Dalam beberapa tahun ke depan persaingan di pasar dunia kerja akan semakin sulit. Anda akan dituntut untuk memiliki skill dan kompetensi yang mumpuni agar dapat bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pencari kerja lainnya.

Meskipun ada banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, tetapi untuk mendapatkan pekerjaan tentu tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan perusahaan juga ingin merekrut kandidat calon karyawan yang terbaik untuk mereka.

Salah satu kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan adalah calon karyawan yang mampu berkembang dengan memiliki skill-skill yang dibutuhkan baik di masa sekarang maupun masa mendatang. Nah untuk itu, agar Anda dapat bersaing dengan pencari kerja lainnya dan memiliki jenjang karir yang mumpuni dan cemerlang di masa depan.

Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa bocoran skill yang dibutuhkan 5 tahun kedepan di dunia kerja agar Anda dapat mempersiapkannya dari sekarang.

Berikut daftar skill yang dibutuhkan 5 tahun kedepan di dunia kerja, antara lain:

  1. Digital Savvy

Teknologi kian hari semakin dibutuhkan manusia untuk membantu kehidupan sehari-hari. Tetapi, kelemahan teknologi yang semakin maju, membuat manusia harus mengikuti perkembangan tersebut agar tidak kalah saing dengan mesin. Pasalnya beberapa aktivitas yang dilakukan manusia, saat ini bisa dilakukan oleh mesin. Misalnya robot atau mesin otomatis yang menggantikan pekerjaan manusia. Maka, untuk skill kedepannya diharapkan untuk bisa memahami teknologi agar bisa menyeimbangkan kebutuhan pekerjaan.

  1. Kecerdasan Emosional

Memiliki kecerdasan emosional (EQ) sama pentingnya dengan memiliki IQ dalam dunia kerja. Hal ini dikarenakan kecerdasan emosional dapat membantu Anda dalam memahami, mengendalikan, dan mengevaluasi emosi ketika di dunia kerja. Skill yang satu ini tentunya dapat Anda latih sedini mungkin agar EQ mu menjadi lebih baik.

  1. Berpikir Secara Analitis dan Inovatif

Skill kedua yang tidak kalah pentingnya untuk Anda miliki adalah kemampuan berpikir secara analitis serta inovatif. Skill ini harus Anda persiapkan dari sekarang karena perusahaan biasanya akan memilih pelamar kerja yang dirasa memiliki kemampuan tersebut. Hal ini dikarenakan pemikiran kritis dan inovatif tentunya akan sangat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya.

  1. Memiliki Kemampuan Problem Solving yang Baik

Kemampuan pemecahan masalah atau problem solving akan menjadi terus menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang calon karyawan. Ketika bekerja nanti, Anda akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang membutuhkan penyelesaian. Itulah sebabnya Anda harus memiliki kemampuan problem solving yang baik dan mumpuni.

  1. Communication Skill

Kemampuan berbicara dengan orang lain dengan baik menjadi salah satu skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan banyak dicari perusahaan. Pasalnya, membuat relasi atau hubungan yang baik dengan seseorang atau sebuah organisasi bukanlah perkara yang mudah karena terkadang perlu dimulai dengan berbicara yang nyaman dan searah.

Sehingga, adanya Communication Skill ini bukan hanya dibutuhkan pada bagian promosi saja, tetapi semestinya bisa menjadi nilai tambah apabila Anda menguasai kemampuan tersebut dengan baik. Atau bisa juga untuk membantu dalam perkembangan relasi dan membuat suasana nyaman saat memutuskan sesuatu dalam setiap kondisi pekerjaan.

  1. Memiliki Kemampuan Design dan Editing Video

Baik di masa sekarang maupun masa mendatang akan ada banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan seorang karyawan yang jago dalam bidang desain dan editing video. Kedua skill ini memang tidak berhubungan karena biasanya akan ada posisinya masing-masing di perusahaan. Namun, jika Anda memiliki kemampuan di keduanya tentunya akan semakin membantu Anda untuk memiliki opsi karir yang menjanjikan. Dengan belajar design ataupun editing video, Anda akan memiliki salah satu hardskill yang sulit dimiliki oleh orang lain.

  1. Memiliki Kemampuan Programming

Pemrograman merupakan salah satu bidang yang naik daun di industri kerja saat ini. Bahkan, dalam beberapa tahun ke depan pemrograman diprediksi akan tetap menjadi salah satu posisi yang paling banyak dicari dan bergaji tinggi. Programming merupakan skill yang sulit, itulah sebabnya banyak perusahaan teknologi di dunia berbondong-bondong untuk merekrut karyawan yang memiliki kemampuan ini. Meskipun sulit tentunya tidak ada hal yang tidak mungkin untuk menguasainya. Anda dapat mulai belajar dari sekarang untuk bisa memiliki kemampuan programming yang baik.

  1. Marketing

Marketing adalah salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan bagi perusahaan. Sehingga, skill ini sangat diperlukan untuk membantu perkembangan bisnis dan usaha. Pastinya dalam memiliki kemampuan marketing perlu adanya kebiasaan berbicara dengan orang lain yang harus dilatih.

Marketing merupakan skill yang membantu dalam promosi jasa maupun produk dari suatu perusahaan. Walaupun teknologi saat ini sudah memudahkan kegiatan promosi, tetapi perusahaan tetap membutuhkan marketing agar interaksi lebih dekat.

Itulah beberapa skill yang dibutuhkan 5 tahun kedepan untuk menunjang pekerjaan dan menciptakan keuangan yang stabil. Selain skill-skill tersebut, Anda juga harus mempelajari skill yang lainnya agar bisa tetap berkembang dan tidak kalah saing di tengah pasar lowongan kerja yang semakin kompetitif setiap harinya. Pastinya, semua keahlian tersebut membutuhkan latihan hingga terbiasa dalam melakukannya.

Jika Anda kesulitan mencari tempat pelatihan untuk mengasah skill, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here