Teknologi pemasaran digital saat ini sudah bukan hal yang baru lagi, salah satunya melalui teknologi SEM. Akan tetapi beberapa pengusaha awam masih banyak yang belum memahami terkait pengertian Search Engine Marketing (SEM) tersebut, serta bagaimana cara kerja SEM yang sebenarnya.

Search Engine Marketing atau SEM adalah strategi yang perlu Anda coba untuk mengiklankan bisnis Anda. Sebab, SEM akan memunculkan website Anda secara cepat di halaman pertama hasil pencarian.

Berbeda dari strategi SEO yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk memunculkan website Anda, SEM mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa hari atau jam.

Lalu, apa itu Search Engine Marketing?

Mengapa Anda harus menggunakan SEM untuk melakukan advertising?

Di artikel ini kami akan membahasnya secara lengkap. Yuk simak sampai selesai!

Pengertian Search Engine Marketing

Strategi marketing yang juga disebut dengan nama SEM tersebut bisa diartikan sebagai pembelian traffic khusus dengan cara membayar mesin pencarian.

Jadi seorang marketer bisa melakukan bidding untuk keyword atau kata kunci sesuai yang mereka inginkan. Tujuannya agar setiap orang yang mencari suatu keyword tertentu bisa menemukan dan memilih website/iklan yang sudah mereka buat.

Ada banyak macam format untuk SEM yang bisa dipakai.Contoh yang paling populer sekaligus terkenal adalah berupa text dan juga PLAs (Product Listing Ads/Shopping Ads).

Untuk yang format teks biasanya memakai Google Adwords, Yahoo Gemini dan Bing.

Dibanding yang lainnya, Google Adword lebih populer karena banyak digunakan oleh user Google. SEM juga menampilkan iklan di aplikasi yang sudah bekerja sama dengan advertiser.

Jadi ketika pengunjung masuk ke website Anda, tidak semua akan melakukan pembelian produk.

Inilah alasan kenapa pihak Google akan menampilkan iklan di website ataupun aplikasi yang telah pengunjung kunjungi setelahnya.

Dengan cara seperti ini Anda bisa mempertahankan buying intent sehingga menambah keinginan mereka untuk membeli produk yang Anda miliki. 

Contoh Search Engine Marketing

Setelah mengetahui SEM dengan baik, Anda harus tahu seperti apa contoh penggunaan search engine marketing ini. Contohnya sudah banyak tersedia di mesin pencarian.

Anda tinggal memasukkan keyword atau kata kunci saja. Setelahnya akan muncul hasil pencarian di Google.

Anda bisa lihat barisan paling atas yang ada nama-nama toko atau iklan website tertentu dengan tulisan ‘Ads/Iklan’.

Ini adalah penggunaan nyata dari SEM di dunia internet marketing.

  • Yahoo Gemini

Meskipun bukan yang paling banyak disukai oleh pebisnis untuk memasarkan produknya, namun Yahoo Gemini juga dapat menjadi salah satu alternatif.

Melalui fasilitas mesin pencari ini, maka produk dan jasa yang ditawarkan dapat muncul sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pelanggan. Sehingga kesempatan untuk menawarkan produk dan jasa melalui mesin pencari pada Yahoo Gemini tidak kalah menarik untuk didapatkan.Maka dari itu, Yahoo Gemini menjadi salah satu alternatif pebisnis untuk mengenalkan produknya.

  • Bing

Berikutnya mesin pencari yang juga cukup populer yaitu Bing. Melalui fasilitas tersebut maka banyak pelanggan dari seluruh belahan dunia yang bisa dijadikan target.

Anda hanya perlu memastikan bahwa kata kunci produk dan jasa yang ditawarkan muncul pada Bing. Lalu, Bing akan segera menyarankan situs milik pebisnis untuk diakses oleh pelanggan. Sehingga terjadi konversi penjualan yang meningkat.

Apa Saja Manfaat Search Engine Marketing?

Setelah menyimak penjelasan diatas Anda mungkin bertanya-tanya. Sebenarnya apa saja sih manfaat menggunakan strategi Search Engine Marketing?

Nah, berikut adalah beberapa manfaat Search Engine Marketing yang bisa Anda rasakan:

  1. Berpotensi Meningkatkan Conversion Rate

Search Engine Marketing biasa digunakan untuk meningkatkan conversion rate di website. Caranya dengan membidik keyword dengan search intent pembelian.

Lalu apa manfaatnya jika suatu iklan ada di halaman pertama dari hasil pencarian?

