Camera menjadi salah satu tools yang bisa membantu kita dalam melihat objek dari berbagai macam sudut pandang. SketchUp menjadi salah satu perangkat lunak yang digunakan oleh para pengguna. Tidak hanya mampu menciptakan bangunan virtual yang menakjubkan, SketchUp juga memberikan kemudahan dalam mengatur kamera untuk menampilkan tampilan yang lebih menarik. Ingin tahu caranya? yuk simak pembahasan dibawah ini!

Mengaktifkan Tools Camera 

Ada berbagai macam pilihan Camera yang bisa kita gunakan. Untuk menggunakan tools ini, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih menu Camera pada menu dibagian atas dari SketchUp

2. Dari dropdown menu camera, ada berbagai macam pilihan yang bisa digunakan untuk melihat objek gambar.

3. Untuk pilihan Previous dan Next, Fungsinya sama seperti Google Chrome kala kita ingin melihat halam sebelumnya atau berikutnya. Pada SketchUp, previous akan membawa kita melihat tampilan camera kita sebelumnya. Sementara next akan membawa tampilan camera sesudahnya. Jika kita belum menggunakan camera untuk fitur next, maka SketchUp akan membawa kita kepada tampilan perspective.

Menggunakan Tools Standard Views

Tools standard view ini bisa digunakan untuk melihat objek dari atas, samping, kanan, dan kiri, serta belakang. Dengan standard views ini kita juga bisa melihat objek sudut pandang Iso. Lalu, bagaimana cara menggunakan tools ini? Berikut langkah-langkahnya:

  1. pilih menu camera pada menu bagian atas dari sketchup.
  2. setelah memilih standard views, akan muncul tampilan beberapa pilhan. Ada top, bottom, front, back, left, right, hingga iso.
  3. Untuk memilih top, maka akan menampilkan objek dari tampak atas.
  4. Sama halnya dengan memilih bottom, front, back, left, dan right. Sekilas seperti tidak ada perbedaan seperti saat memilih top views, hanya saja bila diperhatikan tampilan objek diambil dari views yang dipilih.
  5. Dan untuk iso, views tersebut akan membawa kita untuk melihat objek dari sudut pandang isometrik.

Mengaktifkan Position Camera

 

 

Position camera menjadi salah satu fitur yang bisa digunakan pada SketchUp. Fitur ini memberikan tampilan camera seperti mata manusia sekitar 1,5 hingga 1,6 meter. Yuk ikuti caranya dibawah ini:

  1. Pilih menu position camera pada menu toolbar SketchUp.
  2. Letakan kursor tersebut sesuai dengan yang diinginkan.
  3. Setelah memilih lokasi untuk menempatkan kursor tersebut, maka tampilan dari layar atau lembar SKP tersebut akan berubah. Camera akan menampilkan layar sesuai dengan tinggin mata manusia.

Mengaktifkan Two Point Perspective

View Two Point Perspective ini menggunakan 2 titik buta sebagai patokan dalam bentuk perspektif. biasanya tampilan ini cocok untuk tampilan interior. Untuk menggukana fitur ini ikuti langkah dibawah ini:

  1. Pilih menu camera pada bagian atas dari SketchUp.
  2. Tampilan akan berubah. Secara sekilas mirip dengan perspektif, tetapi perbedaannya ada pada dua pengambilan sudut, terutama saat pengambilan zoom out.
  3. Untuk mengubah ke tampilan lain,  bisa melakukannya dengan mengikuti dari cara pertama, yaitu pilih camera. Jika ingin mengubahnya menjadi tampilan perspektive, kita bisa menekan tombol tengah tetikus yang akan mengubah tampilan menjadi orbit.

Mengaktifkan Look Around dan Walk

Salah satu fitur camera yang bisa digunakan adalah look around dan walk. Untuk fitur walk, bisa digunakan animasi pada SketchUp. Sementara untuk fitur look around, digunakan untuk melihat situasi di sekitar camera kita berdiri dan biasanya juga untuk animasi. Caranya dengan memilih menu camera > look around untuk memilih tampilan tersebut, atau camera > walk.

 

Mengatur kamera di SketchUp adalah langkah penting dalam membuat visualisasi yang menarik dan mempertajam presentasi Anda. Dengan mengatur sudut pandang, fokus, dan pengaturan lainnya dengan hati-hati, kita dapat menghasilkan tampilan yang lebih baik dan meningkatkan pemahaman konsep Anda kepada orang lain. Pada artikel kali ini telah membahas pengaktifan camera pada SketchUp, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca, untuk memahami cara untuk mengaktifkan beberapa tools camera di SkethcUp.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here