Email marketing adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan yang dapat menjangkau calon pelanggan potensial untuk membeli produk dan layanan lewat website.

Inilah mengapa banyak developer yang mengembangkan software untuk menjalankan email marketing seperti plugin email marketing untuk memaksimalkan kinerjanya.

Plugin WordPress menawarkan banyak kemudahan terutama dari segi penambahan fungsi dan fitur website.

Untuk mengatur strategi pemasaran, Anda tidak perlu repot bolak-balik dari dashboard ke platform email marketing, begitupun sebaliknya.

Penggunaan plugin memungkinkan Anda mengatur semuanya secara praktis di satu tempat.

Di kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan singkat, berikut juga fitur unggulan serta kekurangan dari setiap plugin.

Yuk simak sampai selesai ya..!

Jenis Plugin Email Marketing untuk WordPress yang Umum Digunakan

Berikut adalah ulasan 10 plugin email marketing terbaik yang tersedia di WordPress.

1. Mailchimp for WordPress

Plugin ini merupakan versi lebih praktis dari Mailchimp. Sebab, Anda bisa langsung membuat berbagai macam form tanpa meninggalkan Dashboard WordPress Anda.

Dalam versi default, menggunakan Mailchimp akan memungkinkan Anda membuat tiga macam form. Ketiganya adalah custom form atau formulir yang dibuat secara manual, formulir berlangganan konten melalui kolom komentar, dan formulir subscribe dari bagian registrasi WordPress.

Sebelum membuat formulir yang lainnya, Anda perlu mengintegrasikan Mailchimp for WordPress dengan layanan lainnya.

Misalnya, untuk membuat form checkout di toko online, Anda perlu mengintegrasikan plugin dengan WooCommerce Checkout. Begitu juga dengan membuat form subscribe dari BuddyPress, Events Manager, ataupun Affiliate WP. Totalnya ada 10 integrasi yang bisa dilakukan.

Plugin ini tersedia di WordPress Repository dan bisa digunakan secara gratis. Setelah menginstal plugin ke WordPress, Anda perlu mengaktifkan lisensi plugin dengan kunci API.

Untuk mendapatkan kunci tersebut, ikuti tautan yang ada di dashboard plugin untuk menyambungkan plugin ke akun Mailchimp. Dapatkan kode di web lalu copy dan paste kode di dashboard plugin.

  1. Sumo – Boost Conversion and Sales

Sumo adalah plugin email marketing yang digunakan untuk meningkatkan lead dan conversion rate. Mengedepankan tampilan visual, Sumo hadir dengan fitur Smart Bar yang memungkinkan pengguna menampilkan bilah notifikasi pada website. Dengan plugin ini, Anda juga bisa mengatur tampilan situs menjadi fullscreen atau semi fullscreen sesuka hati.

Untuk list builder, Sumo memiliki tujuh opsi pembuatan formulir kontak berbeda. Di antaranya yaitu:

  • Penggunaan pop up
  • Popup yang muncul setelah pengguna melakukan klik
  • Form yang terintegrasi dengan smart mode
  • Form di akhir konten
  • Form dengan CTA (Call to Action)
  • Normal scroll box
  • Scroll box dengan CTA.

Selain itu Sumo juga memiliki fitur Welcome Mat dan Smart Bar.

Welcome Mat merupakan tampilan fullscreen atau semi-fullscreen di website. Tampilan ini merupakan ajakan untuk berlangganan newsletter disertai ilustrasi visual yang menarik. Untuk Welcome Mat sendiri, Sumo menyediakan lima macam tampilan. Salah satunya, bahkan, disertai video background.

Smart bar, di sisi lain, menampilkan bar notifikasi di website. Bar ini bisa dikostumisasi sesuai kebutuhan. Anda bisa taruh notifikasi promo dengan informasi batas waktu. Dengan begitu, Anda bisa mengarahkan pengunjung untuk bertransaksi di toko online yang Anda miliki.

3. MailPoet

Sebagai plugin email dan newsletter, MailPoet sudah dipercaya oleh lebih dari 600 ribu pengguna di seluruh dunia.

Kemudahan konfigurasi menjadi salah satu alasan plugin ini menjadi populer dan banyak dipilih.

Selain itu, MailPoet termasuk ke dalam plugin responsif yang dapat Anda jalankan di berbagai perangkat.

