AutoCAD 3D merupakan software komputer yang dikembangkan oleh Autodesk. Software ini berguna untuk perancangan, pemodelan, object yang mempunyai luas dari panjang, lebar dan tinggi ke dalam bidang gambar 2D dengan menggunakan sudut proyeksi melalui sumbu koordinat x, y, dan z.

Dalam 2D kita hanya mengenal 2 sumbu yaitu sumbu x dan sumbu y, namun pada model 3D kita menggunakan 3 sumbu yaitu x, y, dan z, dimana kita bekerja dengan menggunakan 3 titik koordinat. Tetapi dalam beberapa hal kita masih membutuhkan teknik 2D dalam 3D, misalkan kita membentuk objek 2D menjadi bentuk objek 3D.

Ada dua koordinat sistem pada AutoCAD yang kita ketahui, yaitu: WCS dan UCS, WCS yaitu World Coordinate System (sistem koordinat dunia) sedangkan UCS adalah User Coordinate System (sistem koordinat pengguna). Secara default ketika kita memulai gambar baru (kosong), kita menggunakan World Coordinate System (WCS). Ini adalah permulaan koordinat yaitu (0,0,0).

Sistem  Koordinat pada Autocad 3D

  1. Koordinat Absolut

Cara menggunakan sistem koordinat absolut ini dengan memasukan koordinat sesuai dengan koordinat bidang gambar , yaitu koordinat x,y,z. contoh cara penulisannya dibawah ini:

Command:

  • Line
  • Specify first point: 0,0,0
  • Specify next point or [Undo]: 5,10,15
  • Specify next point or[Undo]: (enter)

Penulisan diatas dapat diartikan sebagai berikut:

Baris pertama, Command Line : yaitu untuk mengaktifkan perintah membuat garis dengan mengetikkan line didalam command bar.

Batas kedua, Specify first point : 0,0,0 yaitu untuk menentukan secara spesifik koordinat yang ditentukan untuk titik pertama dari garis yg akan kita  buat. Pada contoh diatas menunjukan titik pertama garis yang akan dibuat berada pada nilai 0 untuk sumbu X, nilai 0 untuk sumbu Y, dan nilai 0 untuk sumbu Z.

Baris ketiga, Specify next point or [Undo]: 5,10,15. Yaitu kita diminta untuk menentukan spesifik koordinat yang ditentukan untuk titik selanjutnya dari garis tersebut. Pada contoh diatas menunjukan titik selanjutnya pada garis yang akan kita buat berada pada jarak 5 untuk sumbu X, jarak 10 untuk sumbu Y, jarak 15 untuk sumbu Z.

Kesimpulannya adalah garis (line) dimulai dari koordinat 0,0,0 dan diakhiri pada koordinat 5,10,15.

  1. Koordinat Relatif

Sistem koordinat ini digunakan dengan memasukan nilai awal koordinat pada sembarang koordinat (klik koordinat) dan koordinat selanjutnya menggunakan koordinat akhir sebagai acuan.

Command:

  • Line
  • Specify next point:
  • Specify next point or[Undo]: @10,30,40
  • Specify next point or[Undo]: (enter)

Line dibuat dari sembarang koordinat . Kemudian @10,30,40 disini berarti 10 untuk titik koordinat sumbu X , 30 untuk titik koordinat sumbu Y, dan 40 untuk titik koordinat sumbu Z.

  1. Koordinat Polar

Sistem koordinat polar merupakan system koordinat yang digunakan untuk menunjukkan suatu jarak terhadap titik sebelumnya dengan sudut tertentu dari titik terakhir, dimana untuk menghitung sudut tersebut arah perputarannya berlawanan dengan arah jarum jam (counter-clockwise). Counter-clockwise merupakan sistem perputaran sudut default dari Autocad

Sistem Koordinat Polar digunakan  apabila kita akan membuat suatu objek (misalnya garis) dengan panjang tertentu dan dengan sudut (kemiringan) tertentu. Kelebihan Sistem Koordinat Polar, yaitu pemasukan data yang simple dan mudah namun dengan presisi yang tinggi (akurat). Format penulisan sistem koordinat polar adalah: @panjang<sudut

Command:

  • Line
  • Specify next point;
  • Specify next point or[Undo]: @100<30°
  • Specify next point or[Undo]:

Line dibuat sembarang untuk titik awalnya. Kemudian masukkan @100<30° berarti Panjang garis dari titik awal sejauh 100 dengan kemiringan 30°.

Sebenarnya hampir sama dengan sistem koordinat pada AutoCAD 2D hanya saja di AutoCAD 3D terdapat 3 sumbu yaitu sumbu X,Y dan Z. Dari ketiga sistem koordinat diatas bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.  Demikian materi tentang Sistem Koordinat pada AutoCAD 3D semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here