Affiliate Marketing menjadi salah satu metode pemasaran yang populer selama beberapa waktu belakangan ini. Bukan hanya di dalam bisnis skala besar saja, tetapi kalangan pelaku bisnis kecil juga sudah banyak yang menerapkan metode pemasaran yang satu ini. Perkembangan seperti ini menjadi angin segar tersendiri sehingga karir sebagai affiliate marketer juga makin menjanjikan dan diincar oleh banyak orang.

Cara menjadi affiliate marketing yang terbilang mudah tentu menjadi salah satu alasan di balik hal tersebut. Dalam beberapa tahun ke depan, peluang karir di bidang yang satu ini bahkan diprediksi akan makin luas, sebab ketersediaan internet juga sudah makin merata dan mudah untuk diakses.

Baca juga: Cara Menerapkan Referral Marketing untuk Bisnis Online

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing merupakan sebuah program yang memberikan komisi untuk seseorang yang telah sukses dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa dari sebuah perusahaan atau brand melalui jalur digital seperti website dan media sosial.

Besaran komisi yang didapatkan bervariasi, tergantung pada persentase dan harga jual produk. Biasanya komisi dihitung dari penjualan, tapi ada juga yang menghitungnya dari leads, klik ke website, pengguna free trial, dan download aplikasi.

Strategi ini dikenal efektif untuk meningkatkan sales atau penjualan produk. Pada mesin pencari, Anda akan menemukan banyak brand yang membuka program afiliasi, baik brand kecil maupun besar. Peminatnya juga banyak, karena bisa memberikan penghasilan tambahan apabila terjadi pembelian menggunakan link afiliasi yang Anda bagikan.

Dalam affiliate marketing, ada tiga pihak yang saling berkaitan:

  • Merchant

Pengusaha, perusahaan, atau organisasi yang memiliki produk untuk dijual. Produk yang dijual dapat berupa barang, software, atau jasa. Pada umumnya merchant tidak terlibat secara langsung dalam proses penjualan oleh affiliate marketer, mereka hanya menerima penjualan, dan membayarkan komisi ke affiliate sebagaimana mestinya.

  • Affiliate

Pengiklan individu atau organisasi yang bertugas memasarkan produk merchant dengan tujuan akhir mendapatkan konversi melalui link affiliate atau kode referral. Salah satu kelebihan kode referral adalah penawaran keuntungan seperti tambahan produk gratis, diskon, dan sebagainya yang dapat digunakan affiliate untuk menarik customer.

  • Customer

Konsumen yang membeli produk milik merchant atas informasi dan promosi yang diberikan oleh affiliate. Umumnya, customer yang melakukan pendaftaran jasa atau pembelian produk melalui kode referral affiliate akan mendapatkan tawaran berupa diskon atau benefit lainnya.

Baca juga: Apa itu Digital Branding?

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Cara kerja affiliate marketing cukup sederhana. Tantangan utama dalam affiliate marketing adalah merancang strategi promosi yang menarik untuk mendapatkan pelanggan baru melalui kode referral. Berikut merupakan penjelasan mengenai sebuah siklus affiliate marketing:

  1. Daftar ke program affiliate marketing

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang afiliator adalah mendaftar program affiliate marketing.

Anda bisa mendaftar melalui website masing-masing perusahaan. Caranya mudah, cukup ketik “affiliate marketing [brand atau perusahaan]”, maka akan muncul tautan yang mengarah ke halaman pendaftaran affiliate.

Misalnya, Anda ingin mendaftar program affiliate Shopee, maka Anda cukup mengetik di Google dengan keyword tersebut, dan akan ditemukan website untuk melakukan pendaftaran.

Setiap perusahaan mempunyai syarat dan ketentuannya masing-masing untuk menjadi affiliator.

Setelah mendaftar pada program afiliasi ini, Anda akan mendapatkan link afiliasi. Pada link tersebut, terdapat ID affiliate yang berfungsi untuk mencatat semua transaksi yang berasal dari ID tersebut. Jadi komisinya bisa masuk ke akun afiliasi Anda.

  1. Bagikan link afiliasi

Setelah mendapatkan kode referral unik, Anda dapat mulai membagikan dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh merchant melalui website atau media sosial yang Anda miliki. Link tersebut juga bisa Anda sebarkan kepada orang-orang terdekat.

  1. Customer daftar menggunakan kode affiliate

Setelah membagikan link di berbagai platform, maka akan ada customer yang mendaftar atau membeli produk dengan meng-klik link khusus atau memasukkan kode referral Anda yang akan mengarahkan ke halaman produk untuk melakukan pembelian.

Transaksi tersebut akan tercatat oleh jaringan afiliasi melalui link afiliasi yang Anda bagikan. Setelah itu, penjual akan mengkonfirmasi pembelian dan memproses produk untuk dikirim ke customer.

  1. Dapat komisi

Jika semua proses di atas sudah selesai, Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Komisi yang akan diterima, jumlahnya berbeda-beda, tergantung harga produk yang terjual dan besar persentase yang didapatkan.

Persentase komisi yang Anda terima dari setiap produk juga berbeda-beda, ada yang menawarkan 5% per produk, ada juga yang menawarkan komisinya hingga 20% per produk. Semua tergantung dari program afiliasi yang Anda ikuti. Komisi ini bisa dicairkan ke rekening dalam bentuk uang.

