Melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Sistem Koordinat dalam Program, kali ini kita akan membahas tentang Sistem Koordinat Relatif dalam program AutoCAD.

Sebelum menggunakan AuotoCAD ada baiknya kita mengenal sistem koordinat yang ada di aplikasi AutoCAD. Koordinat merupakan cara untuk memulai proses gambar berdasarkan Sumbu X (horizontal) dan Sumbu Y (vertikal).

Ada tiga sistem koordinat dalam menggambar dengan aplikasi AutoCAD antara lain : Koordinat Kartesius, Koordinat Relatif, dan Koordinat Polar. Ini semua bertujuan untuk menentukan titik koordinat saat penggambaran sehingga menjadi objek gambar yang diinginkan.

Untuk menentukan suatu titik dengan tepat, kita memerlukan suatu sistem koordinat untuk membantu menentukan letak suatu titik. Lokasi kursor gambar terhadap nilai dari sistem koordinat dapat dilihat pada status bar, dan ada tiga tipe tampilan yaitu:

  • Statis

Nilai dari koordinat suatu titik akan ditampilkan dengan menggunakan sistem kartesius (X,Y) dan diperbaharui apabila letak suatu titik sudah ditentukan.

  • Dinamis

Pada tampilan dinamis koordinat titik akan ditampilkan dengan menggunakan sistem koordinat kartesius (X,Y) dan nilai dari koordinat akan beruah setiap kali kursor digerakan.

  • Jarak dan Besaran Sudut

Nilai koordinat pada tampilan ini selalu berubah nilainya setiap kali kursor gambar digerakkan dan akan ditampilkan dengan menggunakan sistem koordinat Polar.

Sistem Koordinat Relatif

Sistem Koordinat Cartesius Releatif ini menggunakan titik origin sebagai acuan pembuatan garis ataupun bidang 2D hanya pada awal saja. Sedangkan untuk membuat garis yang kedua atau berikutnya yaitu titik akhir garis yang pertama sebagai acuannya. Rumus koordinat ini ialah (@x,y).  Dari rumus (@x,y) dapat diartikan bahwa ( x ) berarti jarak titik terhadap titik sebelumnya pada sumbu X, sedangkan ( y ) berarti jarak titik terhadap titik sebelumnya pada sumbu Y.

Untuk membuat garis seperti pada contoh di atas menggunakan metode relatif adalah sebagai berikut:

  • Command: [enter]
  • Specify first point: 3,1 [enter]
  • Specify next point: @3,4 [enter]

Jadi langkah pertama adalah  menentukan titik awal (3,1). Untuk titik selanjutnya bukan memasukkan nilai (6,5) melainkan memasukkan nilai X dan Y sebesar @3,4, karena kita memulai dari titik awal (3,1). Lain  halnya apabila kita memulai dari titik (0,0) maka pada titik kedua dapat kita masukkan nilai (6,5).

Pada contoh di atas, penentuan titik yang menggunakan metode relatif hanya pada titik R2. Sedangkan R1 menggunakan metode absolut, karena metode relatif tidak bisa kita gunakan untuk menentukan titik pertama.

Demikian penjelasan tentang Sistem Koordinat Relatif ini semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan gambar teknik dengan menggunakan AutoCAD, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here