Pernahkah Anda mengalami pada saat ingin membuat mie instan, Anda menyebutnya “Indomie?” Padahal, Indomie merupakan nama suatu brand bukan nama produk karena brand Indomie begitu lekat dengan konsumen. Pasalnya, Indomie telah melakukan marketing campaign yang berhasil. Oleh karena itu, marketing campaign adalah penting dilakukan untuk bisa mencapai tujuan bisnis.

Marketing campaign bisa dilakukan melalui beragam media, baik media konvensional maupun media online. Kampanye yang dilakukan juga tidak hanya mengandalkan konten dalam beriklan saja tetapi melakukan cara-cara kreatif lainnya.

Apakah Anda penasaran soal marketing campaign? Yuk, cari tahu dahulu mengenai definisi dari marketing campaign.

Pengertian Marketing Campaign

Marketing campaign adalah strategi untuk mempromosikan suatu aspek tertentu dari bisnis. Misalnya, meningkatkan brand awareness atau untuk mendapatkan feedback dari pelanggan.

Marketing campaign biasanya digunakan untuk menjangkau konsumen yang dikemas dalam berbagai cara kreatif dan melibatkan banyak media. Ada dua jenis media, pertama secara konvensional yaitu televisi, radio, dan media cetak. Kedua secara online seperti media sosial, email, pay-per-click dan lain sebagainya.

Marketing campaign yang baik adalah marketing campaign yang konsisten dan terfokus pada satu tema maupun ide untuk mencapai tujuan tertentu.

Manfaat Marketing Campaign

Apakah Anda masih ragu menerapkan marketing campaign untuk bisnis? Jika iya, mungkin tiga manfaat marketing campaign di bawah ini bisa mengubah pikiran Anda.

• Brand Image

Untuk menciptakan suatu citra produk yang ingin Anda pasarkan, Anda membutuhkan brand atau merk dagang. Oleh karena itu, dengan melakukan marketing campaign, diharapkan brand akan dikenal luas oleh konsumen. Selain itu, marketing campaign juga bisa menciptakan brand recognition, brand equity, yang berlanjut hingga brand loyalty.

• Lead

Lead adalah orang-orang yang mempunyai potensi besar untuk menjadi konsumen ke depannya. Jika konsumen sudah mengenal dan juga memilih brand Anda, Anda perlu mendorong dan meyakinkan konsumen untuk mengenali produk Anda lebih mendalam lagi. Misalnya untuk meyakinkan konsumen, Anda perlu melakukan marketing campaign melalui website. Jadi, dalam website Anda perlu menyediakan informasi yang konsumen butuhkan.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan setiap konten yang Anda tampilkan pada website yang mampu mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

• Menambah Jumlah Penjualan

Semakin banyak leads, semakin banyak pula kemungkinan konsumen yang Anda dapatkan. Efeknya, penjualan akan meningkat dan profit Anda menggunung. Bukankah ini merupakan tujuan Anda menjalankan bisnis? Untungnya, marketing campaign bisa membantu Anda mencapai tujuan tersebut dengan lebih cepat.

Baca juga: 8 Peluang Bisnis di Era Digital

Strategi Marketing Campaign yang Bisa Anda Coba

Di era digital seperti sekarang mungkin dapat memudahkan Anda dalam mengaplikasikan strategi marketing campaign secara online.

Berikut beberapa strategi marketing campaign yang bisa Anda coba, antara lain:

  1. Search Engine Marketing (SEM)

SEM bisa Anda lakukan untuk membuat suatu produk muncul pada halaman utama search engine result page. Anda bisa memasang iklan dengan memasukkan keywords yang berhubungan dengan produk yang Anda jual. Jadi pada saat konsumen menuliskan keywords pada Google atau mesin pencarian lainnya, iklan tersebut akan muncul pada halaman pertama mereka.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO bertujuan agar website maupun blog muncul pada halaman utama search engine result page. Dengan begitu, SEO bisa meningkatkan pengunjung ke website Anda. Namun perlu Anda perhatikan, banyak elemen jika ingin mengaplikasikan SEO sebagai strategi marketing campaign, backlink, keywords, dan lain sebagainya.

  1. Email Marketing

Ini adalah aktivitas mengirimkan email yang berisi informasi produk, penawaran produk, maupun promo, dan lain sebagainya.

Kirimkan email kepada sejumlah konsumen potensial, yaitu konsumen yang tertarik pada produk Anda. Hal ini dapat meningkatkan penjualan dari konsumen baru ataupun konsumen lama.

  1. Social Media Marketing

Banyaknya platform media sosial yang terakses oleh banyak orang, membuka peluang bagi brand yang menjalankan marketing campaign melalui media sosial dan terbukti sukses. Terlebih lagi jika Anda merencanakan, membuat, dan mendistribusikan kontennya dengan baik pada target pasar. Maka tidak sedikit dari mereka yang tertarik untuk lebih mengenal produk Anda dan membelinya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat konten media sosial yang terintegrasi dengan website maupun media konvensional agar menjadi marketing campaign yang terarah.

  1. Inbound Marketing

Ini adalah strategi marketing campaign yang bisa Anda lakukan jika kampanye pemasaran konvensional belum menjangkau konsumen secara maksimal. Anda akan melakukan strategi pemasaran modern yang membuat calon konsumen tertarik dan mencari brand atau produk tertentu.

Misalnya, Coca Cola pernah melakukan integrasi antara outbond dan juga inbond marketing saat kampanye Share a Coke. Coca Cola memasang iklan konvensional dan menggabungkannya dengan inbound marketing. Konsumen juga diajak untuk aktif mengikuti kampanye pemasarannya yang dibagikan di media sosial.

Marketing campaign merupakan kunci keberhasilan dari bisnis yang Anda jalankan.

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan untuk belajar bisnis, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here