Tantangan bisnis online merupakan hal wajar yang akan ditemui dan patut diwaspadai oleh para pelaku bisnis. Setiap peluang dan tantangan bisnis, hendaknya menjadi motivasi untuk dapat terus berinovasi. Apalagi jika Anda tengah menggeluti bisnis online, tentu tantangan yang ada juga tidak bisa Anda remehkan.

Tantangan Bisnis Online yang Wajib Diwaspadai Beserta Solusinya

Berikut tantangan yang wajib Anda waspadai saat menjalankan bisnis online.

  1. Keterbatasan Budget untuk Promosi Online

Sebagian besar pebisnis online menganggap keterbatasan budget sebagai masalah yang paling sering mereka hadapi. Mengapa ini bisa terjadi? Umumnya, penyebab utama dari hal tersebut adalah hasil promosi yang belum sesuai ekspektasi dan budget pemasaran yang tidak mencukupi. Apabila bisnis online Anda sedang mengalami keterbatasan budget, ada dua solusi yang bisa Anda coba yaitu:

  • Melakukan promosi tanpa biaya

Anda dapat mencobanya dengan metode promosi gratis terlebih dahulu. Contohnya seperti SEO (Search Engine Optimization) dan social media marketing. SEO adalah metode di mana Anda berusaha menaikkan peringkat website pada mesin pencarian. Semakin tinggi peringkat website, tentu akan semakin banyak orang yang menemukan bisnis Anda.

Sebenarnya, dasar dari SEO cukup sederhana, Anda hanya perlu membuat konten atau halaman website yang relevan dengan mesin pencarian di Google.  Selain itu, Anda juga perlu membuat website Anda kredibel dan mudah ditemukan oleh Google. Masih banyak hal lagi yang perlu dipahami tentang SEO.

Jika Anda membutuhkan tempat belajar SEO, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

Baca juga: Strategi Marketing Efektif

Selain SEO, metode pemasaran lain yang gratis adalah social media marketing yaitu Anda mempromosikan bisnis via media sosial. Nah, berhubung jumlah pengguna media sosial sangat banyak, platform ini sangat ideal untuk Anda jadikan saluran pemasaran. Karena Anda hanya perlu memposting konten yang tepat, untuk audiens yang tepat, dan di waktu yang tepat.

Dengan mengoptimalkan metode pemasaran online yang gratis, Anda tak perlu lagi khawatir dengan biaya.

  • Membuat iklan yang lebih efektif

Cara kedua yaitu membuat iklan yang lebih efektif. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi sukses atau tidaknya suatu iklan. Salah satunya adalah memilih keyword yang tepat untuk iklan Anda. Karena iklan Anda akan muncul ketika pengguna Google mengetik keyword tertentu. Sehingga, iklannya bisa lebih efektif dan tepat sasaran.

  1. Kesulitan saat Melakukan Targeting Konsumen

Tantangan kedua yang kerap dihadapi para pebisnis online adalah kesulitan saat melakukan targeting konsumen. Secara tidak langsung, masalah ini masih berkaitan dengan masalah keterbatasan budget. Sebab, melakukan pemasaran yang tidak tepat sasaran tentu akan menambah pengeluaran bisnis.

Jadi, apa yang perlu Anda lakukan agar pasar Anda mampu menjangkau target konsumen? Berikut solusinya:

  • Lakukan survei konsumen

Anda bisa menyebar kuesioner atau melakukan interview untuk mengetahui permasalahan target konsumen serta mengenal mereka lebih dalam. Sehingga, Anda bisa tahu cara menarik hati mereka.

  • Tetapkan nilai produk Anda

Setelah mengetahui masalah yang dihadapi konsumen, Anda tinggal mencocokkannya dengan manfaat yang produk Anda tawarkan. Pastikan produk Anda mampu menjadi solusi atas permasalahan mereka. Selain itu, pastikan tiap produk menyasar pada kelompok konsumen tertentu. Contohnya, Anda bisa menawarkan dua paket produk untuk dua segmen konsumen yang berbeda.

  • Buat konten yang relevan dengan target konsumen

Cara termudah untuk menarik perhatian target konsumen adalah membuat konten yang relevan dengan minat mereka. Baik berupa artikel blog, video YouTube, atau postingan di media sosial.

  • Buat Targeted Ads

Saat membuat iklan di Google atau Facebook, Anda dapat menentukan karakteristik pengunjung yang akan melihat iklannya. Nah, pastikan karakteristiknya sesuai dengan target konsumen Anda. Dan karakteristik yang dipasang pun jangan sampai terlalu luas, buatlah yang spesifik. Karena, semakin spesifik karakteristik yang dipasang, semakin akurat targeting iklannya.

