama, menghubungkan Google Search Console dengan Google Analytics. Kedua, mengoptimalkan kata kunci. Pastikan Anda mengikuti semua langkah sesuai dengan panduan yang benar.

  1. Google Tag Manager

Sesuai Namanya, Google Tag Manager merupakan tools Google untuk marketer yang berguna untuk mengelola tag pada website. Dengan mengelola tag, Anda bisa mengetahui perilaku pengunjung website dengan lebih mudah.

Meskipun sekilas mirip dengan Google Analytics, Google Tag Manager memiliki beberapa kelebihan. Pertama, Anda bisa menggunakannya tanpa bantuan web developer. Kedua, Anda bisa menggunakannya bersama dengan tool lain seperti Google Analytics hingga Facebook Pixel.

Cara menggunakan Google Tag Manager juga tidaklah sulit. Setelah menginstalnya di website, Anda tinggal melanjutkan dengan membuat trigger dan mengaktifkan tag-nya.

  1. Google Trends

Google Trends merupakan tools Google untuk marketer yang berguna untuk melakukan riset kata kunci maupun topik konten. Dengan tool tersebut, Anda bisa mendapatkan data yng bermanfaat untuk menjalankan strategi konten marketing.

Car menggunakan Google Trends pun sangat mudah. Anda hanya perlu membuka halaman Google Trends lalu ketik kata kunci yang ingin diuji. Hasilnya, Anda akan melihat grafik yang menunjukkan seberapa populer kata kunci tersebut disertai kapan terjadi peningkatan atau penurunan tren.

Denga Google Trends, Anda juga bisa mendapatkan insight tren pencarian kata kunci. Insight tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendukung strategi content marketing Anda.

  1. Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah tools Google untuk marketer yang digunakan untuk memudahkan konsumen mengetahui informasi bisnis Anda.

Dengan Google Bisnisku, ada banyak manfaat  yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari memudahkan konsumen menemukan bisnis. Selain itu, pelanggan bisa memudahkan konsumen menemukan bisnis. Selain itu, pelanggan bisa memberikan review atau ulasan mengenai bisnis Anda. Bahkan, bisa menjadi alat komunikasi dengan pelanggan.

Cara mendaftar di Google Bisnisku juga sangatlah mudah. Psatikan Anda mengisi semua informasi mengenai bisnis Anda. Selanjutnya verifikasi bisnis melalui email.

  1. Google Scholar

Google Scholar basa juga disebut dengan Google Cendekia. Salah satu layanan dari Google ini memungkinkan penggunanya melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai jenis format.

Salah satu tools yang tidak termasuk dalam tahap pembuatan konten adalah Google Scholar ini. Walaupun lebih tepat untuk website e-learning, tak ada salahnya jika Anda mencari topik atau menguji keyword menggunakan tools ini.

Optimasi Bisnis Digital Anda Menggunakan Google Tools

Itulah 7 rekomendasi tools Google untuk digital marketer secara gratis yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan kegiatan bisnis Anda. Masing-masing tools memiliki kelebihan sesuai dengan fungsinya.

Dengan menggunakan tools diatas Anda bisa membuat strategi baru yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kegiatan marketing di website. Manfaat lainnya yaitu Anda dapat mengetahui trafik, riset kata kunci, dan mengetahui kebiasaan pengunjung.

Yuk, segera terapkan strategi digital marketing Anda dengan menggunakan berbagai Google Tools.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here