Instagram merupakan media sosial yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 800 juta di seluruh dunia. Hal inilah yang membuat Instagram Marketing menjadi salah satu strategi efektif untuk meningkatkan penjualan.

Namun, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari Instagram Marketing, Anda tidak bisa posting sembarang gambar atau video. Diperlukan strategi jitu agar bisnis Anda bisa menjangkau para pengguna Instagram.

Apa Itu Instagram Marketing?

Instagram marketing adalah semua upaya pemasaran yang dilakukan melalui Instagram. Terdapat dua jenis strategi marketing Instagram, yaitu: organik (contohnya posting, Instagram Stories, dan Instagram TV) dan berbayar (contohnya Instagram Ads dan promosi melalui influencer).

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Instagram merupakan platform yang mengandalkan konten visual. Oleh karena itu, strategi Instagram Marketing memerlukan pendekatan yang berbeda dari media sosial lain, seperti Facebook dan Twitter.

Yuk, cari tahu strateginya di bagian selanjutnya!

Strategi Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba di 2023

Perlu diingat bahwa Instagram itu lebih ditujukan untuk konten in-the-moment atau dengan kata lain pengguna lebih menyukai konten yang baru dan up-to-date. Jadi, Anda perlu mengusahakan untuk sering posting agar tetap bisa relevan dengan perkembangan yang ada. Berikut strategi marketing Instagram yang bisa Anda terapkan pada bisnis, antara lain:

  1. Beralih ke Akun Instagram Bisnis

Strategi ini wajib Anda lakukan sebelum melangkah ke strategi berikutnya. Sebab, akun bisnis memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda dan memberikan kesan lebih profesional pada bisnis Anda.

Selain itu, akun Instagram bisnis (Instagram for Business) menyajikan beberapa fitur yang tidak bisa Anda dapatkan dari akun pribadi. Beberapa diantaranya adalah Anda bisa membuat Instagram Ads serta Anda juga bisa mengakses Insights. Insights ini merupakan fitur yang berguna untuk menganalisis dan memberikan statistik mengenai akun Anda .

Jika masih menggunakan akun pribadi, Anda bisa mengubahnya dengan mudah. Masuk ke menu Pengaturan, klik Akun dan Beralih ke Akun Profesional. Apabila akun Anda sebelumnya private, kami sarankan untuk mengubahnya menjadi publik di akun bisnis ini. Sebab, orang-orang akan lebih mudah untuk melihat postingan Anda dan bisa langsung follow tanpa hambatan.

Baca juga: Trik Psikologi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

  1. Optimasi Profil Bisnis Anda

Langkah Instagram marketing berikutnya setelah merubah akun menjadi Instagram Bisnis adalah mengoptimasi profil Anda. Profil yang bagus dan profesional bisa mengubah calon konsumen menjadi konsumen tetap. Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan, yakni:

  • Gunakan nama bisnis untuk username (pilihlah yang simpel dan mudah diingat)
  • Pilihlah foto profil yang menggambarkan brand atau bisnis Anda
  • Tuliskan pada bio bisnis apa yang Anda jalankan serta manfaat yang konsumen dapatkan
  1. Follow Calon Konsumen dari Pasar yang Sama

Pernahkah Anda tiba-tiba di-follow oleh akun bisnis yang sangat sesuai dengan keinginan Anda? Ya, mereka menerapkan strategi ini.  Karena masyarakat di Instagram yang luas dan beragam, hal ini menjadi strategi yang memiliki peluang besar keberhasilannya.

Lalu caranya bagaimana? Anda dapat membuka hashtag yang berkaitan dengan produk Anda atau membuka akun pesaing bisnis Anda, lalu follow audiens dari hashtag dan Akun pesaing bisnis Anda. Lakukan hal ini tiap hari namun dengan batasan, Misalnya, sehari Anda mem-follow 30 orang. kemudian di hari berikutnya 30 orang lagi.

Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan calon audiens dengan berkomentar di akun-akun bisnis pesaing atau influencer. Hal ini sah-sah saja dilakukan karena tidak melanggar hukum privasi.

  1. Manfaatkan Instagram Stories

Instagram Stories berbeda dengan postingan Instagram marketing pada umumnya. Selain karena hanya bertahan 24 jam, posisi Stories juga berada di atas feed Anda. Perbedaan ini, membuat Instagram Stories mempunyai beberapa keunggulan Instagram Marketing dari postingan biasa, yaitu:

  • Posisinya yang berada di paling atas feed juga menjadikannya hal pertama yang dilihat oleh follower saat membuka Instagram.
  • Walaupun hanya bertahan 24 jam, Stories bisa disimpan di handphone Anda dan bisa digunakan lagi di lain waktu.
  • Anda bisa mencoba menggunakan filter atau stiker yang sudah disediakan untuk membuat Stories Anda lebih berwarna.
  • Anda juga bisa tag akun seseorang. Sangat berguna apabila Anda melakukan kerjasama dengan influencer atau brand lain.
  • Jumlah Stories yang bisa Anda buat tak terbatas.
  1. Coba Instagram Live

Untuk meningkatkan engagement lewat Instagram Marketing, Anda bisa mencoba melakukan siaran langsung di Instagram. Berdasarkan penelitian livestream, 80% orang lebih memilih menonton siaran langsung dari brand tertentu daripada membaca artikel di blog.

Opsi Instagram Marketing untuk live ini terletak di paling kiri saat Anda hendak membuat stories. Setelah Anda live, para follower akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis, sehingga mereka bisa langsung tahu bahwa Anda sudah memulai siaran langsung. Selain itu, saat Anda siaran langsung posisi stories Anda juga berubah menjadi yang terdepan dibandingkan stories lainnya. Jadi, live Anda benar-benar akan menjadi hal pertama yang follower lihat saat membuka Instagram.

Live Instagram ini bisa Anda gunakan untuk banyak hal. Beberapa di antaranya adalah mengumumkan produk baru, merekam event yang sedang terjadi, hingga menjalankan sesi tanya jawab secara langsung dengan follower. Setelah siaran langsung usai, Anda juga bisa mempostingnya dalam bentuk stories yang akan tersedia selama 24 jam. Jadi, bagi follower yang kelewatan, tetap bisa tahu apa yang Anda bahas dalam sesi live stream.

  1. Repost Stories dari Follower

Bukankah lebih mudah jika bisa membuat konten untuk akun bisnis Anda tanpa usaha berlebih? Nah, Anda bisa melakukan strategi Instagram Marketing ini dengan memanfaatkan foto ataupun Stories yang diposting oleh follower Anda. Caranya gampang, tinggal umumkan melalui postingan atau stories bahwa Anda akan memposting ulang postingan follower yang terpilih dan men-tag akun mereka di situ. Memposting foto atau Stories dari konsumen juga membuat konten Instagram marketing Anda lebih terlihat apa adanya. Sehingga memberikan kesan bahwa bisnis Anda memang bisa dipercaya dan tak dibuat-buat.

Bisa dikatakan Instagram marketing ini merupakan penawaran yang menggiurkan bagi follower Anda. Sebab, konsumen Anda juga ingin meningkatkan follower mereka dan ini adalah kesempatan besar yang tak bisa dilewatkan. Win-win solution, bukan?

Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum merepost stories follower Anda, yakni  memastikan bahwa foto atau stories tersebut cocok dengan image yang ingin Anda bangun mengenai brand Anda. Kemudian, lihat seberapa besar follower dari konsumen yang ingin Anda posting ulang. Semakin besar follower mereka, semakin besar pula brand Anda akan menjangkau banyak orang.

