Pemasaran sebuah produk atau jasa kini semakin mudah dilakukan semenjak populernya sosial media. Semenjak kehadiran media sosial, pemasaran bisnis tidak lagi dilakukan via radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut era digital dimana media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk mempasarkan sebuah bisnis.

Hadirnya sosial media yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai sarana beragam internet tools yang ada seperti website, blog, sosial media dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan promosi usaha Anda akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.

Apa itu Media Pemasaran?

Media pemasaran adalah sarana yang digunakan dalam memasarkan suatu produk atau jasa untuk memperkenalkan, menawarkan, menjaga konsumen, dan membangun citra positif kepada pelanggan atau calon pelanggan agar dapat meningkatkan penjualan.

Saat ini media promosi dapat di bagi menjadi dua bagian yaitu media online dan offline. Contoh media promosi online yaitu marketplace, media sosial, dan saluran lainnya. Sedangkan bentuk media promosi offline yaitu menggunakan spanduk, brosur, famplet, radio, telivisi, dll.

Media Pemasaran Bisnis Online Terbaik 

Di antara berbagai platform promosi bisnis online yang ada, kami telah menyajikan tujuh tempat bisnis online terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Penasaran apa saja, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Facebook

Facebook dapat Anda gunakan sebagai tempat promosi bisnis online gratis. Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan produk jenis apa saja. Tidak perlu khawatir sepi peminat, Facebook menyediakan tools yang didesain untuk memudahkan Anda dalam mempromosikan produk sesuai target bisnis.

Dengan begitu, promosi Anda akan mudah dijangkau oleh pengguna yang sesuai dengan target bisnis Anda. Pendekatan ini terbukti sangat efektif sehingga dapat meningkatkan conversion rate website bisnis Anda.

Terdapat media lain pada Facebook yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, diantaranya :

  • Facebook Personal Account
  • Facebook Page
  • Facebook Page Stories
  • Facebook Group
  • Facebook Story
  • Facebook Live
  • Facebook Event
  1. Twitter

Seperti halnya Facebook, Twitter juga dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis. Anda dapat memanfaatkan fitur Twitter Ads untuk menjangkau audience sesuai dengan target bisnis Anda.

Untuk dapat sukses promosi di Twitter sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa mengawalinya dengan membuat tweet promosi dengan tagar tertentu. Di tweet tersebut Anda bisa menambahkan informasi dan membalas komentar para audience.

Selanjutnya Anda bisa membuat thread yang menghibur untuk bisa meng-engage lebih banyak orang. Pada intinya, kunci sukses promosi bisnis di media sosial adalah dengan mempromosikannya ke target audience yang sesuai. Jadi, saat ini penting bagi Anda untuk menentukan target audience Anda.

  1. Instagram

Selain Facebook dan Twitter, Instagram juga merupakan social media yang dapat dijadikan tempat promosi bisnis online yang menguntungkan. Terlebih Instagram memiliki jumlah pengguna terbesar setelah Facebook. Di Instagram, Anda bisa mempromosikan produk melalui fitur Instagram Stories atau Feed.

Tidak hanya itu, Instagram juga menyediakan fitur Instagram Ads untuk mengajak pengguna mengunjungi akun atau website Anda. Cara lainnya, Anda bisa bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan dan memberikan review positif mengenai brand Anda. Instagram juga sangat populer di kalangan anak muda. Jadi, jika target pasar Anda adalah anak muda, platform ini wajib Anda coba.

  1. Google My Business

Google My Business merupakan platform dari Google yang memungkinkan Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Seperti yang kita ketahui, miliaran orang menggunakan Google untuk mencari kebutuhannya setiap hari. Dengan menggunakan Google My Business, bisnis Anda dapat diketahui oleh banyak orang.

Salah satu fitur utama Google My Business adalah Google Maps. Jika bisnis Anda relevan dengan yang dicari oleh orang di Google Maps, informasi bisnis Anda akan muncul di hasil pencarian. Dengan begitu bisnis Anda berpeluang dikunjungi oleh banyak orang.

Jika Anda tertarik dengan menggunakan Google My Business, Anda bisa mendaftar di www.business.site. Nah, untuk menerapkan guerilla marketing, Anda perlu terus menggali ide kreatif untuk mengenalkan produk atau jasa. Selain itu, kenali audiens Anda agar kesan yang terbangun lebih kuat. Tidak hanya itu, Anda perlu membuat pesan singkat dan jelas tentang promosi yang Anda lakukan.

  1. LinkedIn

Tahukah Anda bahwa LinkedIn dapat dijadikan tempat promosi bisnis online? Selain sebagai platform para profesional (pekerja dan pemilik bisnis), LinkedIn juga menyediakan fitur marketing solution bernama LinkedIn Business.

LinkedIn Business dapat membantu Anda menemukan pelanggan potensial. Anda dapat menjangkau lebih dari 500 juta orang dari berbagai negara. Anda bahkan bisa menjangkau pemilik bisnis untuk jadi pelanggan Anda.

Dengan menjangkau pemilik bisnis, produksi bisnis Anda dapat meningkat menjadi skala besar. LinkedIn Business bisa jadi opsi terbaik untuk Anda, jika target bisnis Anda merupakan pemilik bisnis.

  1. Quora

Quora merupakan platform tempat pengguna dapat bertanya dan menjawab tentang topik apa saja. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa Quora perlu Anda pertimbangkan untuk dijadikan tempat promosi bisnis online? Salah satu alasannya karena konten pertanyaan dan jawaban Quora sering muncul di halaman pencari Google. Dengan membuat akun dan aktif menjawab pertanyaan di Quora, ada kemungkinan jawaban Anda muncul di halaman pencarian Google. Jadi, Quora bisa Anda jadikan alat pemasaran yang agar bisa lebih dikenal oleh banyak orang. Jangan lupa, dari jawaban itu, Anda juga bisa dianggap sebagai ahli sehingga bisnis Anda dapat dikenal lebih kredibel.

Setelah mengetahui penjelasan platform apa saja yang bisa dijadikan tempat promosi bisnis online, Anda tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas ini, bukan?Mempromosikan bisnis secara online dapat memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Anda akan sangat rugi jika tidak memanfaatkannya.

Dengan pemilihan strategi dan platform promosi yang tepat, Anda jadi bisa menjangkau audience secara global. Bisnis Anda pun akan terus tumbuh dan dikenal banyak orang. Jadi, tunggu apa lagi, segera lakukan strategi promosi bisnis Anda sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here