Posisi iklan di hasil pencarian akan mempengaruhi tingkat Click Through Rate (CTR) atau banyaknya orang yang mengklik iklan tersebut. Jadi, semakin tinggi posisi iklan Anda di hasil pencarian, maka makin tinggi pula tingkat CTR nya.

Faktanya, iklan di posisi pertama hasil pencarian akan mendapat rata-rata 7% klik. Sementara itu posisi kedua mendapat 3% klik dan posisi ketiga 2,5% klik.

Ketika website Anda mendapat banyak klik, kemungkinan pelanggan langsung mencari apa yang mereka beli di landing page Anda dan melakukan pembelian. Dengan begitu, conversion rate Anda akan meningkat.

  1. Meningkatkan brand awareness

Bukan hanya meningkatkan conversion saja, penggunaan SEM juga bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh pihak Google, SEM bisa meningkatkan brand awareness lebih tinggi, yakni sampai 80% dibanding penggunaan SEO atau produk lainnya.

Meskipun tidak sampai diklik, orang tetap bisa melihat iklan di hasil pencarian yang mereka temui.

Ini membuat pengunjung lebih mengingat seperti apa merek atau brand yang Anda miliki saat sedang mencari keyword tertentu atau yang serupa.

Bukan hanya itu, iklan yang Anda punya juga muncul di aplikasi ataupun website yang telah bekerja sama dengan pihak Google sebelumnya.

Sehingga produk yang Anda miliki lebih terkenal dibanding produk lain yang tidak menggunakan SEM.

  1. Hasil Relatif Lebih Cepat Daripada SEO

Hasil dari SEM cenderung lebih cepat dibandingkan SEO (optimasi mesin pencari). Sebab, setelah Anda merilis iklan berbayar Anda, website Anda langsung tampil di halaman pencarian Google.

Tak hanya itu, Anda bebas memperpanjang penayangan iklan Anda di halaman pertama. Anda pun bebas menghentikan iklan berbayar Anda kapan saja.

Nah, berbeda jika Anda menggunakan SEO. Konten website Anda tak bisa langsung muncul di halaman pertama hasil pencarian. Anda perlu waktu agar strategi SEO yang Anda terapkan berhasil.

  1. Bisa Menentukan Target Audiens

Anda bisa menentukan target secara spesifik dengan SEM. Caranya dengan menentukan karakteristik target di Google Ads. Anda bisa menentukan target berdasar lokasi, usia, gender, bahkan jadwal.

Dengan menarget audiens yang spesifik, iklan Anda akan mendapat trafik pelanggan yang sesuai sasaran Anda. Jadi, iklan Anda akan lebih efektif meningkatkan penjualan.

Hal itu tidak bisa Anda lakukan jika menggunakan SEO. Website Anda baru akan diklik oleh target audiens ketika konten Anda sesuai dengan search intent mereka.

  1. Tidak Perlu Biaya Banyak

Salah satu manfaat Search Engine Marketing adalah Anda bisa menentukan sendiri berapa budget yang akan Anda keluarkan lho. Mulai dari ratusan ribu rupiah, jutaan, hingga puluhan juta.

Biaya kampanye SEM jelas lebih murah jika dibandingkan dengan metode iklan offline. Misalnya seperti memasang billboard yang mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Apalagi, biaya SEM masih bisa diminimalisir melalui sejumlah strategi. Misalnya dengan menargetkan banyak kata kunci yang relevan, melakukan perencanaan budget kampanye SEM, dan evaluasi keyword yang efektif.

Setelah mengetahui manfaat Search Engine Marketing, mungkin Anda sekarang paham mengapa Search Engine Marketing adalah strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnis dan website Anda.

Perbedaan SEM vs SEO

Banyak orang yang mengira bahwa SEM dan SEO merupakan hal yang sama. Padahal tidak sepenuhnya benar. Melakukan SEM tidak sama persis dengan melakukan optimasi Search Engine Optimization(SEO). Sehingga kedua hal ini harus dapat dibedakan dengan baik.

Umumnya yang membedakan kedua hal ini yaitu sebagai berikut:

  • Target Audiens

SEM memberikan kesempatan untuk mendapatkan target audiens yang lebih spesifik. Berbeda dengan SEO yang tidak dapat melakukan hal tersebut. Sehingga jika ingin memeroleh target yang efektif, maka SEM merupakan opsi yang lebih baik untuk dipilih.

  • Jangka Waktu

SEM hanya bekerja sesuai jangka waktu yang ditentukan. Sehingga tidak dapat bertahan lama. Lain halnya jika memanfaatkan SEO. Umumnya SEO dapat bertahan lebih lama karena tidak ada parameter penetapan jangka waktu untuk metode tersebut.