  1. Buat Hastag Unik dan Kreatif

Lebih puluhan juta postingan dibuat setiap harinya di Instagram. Dengan semakin banyaknya konten, postingan Anda bisa tenggelam dan tidak banyak orang yang akan mengetahuinya. Nah, menggunakan hashtag adalah cara agar postingan Instagram Marketing Anda lebih mudah ditemukan.

Anda bisa memasang hashtag umum yang relevan dan sedang populer saat itu. Untuk mengetahui hashtag yang sedang populer, lakukan riset terlebih dahulu lewat pencarian tagar dalam menu Explore. Namun, jangan terus-terusan menggunakan hashtag umum, ya. Usahakan untuk membuat hashtag sendiri yang unik terkait brand Anda. Apalagi saat Anda mengeluarkan produk baru atau akan menjalankan event tertentu. Hashtag yang unik ini dapat memudahkan orang-orang untuk mencari postingan yang berhubungan khusus dengan brand Anda.

  1. Posting di Waktu yang Tepat

Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk posting bagi bisnis Anda, cek saja di Insights. Waktunya bisa berbeda-beda tergantung dari bisnis serta target audiens Anda. Selain itu, kebanyakan posting itu juga dilarang dalam Instagram Marketing. Jika Anda membanjiri feed follower dengan brand Anda, hampir dipastikan bahwa mereka akan muak dan secepat mungkin unfollow. Tapi, jangan sampai Anda tidak posting sama sekali seharian karena brand Anda harus muncul di feed follower secara rutin.

Apabila Anda ingin posting banyak sekaligus, manfaatkan fitur album Instagram. Fitur ini membuat Anda bisa upload 10 gambar atau video bersamaan dalam satu postingan. Dengan begitu, postingan yang muncul di feed tetap satu, tapi follower Anda bisa menggeser-geser untuk melihat gambar atau video lainnya tanpa memenuhi feed mereka.

Baca juga: Tantangan Bisnis Online yang Wajib Diwaspadai Beserta Solusinya

  1. Manfaatkan Berbagai Fitur Canggih Instagram Bisnis

Untuk Instagram bisnis, Anda akan menemukan beragam fitur yang akan sangat membantu Anda dalam mempromosikan bisnis Anda. Salah satu fitur yang dapat Anda manfaatkan adalah insight yang memungkinkan Anda untuk melihat banyaknya akun yang mengunjungi profil Anda, menyukai postingan Anda, hingga yang berinteraksi dengan Anda.

Selain itu, masih ada beberapa fitur lainnya yang harus Anda manfaatkan, yaitu:

  • Highlight – Bermanfaat untuk mempermudah audiens melihat informasi toko Anda dengan lebih detail.
  • Instastory – Berfungsi untuk membuat interaksi dengan followers, seperti kuis, polling, dan mini content.
  • Direct purchase – Memungkinkan konsumen untuk membeli produk langsung melalui feeds dan terhubung dengan platform lainnya, seperti website atau Facebook.
  • Instagram ads – Memungkinkan Anda untuk membuat iklan di Instagram, baik berupa story, feeds, atau lainnya.
  1. Bekerjasama dengan Influencer

Influencer sering juga disebut dengan selebgram, yaitu orang yang sudah memiliki kepopuleran dan dapat mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Jika bekerjasama dengan influencer, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi melalui follower dari figur publik tersebut. Sebagian besar orang Indonesia lebih percaya dengan review Influencer daripada iklan biasa. Serta, warga Indonesia juga telah menggunakan produk/brand yang pernah direview oleh influencer.

Oleh sebab itu, pengaruh influencer tidak bisa kita remehkan. Banyak bisnis juga sudah menggunakan mereka dalam strategi pemasaran produk. Agar bisa memanfaatkan influencer seperti brand-brand terkenal. Keberhasilan Instagram marketing dalam meningkatkan penjualan bagi beberapa pemilik bisnis membuktikan bahwa media sosial ini merupakan platform yang tepat untuk mempromosikan bisnisnya. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis Anda dan meraih kesuksesan.

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan untuk belajar bisnis, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here