Plugin ini bisa digunakan dengan layanan bebas biaya jika jumlah kontak pelanggan yang dimiliki kurang dari seribu.

Dengan menggunakan layanan bebas biaya dari MailPoet, Anda sudah bisa mengumpulkan kontak dan mengirim email hingga ke 2000 subscribers. Anda juga bisa membuat desain email yang menarik dari 50 pilihan template yang tersedia.

Selain dua keuntungan di atas, Anda juga dapat menggunakan fitur MailPoet untuk mengirim notifikasi email setiap ada postingan baru di blog.

Anda juga bisa membuat subscribe form di fitur ini hanya dengan menggunakan drag and drop saja.

Jika Anda belum puas dengan MailPoet layanan bebas biaya. Anda masih memiliki opsi untuk mengupgrade MailPoet ke versi pro dan mendapatkan fitur lengkap MailPro.

Namun jumlah kontak pelanggan  yang Anda miliki harus lebih dari seribu kontak jika ingin menikmati layanan berbayarnya. Beberapa fitur premium yang ditawarkan di antaranya adalah pengiriman email hingga ke 75,000 subscribers, email ucapan selamat datang untuk subscriber baru, kustomisasi signup form, hingga pilihan kostumisasi hingga 70+ template.

4. OptinMonster

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis online , plugin OptinMonster merupakan salah satu opsi yang layak Anda pertimbangkan. Plugin satu ini bukan hanya menawarkan tools untuk meningkatkan penjualan, melainkan juga memberikan pengguna tips dan insight guna mengembangkan bisnis.

Di sisi lain, OptinMonster dibekali dengan fitur A/B Testing yang cukup ramah bagi pemula. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat keputusan terbaik berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Selain itu, Anda bisa bereksperimen dengan membuat konten, style, layout, headline, dan opt-in triggers guna melihat konten apa yang tepat untuk mendongkrak konversi.

5. Newsletter

Newsletter menawarkan fitur lengkap yang dibutuhkan toko online seperti memberikan insight subscribers lewat statistic, juga memberikan gambaran performa email dengan fitur tracking.

Fitur menarik lainnya adalah subscription spam check. Fitur ini dilengkapi dengan kemampuan memblokir IP dan memunculkan captcha. Sehingga Anda akan terhindar dari email spam. Di samping itu, Newsletter juga bisa terintegrasi dengan Akismet.

Untuk memudahkan Anda menargetkan audiens dalam campaign marketing, Newsletter memungkinkan Anda sesuai dengan preferensi atau data pribadi Audiens.

Selain itu, Newsletter juga dilengkapi dengan multi-list targeting. Fitur ini memudahkan Anda dalam menarget pelanggan sesuai dengan konten atau customer persona mereka.

Newsletter juga memberikan beberapa add-ons yang bisa diinstal menurut kebutuhan. Beberapa add-ons yang diberikan di antaranya, pembuatan halaman khusus untuk mengarsipkan newsletter yang dikirim, halaman locked content untuk pelanggan premium, dan integrasi registrasi WordPress.

6. Mailster

Rekomendasi plugin email marketing WordPress selanjutnya adalah Mailster. Plugin ini terkoneksi dengan server SMTP yang memungkinkan seluruh proses pengiriman dipantau secara lebih mudah. Hanya dengan satu kali konfigurasi, email dipastikan benar-benar sampai kepada target pelanggan.

Selain email marketing, Mailster juga menawarkan kemudahan manajemen dan pengembangan daftar kontak pelanggan.

Fitur ini yang membuat Anda dapat mengimpor kontak dari berbagai sumber, termasuk form yang ditampilkan pada website maupun yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Selain itu, plugin ini dibekali fitur ekspor untuk memudahkan pengguna menyimpan seluruh kontak.

7. SendinBlue

SendinBlue adalah salah satu plugin marketing yang terbaik. Sebab plugin ini memiliki banyak fitur marketing yang dibutuhkan oleh bisnis online.

Mulai dari email marketing, SMS marketing, hingga chat. Kesemuanya bisa dilakukan di dalam Dashboard WordPress Anda.

SendinBlue juga memudahkan pengguna untuk membuat email marketing dengan sistem drag and drop. Plugin ini memiliki berbagai block yang setiap elemennya bisa diatur sesuai selera.