  • Anggaran

Dari sisi biaya, sudah tentu SEM akan jauh lebih mahal. Karena memang memberikan hasil yang lebih optimal. Lain halnya saat memanfaatkan SEO, di mana hal ini bisa dilakukan secara gratis tanpa biaya.

Oleh sebab itu perhatikan dari sisi dana yang dimiliki perusahaan untuk memilih antara metode SEM dan metode SEO.

  • Kecepatan

Umumnya SEM memberikan kecepatan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan SEO. Selain itu sangat mungkin untuk menentukan ulang target menggunakan SEM. Bahkan jika target tidak tercapai, maka SEM dapat dinonaktifkan.

  • Potensi CTR

Dari segi potensi CTR, maka SEO mampu memberikan hasil konversi yang lebih baik dari SEM. Karena banyak pelanggan berpikir negatif terhadap konten yang muncul pada SEM.

Berbeda halnya dengan informasi yang dibalut dalam bentuk SEO. Biasanya akan lebih mudah menarik perhatian para target pelanggan.

Komponen Search Engine Marketing

Tentu saja seperti strategi pemasaran pada umumnya, Search Engine Marketing atau SEM ini memiliki beberapa komponen penting. Sebaiknya jika ingin menggunakan strategi tersebut, ketahui lebih dulu apa saja komponen yang mendukung strategi ini.

Secara umum ada tiga komponen penting pendukung metode Search Engine Marketingantara lain:

  1. Search Engine Optimization

Komponen utama dalam SEM yaitu Search Engine Optimization atau yang biasa dikenal dengan sebutan SEO. Ini adalah komponen penting yang membantu menargetkan kata kunci dan mengarahkan calon pelanggan.

Melalui penggunaan SEO maka akan tercipta Conversion Rate Optimization atau CRO. Berkat SEO maka bisnis Anda secara tidak langsung akan diarahkan untuk muncul di halaman pertama mesin pencari.

2. Social Media Marketing

Selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu komponen berupa Social Media Marketing atau SMM. Komponen ini menggunakan media sosial sebagai cara dalam mengenalkan produk secara optimal. Misalnya dengan menggunakan media Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Dalam masa dunia digital yang cukup banyak peminatnya, maka komponen Social Media Marketing tersebut menduduki peringkat yang cukup tinggi untuk dapat meraih konversi yang optimal.

3. Paid Search

Terakhir yaitu komponen paid search atau pencarian berbayar. Umumnya ini menggunakan bentuk berupa iklan berbayar. Misalnya yaitu Google AdWords atau Facebook Ads.

Cara Kerja Search Engine Marketing

Tentunya setelah memahami pengertian yang diberikan di atas, para pebisnis akan tertarik pula untuk mengetahui seperti apa cara kerja Search Engine Marketing secara umum.

Pada dasarnya strategi ini mengedepankan algoritma tertentu terkait kata kunci yang banyak dicari pelanggan. Sehingga pebisnis harus dapat menspesifikasikan hal tersebut dengan baik.

Strategi ini berhasil apabila pemilik bisnis menggunakan kata kunci yang tepat dan banyak dicari pelanggan di mesin pencari. Sehingga dengan optimisasi hal ini, ada banyak pelanggan yang akan tertuju pada produk dan jasa yang ditawarkan.

Hal ini karena mesin pencari akan memberikan hasil pencarian sesuai kata kunci. Jika kata kunci yang ada di dalam produk sudah sesuai, otomatis produk akan muncul pada halaman mesin pencari.

Dari sinilah pelanggan akan bertindak lebih lanjut untuk melihat merek produk yang muncul. Lalu akhirnya dapat berakhir dengan konversi penjualan dan transaksi.

Terapkan Search Engine Marketingpada Bisnis Anda Sekarang Juga!

Nah, sekarang Anda sudah memahami apa itu Search Engine Marketing (SEM). Search Engine Marketing merupakan pembelian traffic khusus dengan cara membayar mesin pencarian.

Tidak seperti strategi SEO yang gratis, SEM memang mengharuskan Anda membayar sejumlah biaya. Akan tetapi, hasil SEM lebih cepat terlihat. Mulai dari visibilitas di hasil pencarian hingga potensi kenaikan konversi pembelian di website Anda.

Nah, strategi SEM saja belum cukup untuk meningkatkan penjualan di website Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa strategi di website Anda.

Anda tidak perlu khawatir karena kami telah menyediakan berbagai macam strategi marketing lainnya.

Kunjungi website kami di https://blog.akmakom.com/ dan dapatkan berbagai insight bisnis didalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here