Anda mungkin tidak menyadari seberapa rentan rumah dan keluarga Anda terhadap bencana yang diakibatkan arus listrik. Padahal, arus listrik merupakan  73% penyebab bencana kebakaran di Jakarta pada tahun 2016. Lalu bagaimana Anda dapat meminimalisir risiko tersebut? Jawabannya adalah dengan memasang MCB dan ELCB yang berkualitas.

Apa itu ELCB?

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) adalah adalah sakelar listrik yang dirancang untuk melindungi manusia dari kesetrum serta peralatan listrik dari kebocoran listrik (Earth-Leakage). Pada umumnya ELCB tidak langsung terpasang di panel listrik di rumah, sehingga harus dipasang secara mandiri untuk menambah proteksi.

Apa itu MCB?

MCB (Miniature Circuit Breaker) adalah sakelar listrik yang dioperasikan secara otomatis dan dirancang untuk melindungi peralatan listrik dan manusia. Fungsi MCB ada 2, yaitu untuk mencegah beban lebih (overload) dan hubung singkat (short circuit) atau yang kita lebih sering kenal dengan korsleting. Umumnya MCB dipasang di dalam panel listrik.

 

Apa saja perbedaan dan Persamaan dari MCB dan ELCB?

Berikut saya rangkum pada tabel di bawah ini.

Perbedaan:

Karakteristik MCB ELCB
Rating Arus 2 – 63 A 25 – 63 A
Kutub 1P, 2P, 3P 1P + N, 3P + N
Sensitivitas Arus Bocor Tidak Ada 10, 30, 300 mA
Harga Lebih Murah Lebih Mahal
Lebar Produk Lebih Tipis Lebih Tebal
Penggunaan Melindungi dari:
– Beban Berlebih (Overload)
– Hubung Singkat (Short Trip)
Melindungi dari:
– Kebocoran Arus Listrik / Kesetrum
(Earth Leakage)

 

Persamaan:

  • Mempunyai tebal dan tinggi produk yang sama
  • MCB dan ELCB harus diletakan ditempat yang mudah dijangkau untuk keamanan
  • MCB dan ELCB Schneider Electric sama-sama sudah bersertifikat SNI

Dari penjelasan di atas, MCB dan ELCB mempunyai kegunaan yang saling melengkapi satu sama lain. Keduanya mempunyai peran yang sama-sama penting untuk melindungi rumah dari bencana yang diakibatkan oleh arus listrik, sehingga sangat disarankan untuk memasang keduanya di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here