Anda sedang mencari inspirasi untuk desain website yang menarik dan efektif untuk bisnis?

Jika Anda tertarik untuk memahami apa itu desain website? Maka teruslah membaca artikel ini yang akan menjelaskan tentang desain website secara jelas agar dapat menjadi referensi Anda.

Desain web juga mencakup aplikasi web, aplikasi seluler, dan desain antarmuka pengguna. Mengingat pengguna online lebih memilih terjun di media sosial melalui ponsel mereka ketimbang di desktop, maka para web designer juga harus memikirkan aspek ini. Selanjutnya, mari mengenal apa itu desain website serta elemen penting apa saja dalam pembuatanya berikut ini.

Apa itu Desain Website?

Desain web atau web design adalah sesuatu yang menciptakan tampilan dan ‘rasa’ secara keseluruhan sebuah website, saat digunakan oleh pengguna. Ini mencakup proses perencanaan dan pembuatan elemen-elemen website, dari struktur tata letak, gambar, warna, font, hingga grafik.

Desain web memiliki komponen yang kompleks saling terkait dan mendukung satu sama lain. Sehingga mampu menciptakan pengalaman website yang sempurna pada pengguna.

Desainer web mengambil ide-ide Anda dan mengubahnya menjadi mockup, yang menunjukkan seperti apa bentuk website Anda nantinya. Desainer web menangani bagian kreatif untuk mendesain website. Dari ide yang tidak terlihat menjadi bentuk rancangan yang terlihat.

Mengapa Web Design itu penting?

Di dunia sekarang ini, situs web lebih dari sekadar estetika atau menjadi tempat bisnis secara online. Kini, situs web perlu berfungsi sebagai alat pemasaran & penjualan multi-segi yang terhubung dengan audien.

Jika Anda menjalankan bisnis, tim pemasaran atau jika Anda seorang yang kreatif, kemungkinan besar Anda akan sampai pada titik di mana Anda memerlukan situs web, atau seseorang memberi tahu Anda bahwa Anda memerlukannya.

Faktor Penting Dalam Membuat Desain Website

1. Tujuan

Sebelum membuat sebuah situs website, tentukan tujuan utama dari website yang akan dibangun itu terlebih dahulu. Apakah akan berfungsi sebagai website marketing, customer service, e-commerce, website portal informasi atau berita, website branding, atau website company profile. Hal ini erat kaitannya dengan desain dan tema tampilan website, dan juga akan menentukan konten dari isi website, karena tujuan dari sebuah website disesuaikan dengan target pengunjung.

2. Logo website

Pengunjung akan mengingat dan mengenal sebuah website ketika website memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri, selain dari konten yang memang dibutuhkan. Logo menjadi salah satu kebutuhan yang wajib terpenuhi saat membuat sebuah website, karena bisa membantu menunjukkan identitas website yang sedang dikelola.

3. Domain dan Hosting

Usahakan menggunakan domain yang termasuk dalam top level domain, seperti .com , .net , .org, .info karena domain-domain ini akan meningkatkan kredibilitas website yang akan dibangun. Baik di mata pelanggan maupun pada mesin pencari. Perhatikan juga dalam pemilihan hosting. Hosting merupakan komputer besar penyimpan data dari website. Pastikan menyewa hosting dari penyedia jasa yang terpercaya.

4. Penggunaan teks dan Penggunaan warna

Penggunaan teks menjadi salah satu yang harus diberi perhatian lebih, karena penggunaan teks yang cocok dengan website akan memberikan nilai tambah untuk website. Serta harus tahu jenis teks apa yang cocok dan pas dengan website. Seperti website berbasis toko online anak atau remaja, pilih jenis teks atau font yang fun, ceria dan tidak membosankan jika dibaca oleh kalangan mereka. Begitu juga ketika website menjurus pada hal yang serius seperti website perusahaan, pilihlah jenis teks yang sedikit lebih serius dan terlihat konsisten. Kemudian warna juga menjadi komponen penting yang tidak dapat dipisahkan ketika merancang sebuah website. Sama dengan penggunaan teks, warna juga harus sesuai dengan jenis dan fungsi dari website.

5. Media Sosial dan Maintenance

Media sosial berperan sebagai faktor pendukung website. Buatlah akun-akun baru dengan nama akun sesuai dengan tema atau judul website, untuk menunjang promosi dan sarana komunikasi dengan pelanggan.

6. Ekonomis

Ekonomis disini, yang berhubungan dengan ukuran file yang akan digunakan pada sebuah website. Ini berkaitan erat dengan kecepatan akses yang akan ditawarkan suatu website. Faktor ini juga dapat menjadi perhatian dalam pembuatan website, agar hasilnya efektif dan efisien.

7. Tata Letak

Untuk membuat sebuah website yang menarik dan informatif, ketahui terlebih dahulu tentang desain seperti apa yang akan diterapkan pada website nantinya, dan ingin digunakan untuk apa websitenya tersebut. Ini akan membantu seorang web desainer dan developer website untuk membuat dan mengembangkan websitenya. Seperti yang sedang trend saat ini, yaitu web responsif. Seorang desainer web dan web programming harus mampu bekerjasama dengan baik untuk membuat dan menentukan setiap tata letak dari konten-konten didalam website. Untuk sebuah toko online, tata letak sangat menentukan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja di website. Konten yang dibuat harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar tidak menggunakan ruang yang terlalu banyak.

Elemen Penting Web Design

Desain web selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Ada trend yang sama sekali baru, ada pula yang merupakan pengulangan dari trend beberapa tahun ke belakang. Tapi, elemen-elemen esensial di dalamnya tidak banyak berubah.
Elemen desain web bukan hanya agar web bagus dipandang, tapi juga agar memudahkan pembaca ketika menjelajahi web kita

Desain web adalah sebuah bentuk grafis dalam membuat suatu halaman web. Banyak orang yang masih belum tahu tentang pengertian desain web. Bahkan beberapa diantara mereka masih melihat desain web hanya sebuah bentuk online jurnalisme saja. Seiring berkembangnya teknologi, internet memiliki nilai-nilai penting dari sebuah media yang oleh karena itu, bermunculan website tiap detiknya di seluruh dunia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here