Sistem informasi dan komunikasi telah mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dampaknya tidak hanya terasa oleh mereka yang memiliki pekerjaan khusus di bidang teknologi, tetapi juga mempengaruhi gaya hidup berbagai lapisan masyarakat. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi tersebut adalah munculnya marketing online.

Jika Anda belum terlalu familiar dengan istilah ini, mungkin saja Anda telah menggunakan layanan marketing online tanpa menyadarinya. Sesuai namanya, pemasaran online atau online marketing adalah cara mempromosikan produk ataupun layanan secara online menggunakan internet. Terdengar simpel bukan? Nyatanya, kita memerlukan strategi marketing online yang efektif dalam prosesnya demi memperoleh hasil optimal.

Lalu, bagaimana strategi pemasaran online marketing yang dimaksud tersebut? Simak penjelasan serta panduan lengkapnya di bawah ini.

Apa Pengertian Online Marketing?

Online Marketing adalah strategi memanfaatkan platform daring untuk mengkomunikasikan pesan seputar citra bisnis, serta mempromosikan produk atau layanan kepada calon konsumen. Platform daring yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari situs web, Search Engine Optimization (SEO), Iklan Pay Per Click (PPC), Email marketing, dan Media social.

Manfaat Pemasaran Online

Ada berbagai manfaat dari strategi online marketing yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya, di antaranya sebagai berikut:

  • Akses yang Luas

Online marketing dapat dimanfaatkan siapa saja, baik itu perusahaan besar, usaha menengah, maupun usaha kecil. Semua skala bisnis bisa memanfaatkan online marketing karena alat-alat yang diperlukan untuk digital marketing mudah diperoleh siapa saja.

Serta online marketing ini memungkinkan Anda menjangkau pasar hingga ke luar negeri. Jadi semakin luas pula kesempatan calon konsumen untuk mendapatkan informasi bisnis Anda.

  • Biaya Murah dan Lebih Efektif

Dibanding dengan media pemasaran lainnya ( baliho, billboard, dan iklan di televisi ), mempromosikan produk di internet jauh lebih murah.

Hal inilah yang membuat para pelaku bisnis kecil dan menengah mudah untuk mengenalkan produk mereka.

Dengan online marketing, Anda bisa menghemat anggaran marketing dengan hasil yang sama atau bahkan lebih efektif. Berdasarkan sebuah survey, pelaku usaha kecil menengah yang menerapkan digital marketing bisa menghemat anggaran marketing hingga 40 persen.

  • Meningkatkan Revenue Secara Efektif

Tidak hanya menghemat anggaran marketing, dengan menggunakan online marketing Anda juga bisa meningkatkan pendapatan lebih efektif.

Berdasarkan laporan Google, pelaku bisnis yang memanfaatkan online marketing berhasil meningkatkan pendapatan 2.8 lebih besar dibanding bisnis yang hanya mengandalkan marketing tradisional.

  • Target Pasar yang Spesifik

Salah satu kelebihan utama online marketing adalah Anda bisa menargetkan audiens yang spesifik. Online marketing mampu mengumpulkan berbagai data penting, dari lokasi, usia, minat, hingga gender untuk menentukan target yang paling sesuai untuk kampanye marketing Anda.

  • Operasional dalam waktu singkat

Kelebihan selanjutnya dari pemasaran online adalah dapat membuat kegiatan operasional selesai dalam waktu singkat. Terkoneksinya dengan internet memungkinkan Anda menyelesaikan seluruh kebutuhan operasional dengan cepat dan singkat.

  • Tersedia 24 jam

Online marketing adalah strategi yang juga memungkinkan bisnis Anda tersedia setiap hari selama 24 jam. Hal tersebut tentunya mampu meningkatkan penjualan dan keuntungan usaha.

Strategi Pemasaran Online Paling Efektif untuk Bisnis

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan strategi yang tepat dalam menjalankan pemasaran, termasuk strategi online marketing. Berikut adalah 15 strategi marketing online yang bisa Anda terapkan di bisnis Anda:

  1. Membuat Website Khusus

Website adalah sebagai toko Anda di dunia maya, sama seperti toko fisik Anda di dunia nyata. Selain itu, website menjadi tempat menampung semua trafik yang Anda hasilkan dari semua kanal marketing, dari email sampai media sosial.

Anda bisa menampilkan semua informasi mengenai bisnis, dari informasi produk, harga, cara pengiriman, hingga syarat & ketentuan di website. Semua transaksi terjadi di website sehingga lebih aman dan lebih mudah untuk dievaluasi.