Kelebihan Affiliate Marketing

Program affiliate marketing menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan usaha sampingan online lainnya. Berikut beberapa kelebihan affiliate marketing:

  • Mudah untuk dijalankan, Anda hanya fokus pada kegiatan memasarkan produk dan tidak perlu terlibat ke proses pengiriman barang;
  • Membutuhkan modal kecil atau bahkan bisa tanpa modal atau biaya sama sekali;
  • Bisa mendapatkan penghasilan tambahan;
  • Tidak ada tanggung jawab atas pengelolaan produk;
  • Banyak produk yang bisa kamu tawarkan;
  • Fleksibel dan tidak terikat.

Kekurangan affiliate marketing:

  • Salah satu kelemahan affiliate marketing adalah besaran komisi tergantung penjualan dan persentase. Dengan kata lain, Anda tidak memiliki pendapatan yang tetap;
  • Bersaing dengan affiliate marketing yang lainnya. Harus kreatif agar bisa bersaing dengan afiliator yang lain, terlebih sebuah produk tidak hanya mengandalkan satu afiliator saja;
  • Butuh kesabaran, waktu, dan kerja keras agar bisa membangun hubungan dengan audiens dan mendapatkan kepercayaan yang berujung klik atau pembelian.

Baca juga: Pengertian dan Cara Penerapan 7P Marketing Mix

Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Nah, jika kamu sudah bertekad untuk mengikuti program affiliate marketing, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan banyak customer baru? Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan keberhasilan affiliate marketing:

  1. Pilihlah Program Affiliate Marketing yang Tepat

Ada banyak brand atau perusahaan yang menawarkan program afiliasi. Pastikan Anda memilih program yang terbaik. Terdapat beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengikutinya, antara lain:

  • Relevansi. Pilihlah program afiliasi yang sesuai dengan niche atau topik konten Anda. Jika Anda memiliki blog tentang media sosial, maka pilihlah afiliasi yang berkaitan dengan software manajemen media sosial, platform periklanan digital, alat-alat optimasi digital, dan sebagainya;
  • Komisi. Setiap program afiliasi menawarkan persentase komisi yang berbeda. Jadi, sesuaikan pilihan Anda dengan harapan komisi yang ingin didapatkan;
  • Kredibilitas. Pastikan afiliasi yang Anda pilih adalah sebuah program yang terpercaya. Anda dapat menilai kualitas sebuah afiliasi dari berapa dan siapa saja yang sudah menjadi affiliate di program tersebut;
  • Dukungan. Pilihlah merchant afiliasi yang bersedia memberikan dukungan penuh, baik dalam bentuk teknis atau layanan pelanggan untuk memastikan segala masalah terkait afiliasi dapat terselesaikan dengan cepat.
  1. Pahami Target Audiens dan Bangun Hubungan Positif

Dengan memahami target audiens, Anda bisa memilih produk yang tepat untuk dipromosikan, sesuai dengan kebutuhan dan bisa menjawab permasalahan yang kebanyakan orang alami.

Anda bisa memahami audiens dengan melakukan riset atau mengikuti forum-forum tertentu untuk mencari tahu apa yang sering mereka pertanyakan terkait produk yang akan Anda rekomendasikan.

Dengan begitu, Anda bisa membuat konten dan rekomendasi produk yang sesuai dengan pertanyaan mereka. Membuat konten dan merekomendasikan produk yang tepat juga dapat meningkatkan engagement dengan mereka.

  1. Buat Konten Review Jasa atau Produk yang Mendalam dan Personal

Selanjutnya adalah membuat konten yang bersifat personal. Jika Anda membuat review generik, maka konten Anda tidak ada bedanya dengan ratusan ribu review lainnya yang ada di internet.

Tulislah sebuah ulasan yang personal dan mendalam tanpa memihak siapapun, sehingga Anda dapat membangun empati dengan para pembaca dan pengikut Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam meyakinkan mereka untuk mencoba produk tersebut melalui link atau kode referral yang Anda bagikan.

  1. Mengikuti Perkembangan Tren yang Sedang Viral

Budaya viral yang sering kita temukan di media sosial adalah salah satu jalur promosi gratis yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan link afiliasi.

Tentunya, Anda harus memikirkan berbagai cara kreatif untuk menerapkan tren tersebut dengan produk atau jasa yang ingin dipromosikan untuk menghasilkan konten yang relevan dan menarik.

  1. Gunakan Strategi FOMO

Gunakanlah strategi marketing FOMO (Fear of Missing Out) yaitu rasa takut ketinggalan untuk menambahkan eksklusivitas tawaran yang Anda berikan. Cobalah menggunakan frase dengan urgensi tinggi seperti “khusus untuk 20 orang pertama”, “hanya hari ini”, dan “diskon khusus untuk pendaftaran dengan link ini” untuk memancing tindakan dari followers atau viewers Anda.

  1. Terapkan SEO ke Blog

Jika Anda menggunakan blog sebagai media promosi program affiliate marketing, menerapkan SEO sudah wajib hukumnya. Tanpa SEO yang bagus, blog Anda tidak akan mengalami penambahan traffic organik dari hasil pencarian search engine. Anda dapat belajar cara membuat blog untuk memulai usahamu dalam menjadi affiliate marketer yang sukses.

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan untuk mendalami skill digital marketing, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here