Selain itu, ada banyak pilihan template menarik bagi Anda yang tidak punya waktu memulainya dari awal. Tugas Anda hanya perlu merubah dan mengganti isi kontennya saja.

Anda bisa membangun kontak atau daftar email berdasarkan kategori atau segmen tertentu. Cara ini akan mempermudah Anda dalam mengirimkan email yang relevan untuk subscribers

Bukan hanya itu, SendinBlue menawarkan fitur A/B Testing dan dilengkapi dengan artificial intelligence (AI). Fitur ini berfungsi untuk mencari tahu email jenis apa yang banyak disukai oleh pelanggan, sedangkan penggunaan AI berguna untuk mengoptimasi waktu kirim email dimana Anda dapat mengetahui secara spesifik kapan waktu terbaik pengiriman pesan dilakukan.

8. AcyMailing

Acymailing merupakan plugin yang menawarkan kemudahan untuk upaya email marketing Anda. Acymailing menawarkan fitur-fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Di halaman resmi Acymailing, Anda bisa memilih beberapa fitur utama yang ada. Terdapat enam pilihan fitur, yaitu custom fields, automation, test, multi-site, statistics, dan bounce-handling.

Plugin ini menilai skor spam konten Anda. Hal ini akan memastikan konten yang Anda kirim tidak dianggap sebagai spam. Selain itu, plugin ini memperbolehkan Anda untuk mengetes konten email yang dibuat.

Dengan begitu, Anda bisa menambahkan gambar, link, dan keyword yang tepat untuk membuatnya sempurna.

9. WP Subscriber

WP Subscriber merupakan plugin email marketing yang fokus untuk mengumpulkan alamat email dan memanajemen daftar kontak.

Plugin ini memudahkan Anda untuk membuat formulir berlangganan di website. Dengan optimasi berbasis kode, formulir yang dibuat akan dimuat dalam waktu singkat.

Sistem semacam ini juga tidak akan membebani server dan tidak akan mempengaruhi kecepatan loadwebsite Anda.

10. Popup Builder

Popup Builder sebenarnya diciptakan untuk keperluan pembuatan popup website. Namun, plugin ini mendukung fitur subscription dan newsletter yang bisa dimanfaatkan untuk email marketing. Hal tersebut dilakukan dengan cara membuat popup berisi email subscription newsletter kepada setiap visitor.

Selain itu, Popup Builder dapat diintegrasikan dengan layanan newsletter populer lain seperti Contact Form 7, Gravity Forms, Ninja Forms, dan sebagainya. Meski berbeda dari plugin email marketing WordPress pada umumnya, namun metode seperti ini cukup ampuh dan layak Anda coba.

Manakah Plugin Marketing yang Paling Sesuai untuk Bisnis Anda?

Anda pastinya sudah mengetahui mana plugin yang paling sesuai untuk bisnis Anda dari penjabaran diatas.

Jika Anda masih bingung menentukannya kami telah menyiapkan rangkuman berupa kelebihan dari tiap-tiap plugin.

  • Mailchimp for WordPress ─ pilihan tepat untuk mengintegrasi email marketing dari Mailchimp ke website WordPress.
  • Sumo List Builder ─ menawarkan begitu banyak opsi form, visual, dan notifikasi bar untuk meningkatkan lead dan conversion.
  • Mailster ─ cocok untuk Anda yang menginginkan fleksibilitas dalam memanajemen kontak.
  • OptinMonster ─ dilengkapi dengan fitur analytics dan A/B Testing untuk membuat keputusan yang berbasis data.
  • Newsletter ─ sesuai untuk melakukan targeting berdasarkan dua atau lebih data pelanggan.
  • MailPoet ─ menjawab kebutuhan pemilik blog dan website dengan traffic besar yang membutuhkan fitur dasar dan sederhana.
  • SendinBlue ─  cocok dipakai untuk pemilik toko online karena dilengkapi dengan transaksional email, sms marketing, chat, juga facebook ads.
  • WP Subscriber ─  pas untuk membangun email list.
  • AcyMailing ─ sesuai untuk pemilik toko online yang menginginkan fitur sesuai dengan kebutuhan.

Demikian yang bisa kami jabarkan tentang plugin email marketing wordpress. Semoga bisa membantu Anda dalam menjalankan campaign marketing bisnis Anda dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here