Menurut Verisign, 84 persen pelanggan lebih percaya kepada bisnis yang memiliki website dibanding bisnis yang hanya mengandalkan media sosial. Jadi manfaatkan website sebaik mungkin untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online Anda

  1. Tingkatkan Trafik dengan SEO

Google telah menjadi salah satu sumber informasi utama bagi konsumen untuk menemukan produk secara online. Menurut riset Adweek, sebanyak 81% konsumen melakukan riset di mesin pencari terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Itu artinya website bisnis Anda harus mudah ditemukan melalui hasil pencarian Google. Nah, dengan menggunakan SEO atau Search Engine Optimization bisnis yang Anda jalankan akan mudah terdeteksi oleh calon pelanggan yang melakukan riset tadi.

  1. Selain SEO Gunakan juga SEM

Berbeda dengan SEO yang membutuhkan waktu lama untuk memunculkan website Anda di halaman pertama pencarian Google. Maka SEM ( Search Engine Marketing ) akan menjadikan website Anda berada di halaman pertama hasil pencarian Google dalam kurun waktu yang cepat. Tentu hal ini akan mempercepat trafik penjualan bisnis Anda.

  1. Buatlah Blog untuk Content Marketing

Menurut WordPress sebanyak 409 juta orang membaca lebih dari 23 miliar artikel blog setiap bulannya secara global. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan strategi online marketing bisnis Anda. Kelebihan lain yang didapatkan ketika menggunakan blog untuk online marketing selain mendatangkan trafik adalah meningkatkan penjualan produk bisnis Anda. Blog merupakan salah satu sumber informasi terpercaya konsumen untuk menentukan pembelian. Blog menduduki peringkat lima untuk sumber informasi utama konsumen, setelah portal berita, Facebook, situs ecommerce, dan YouTube.

  1. SMM (Social Media Marketing)

Saat ini kekuatan sosial media sebagai strategi pemasaran online sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, yang perlu dipertimbangkan adalah penggunaan platform sosial media sesuai produk yang Anda tawarkan. Selain perlu mempertimbangkan platform yang tepat, Anda juga harus memiliki strategi content marketing yang baik agar kontennya relevan dengan pelanggan.

  1. Aktif di Komunitas Online

Cara marketing online yang selanjutnya adalah aktif di komunitas online. Komunitas online seperti grup Facebook, Kaskus, FemaleDaily, dan Reddit bisa membantu Anda memahami calon pelanggan. Temukan forum yang masih ada kaitannya dengan bisnis dan produk Anda. Dalam forum tersebut Anda juga bisa menemukan trend terbaru di kalangan konsumen, masalah yang sering dihadapi konsumen, dan masukan untuk bisnis Anda sendiri. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan kualitas produk atau layanan berdasarkan resume dari forum online tersebut.

  1. Buat Video Marketing

Video juga menjadi salah satu jenis konten yang perlu Anda perhatikan untuk content marketing. Karena video dapat membuat pengunjung lebih lama mengunjungi blog Anda. Ada survey mengatakan, bahwa 72 persen responden menyatakan video marketing membantu meningkatkan conversion rate bisnis mereka. Hal ini berpengaruh untuk meningkatkan nilai brand bisnis Anda di Google.

  1. Lakukan Guest Post

Guest post adalah ketika Anda menulis artikel yang diterbitkan di blog atau situs web orang lain dan meletakkan link menuju blog atau situs web Anda. Namun, Anda perlu memilih blog atau website dengan trafik tinggi agar guest post bisa terasa manfaatnya. Anda bisa melakukan guest post di website portal media atau blog influencer yang trafiknya tinggi. Ini dapat membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dan juga dapat meningkatkan otoritas domain Anda.

  1. Buat Email Marketing

Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email. Penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya karena efektivitasnya untuk memperoleh konsumen yang lebih tinggi dibandingkan dengan Facebook dan Twitter. Selain itu, 59 persen konsumen bersedia untuk menjadi berlangganan email marketing atau newsletter jika ada penawaran yang diberikan. Penawaran tersebut bisa berupa kupon atau diskon spesial. Jadi tidak ada alasan lagi untuk menunda penerapan email marketing.

  1. Terapkan Marketing Otomatis

Kelebihan lain yang didapatkan dengan menggunakan strategi marketing online adalah  Anda bisa melakukan kampanye marketing secara otomatis. Terdapat berbagai macam marketing automation tools yang dapat Anda manfaatkan. Untuk email marketing Anda bisa menggunakan Mail Chimp atau Constant Contact. Anda juga bisa melakukan posting otomatis di media sosial dengan menggunakan tools seperti Buffer atau HootSuite.

Dengan menggunakan software-software tersebut Anda bisa menghemat waktu dalam menjalankan kampanye marketing. Selain itu, Anda juga bisa membuat kampanye marketing yang terencana menggunakan software.