  • Lakukan Influencer Marketing

Carilah influencer yang karakteristik followersnya sama dengan target konsumen Anda. Lalu, promosikan bisnis Anda via influencer tersebut. Sehingga Anda bisa langsung menjangkau target konsumen Anda.

  • Melakukan Email Marketing

Ajaklah target konsumen untuk berlangganan email bisnis Anda. Sehingga, Anda bisa lebih mudah berinteraksi dengan mereka.

Intinya, untuk menjangkau target konsumen, Anda harus paham terlebih dahulu siapa target konsumen Anda. Apa permasalahan mereka? Apa solusi yang mereka butuhkan? Dan platform apa yang sering mereka kunjungi? Setelah mampu menjawab seluruh pertanyaan tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan layanan bisnis Anda dengan minat target konsumen.

  1. Belum Siap untuk Beralih ke Pemasaran Online

Banyaknya pertimbangan, seringkali membuat pebisnis merasa belum siap untuk memulai beralih ke online. Mulai dari cara praktiknya, manfaatnya, dan juga risikonya.

Jadi, apa yang perlu mereka lakukan agar merasa lebih siap untuk menjalankan pemasaran online?

Terdapat dua kunci agar pebisnis merasa siap untuk menjalankan pemasaran online,keduanya perlu mereka jalankan secara berurutan. Pertama pebisnis perlu belajar tentang pemasaran online dan yang kedua pebisnis perlu melatih skill dengan langsung mempraktikkan ilmunya. Mulailah dengan membuat akun media sosial dan membangun website untuk bisnis Anda. Kemudian, Anda bisa langsung menjalankan praktik pemasaran online yang telah Anda pelajari.

  1. Kendala Teknis Mendadak

Masalah selanjutnya yang sering pebisnis online hadapi adalah kendala teknis mendadak.

Berikut kendala teknis yang sering dialami oleh seorang pebisnis online:

  • Website error karena terkena serangan hack
  • Kecepatan website lambat
  • Tidak dapat mengakses Website karena server offline
  • Akun media sosial terkena suspend

Cara Mengatasi Kendala Teknis di Website (Terserang Hack, Lambat, atau Server Offline)

Ada satu cara ampuh agar website bisnis Anda terhindar dari berbagai kendala teknis, yaitu memilih layanan hosting terbaik. Hosting dapat mempengaruhi performa website. Mulai dari stabilitas server, kecepatan website, hingga keamanannya. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih hosting terbaik untuk website Anda.

Berikut adalah kriteria yang perlu Anda perhatikan saat memilih hosting:

  • Tingkat uptime di atas 99.9%, sehingga kemungkinan websitenya down sangat kecil.
  • Fitur kecepatan yang lengkap, mulai dari web server hingga fitur-fitur pelengkapnya harus bisa mengoptimasi kecepatan website Anda.
  • Sistem keamanan terbaru, dengan sistem keamanan yang canggih website Anda dapat terhindar dari berbagai ancaman siber.
  • Tim support yang andal, pastikan penyedia hosting memiliki tim support tim yang dapat Anda hubungi 24/7. Selain itu, akan lebih baik lagi jika tim support mampu memberikan solusi secara cepat dan ramah.

Cara Mencegah Akun Media Sosial yang Terkena Suspend

Anda harus tahu penyebab mengapa akun media sosial bisa terkena suspend. Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Melakukan like dan follow secara massal, hindari like dan follow secara berlebihan, karena itu akan melanggar peraturan platform. Contohnya, di Instagram, jumlah like yang normal adalah 60 like per jam.
  • Memposting konten secara berlebihan, pastikan Anda tidak memposting konten tanpa batasan. Contohnya, berdasarkan peraturan Facebook, jumlah konten yang lazim per hari adalah 25 konten.
  • Melanggar aturan platform, contohnya seperti menjiplak konten dan melanggar hak cipta.
  • Dilaporkan oleh pengguna platform, hindari konten-konten yang kontroversial agar tidak mengganggu kenyamanan followers atau pengguna platform lainnya.

Jika Anda menghindari seluruh masalah di atas, akun media sosial bisnis Anda aman dan tidak akan terkena suspend.

Itulah tantangan yang perlu Anda waspadai ketika menjalankan bisnis online. Dengan mengetahui ini semua, pastinya Anda akan merasa lebih siap untuk menjalankan usaha secara online yang sudah dari lama Anda impikan.

Semoga sukses, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here