Saat ini kita sedang memasuki era Revolusi Industri 4.0. Dimana perubahaan era ini ditandai dengan masuknya teknologi digital di berbagai bidang kehidupan manusia, baik di sektor ekonomi, bisnis, perbankan, infrastruktur, maupun komunikasi. Perubahan era Revolusi Industri 4.0 ini  berpengaruh terhadap munculnya jenis-jenis pekerjaan baru.

Berkembangnya dunia digital menumbuhkan potensi terjadinya kolaborasi di berbagai bidang pekerjaan. Maka dari itu kita perlu mengupgrade skill yang kita miliki. Tidak hanya ketrampilan hardskill namun ketrampilan softskill juga sangat diperlukan.

Seperti memiliki ketrampilan berkomunikasi yang baik, problem-solving, serta kreatif dan inovatif. Dengan begitu akan memudahkan kita dalam beradaptasi di dunia kerja.

Profesi-profesi baru yang muncul di Era Digital

  • Digital Marketer

Digital Marketer adalah seseorang yang melakukan aktivitas menjual produk dan layanan melalui berbagai platform di internet agar memudahkan pengguna atau audience untuk mendapatkan informasi produk atau jasa yang ditawarkan. Profesi tidak mengharuskan pekerjanya bertatap muka dengan atasan di kantor. Selama tugas-tugas terpenuhi, dikerjakan dari rumah juga tak jadi masalah.

  • Social Media Specialist

Berkembangnya teknologi digital menjadikan media sosial memiliki peran yang penting bagi perusahaan untuk meningkatkan brand awareness dan membangun koneksi dengan pelanggan. Hal tersebut juga diakibatkan oleh banyaknya pengguna social media.

Oleh karena pentingnya media sosial sebagai platform pemasaran saat ini, banyak perusahaan mencari Social Media Specialist untuk mengelola seluruh akun media sosial perusahaan. Selain itu, seorang Social Media Specialist juga memiliki tugas dalam perencanaan konten, penulisan caption, dan strategi penjadwalan materi.

  • Graphic Designer

Seorang Graphic Designer bertugas untuk membuat konten pemasaran perusahaan dalam bentuk gambar. Dalam membuat desain, seorang Graphic Designer harus memiliki kreatifitas yang tinggi agar mampu menghasilkan visual yang komunikatif dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

  • Content Writer

Content Writer adalah seseorang yang membuat konten tertentu dalam bentuk tulisan. Pekerjaan sebagai Content Writer saat ini sangat dicari oleh beberapa perusahaan untuk menulis artikel yang akan diunggah di website perusahaan. Artikel yang dibuat oleh Content Writer harus informatif dan merepresentasikan produk ataupun citra perusahaan.

  • Programmer

Sesuai dengan kondisi era digital ini, programmer menjadi pekerjaan yang sangat berhubungan erat dengan era ini. Seorang ahli programmer memiliki tugas utama menciptakan program computer atau website. Mereka dapat bekerja secara mandiri maupun bekerja dengan perusahaan yang menyewa jasanya.

Menjadi seorang programmer merupakan pekerjaan yang bagus karena jam kerja yang fleksibel, dengan gaji yang besar.

  • Web Designer

Web Designer atau biasa dikenal dengan UI (User Interface) atau UX (User Experience) memiliki tugas merancang tampilan visual sebuah web atau laman situs semenarik mungkin dengan tampilan yang mudah dipahami agar lebih mudah digunakan.

  • Video Creator

Profesi sebagai Video Creator bisa dibilang merupakan profesi yang diminati oleh banyak orang di era digital saat ini. Sebab banyak perusahaan juga membutuhkan seorang Video Creator untuk membuat konten berbentuk video. Seorang Video Creator harus mampu membuat konsep yang matang agar pesan yang ingin disampaikan dapat menarik perhatian audiens.

  • Affiliate Account Manager

Banyak perusahaan yang memanfaatkan program afiliasi ini karena untuk mempermudah penjualan produk perusahaan. Maka dari itu, banyak perusahaan membutuhkan seorang affiliate account manager untuk membangun kerja sama.

  • Data Analyst

Data Analyst memiliki tugas untuk menganalisa data yang nantinya dapat menjadi acuan bagi kemajuan sebuah bisnis di suatu perusahaan. Data-data tersebut nantinya bukan hanya dianalisa saja, namun juga harus mampu dijelaskan sebab akibatnya oleh seorang Data Analyst. Oleh karena itu, profesi data analyst dituntut untuk memiliki kemampuan analisa yang kuat.

  • SEO Specalist

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari. Hal itu dibutuhkan agar sebuah website mudah ditemukan, diindeks, dan mendapatkan peringkat atas di halaman hasil pencarian Google.  SEO yang diterapkan dengan baik akan menjadikan sebuah web banyak pengunjung. Jumlah kunjungan berdampak pada popularitas, pengaruh, dan akhirnya mendatangkan uang.

SEO Specialist inilah yang bertugas mengatur kata kunci yang nantinya bisa menaikkan traffic dari sebuah website. Kemudian ia juga akan membuat strategi pemasaran, tautan (link), dan sebagainya.

  • Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas, tidak terikat sebuah perusahaan. Ada banyak cara untuk bekerja sebagai freelancer, seperti join di beberapa website yang mempertemukan antara freelancer dan pemberi project misalnya freelancer, upworks, sribulancer, dan sebagainya.

Freelancer menjadi pekerjaan yang kini banyak diminati karena hanya dengan kerja dari rumah bisa mendapatkan client dari luar negeri yang bergaji dollar.

  • Bisnis Online

Bisnis online adalah suatu aktivitas usaha menjual produk atau layanan yang ditawarkan melalui internet. Bisnis online menjadi salah satu alternatif pekerjaan yang diminati. Semua proses pembelian atau transaksi dilakukan secara online cukup menggunakan handphone atau laptop. Pekerjaan atau usaha ini tidak memerlukan budget yang terlalu besar, karena kita tidak perlu membangun sebuah tempat atau toko untuk memasarkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here