  1. Respon Review Online

Jika Anda bertanya bagaimana strategi marketing pemasaran online marketing yang efektif, maka salah satu jawabannya adalah dengan merespons review online. Biasanya, calon pembeli akan mencari review produk yang hendak dibelinya dari blog review, forum online, media sosial, hingga di profil Google Bisnis.

Tugas Anda adalah untuk selalu memantau review online bisnis Anda dan merespon setiap review yang Anda dapatkan. Respon terhadap review online menunjukkan kepedulian Anda kepada konsumen yang telah meluangkan waktunya untuk menilai produk atau layanan Anda.

  1. Menggunakan Program Referral

Referral program memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui promosi yang dilakukan pelanggan Anda sendiri. Tentu Anda perlu memberikan reward kepada pelanggan yang melakukan promosi.

  1. Aktifkan Google My Bisnis

Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google My Bisnis, kantor, restoran, atau perusahaan Anda otomatis muncul di Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menuju lokasi dengan bantuan Google Maps. Meskipun terlihat sepele, Google My Bisnis memiliki banyak manfaat. Dari bisnis muncul di Google Maps, review pelanggan, hingga media komunikasi bagi para pelanggan. Jadi pastikan bisnis Anda terdaftar di Google My  Bisnis.

  1. Kerja Sama dengan Influencer

Influencer marketing adalah ketika Anda bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada audiens mereka. Ada dua jenis influencer, yaitu influencer mikro dan influencer makro. Influencer micro adalah orang-orang biasa yang memiliki kurang dari 10 ribu follower di media sosial. Sedangkan influencer macro adalah orang-orang yang memang sudah terkenal di luar media sosial seperti aktor, penyanyi, presenter, atlet, atau politisi. Biasanya follower macro influencer berkisar antara 100 ribu sampai jutaan. Untuk Anda yang baru merintis bisnis, mulailah bekerjasama dengan influencer mikro karena influencer makro cenderung memakan biaya cukup tinggi, mengingat popularitas dan jangkauannya sudah sangat luas.

  1. Whatsapp Marketing

Selain email marketing, Whatsapp juga menjadi platform chat terpopuler karena fiturnya yang simple, mudah, dan cepat digunakan. Tidak hanya digunakan sebagai aplikasi chat saja, kini Whatsapp juga dimanfaatkan oleh pebisnis untuk berjualan dikarenakan banyaknya orang menggunakan Whatsapp.

Whatsapp blast adalah salah satu cara untuk mengirim pesan sekaligus dalam jumlah banyak. Namun perlu diperhatikan, pesan promosi produk sebaiknya dikirimkan kepada customer yang sudah menghubungi Anda atau pelanggan setia sehingga mereka tidak merasa risih atau terganggu karena adanya pesan tersebut.

  1. Terapkan Affiliate Marketing

Dengan affiliate marketing Anda bisa mengajak pelanggan reguler untuk mengiklankan produk Anda ke teman-teman atau followernya di media sosial. Dan sudah terbukti banyak perusahaan baiik dalam negeri maupun luar negeri yang menggunakan program afiliasi ini.

  1. Pay Per Click

Tak hanya SEO dan SEM, strategi marketing online yang efektif selanjutnya adalah PPC. Sesuai dengan namanya, Anda akan dikenakan sejumlah biaya setiap kali ada user mengklik iklan yang Anda buat. Strategi ini memang mirip-mirip dengan SEM, namun ada beberapa platform yang menampilkan iklan PPC kepada audience-nya sehingga tidak selalu membutuhkan mesin pencari seperti Google.

Platform periklanan yang paling populer digunakan untuk PPC sejauh ini adalah Google AdWords, Instagram Ads, dan Facebook Ads. Strategi ini memang mirip-mirip dengan SEM, namun ada beberapa platform yang menampilkan iklan PPC kepada audience-nya sehingga tidak selalu membutuhkan mesin pencari seperti Google. Platform periklanan yang paling populer digunakan untuk PPC sejauh ini adalah Google AdWords, Instagram Ads, dan Facebook Ads.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis modern saat ini, marketing online menjadi sangat penting untuk membantu memperluas jangkauan bisnis Anda dan meningkatkan penjualan.

Penting juga untuk memilih strategi yang paling cocok untuk bisnis Anda dan terus memonitor dan mengevaluasi hasilnya agar dapat meningkatkan efektivitas pemasaran Anda.

Demikian artikel panduan lengkap online marketing untuk pemula. Semoga dapat membantu Anda dalam membangun bisnis online Anda. Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan untuk belajar bisnis, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here