Instagram merupakan social media yang awalnya digunakan untuk hiburan. Terutama untuk mereka yang hobi fotografi dan mempublikasikannya ke banyak orang. Namun, sekarang Instagram tidak lagi digunakan untuk hiburan. Tersedianya fitur Instagram bisnis membuat Instagram juga bisa dipakai untuk berbisnis.

Kegiatan bisnis seperti apa yang bisa Anda lakukan pada akun Instagram bisnis? Di sini akan dijelaskan lebih banyak mengenai Instagram bisnis, manfaatnya, cara membuat Instagram dengan fitur bisnis, dan tips mengoptimalkannya.

Baca juga: 8 Peluang Bisnis di Era Digital

Apa Itu Instagram Bisnis?

Instagram marketing adalah semua upaya pemasaran yang dilakukan melalui Instagram. Instagram memiliki berbagai macam fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk bisnis. Salah satu manfaatnya adalah pemasangan iklan atau promosi untuk mengoptimalkan digital marketing bisnis Anda.

Nah, untuk bisa menjalankan iklan tersebut Anda harus mengatur akun Instagram Anda menjadi Instagram bisnis. Fitur Instagram khusus bisnis ini lebih lengkap dibandingkan yang personal atau pribadi. Di Instagram untuk bisnis ini, Anda akan lebih mudah mengatur iklan seperti mengatur target demografi, budget yang Anda tetapkan, dan melakukan analisis apakah iklan sudah sesuai target atau tidak.

Manfaat Instagram bagi Bisnis

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan pada saat menggunakan instagram bisnis, yaitu antara lain:

  1. Fitur Insight untuk Mengoptimalkan Strategi Pemasaran

Instagram memiliki fitur insight yang dapat memberikan informasi dan untuk mengukur hasil iklan Anda. Informasi yang akan Anda raih darinya adalah jumlah pengunjung profil, jumlah pengikut, gender yang paling banyak melihat iklan Anda, dari mana asal mereka, dan lainnya. Dari data-data itu Anda akan bisa melakukan strategi pemasaran berikutnya yang lebih efisien dengan jumlah budget yang tidak berubah.

  1. Promosi Menjadi Lebih Mudah

Pada fitur Instagram bisnis, Anda dapat memanfaatkan stories, video, dan reels untuk konten promosi yang lebih beragam. Kekuatan Instagram ada di visual, jadi selain tulisan, Anda juga harus menyediakan visual yang menarik.

Namun, hal itu tidak akan sulit karena bentuk visual yang bisa Anda tentukan ada berbagai macam. Selain itu cara mengiklankannya pun mudah tanpa persyaratan yang berat. Dengan budget berapa saja, Anda sudah bisa mulai beriklan. Inilah kemudahan yang Instagram tawarkan untuk Anda.

  1. Memiliki Jangkauan yang Luas

Instagram memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak orang dari seluruh dunia. Tentu saja, hal itu bisa terjadi karena aplikasi ini digunakan oleh orang-orang di berbagai negara di dunia. Apalagi, kini Instagram memiliki fitur tab explore khusus untuk toko online. Dengan fitur ini, toko online memiliki jangkauan yang lebih besar ke para penggunanya. Karena jangkauannya yang luas, bisnis Anda tentu jadi punya kesempatan untuk menarik pelanggan dari luar negeri. Nah, untuk memudahkan pelanggan dari negara mana pun untuk melakukan pembelian produk atau layanan Anda, website bisa jadi solusi.

  1. Memberikan komisi kepada pengguna

Iklan Instagram ternyata bisa juga jadi kesempatan untuk memberikan komisi ke pengguna. Tujuannya tentu agar banyak orang tertarik dengan bisnis Anda. Ada dua cara memberikan komisi yang terbukti efektif menarik lebih banyak pelanggan, yaitu:

  • Undian Giveaway

Anda bisa memberikan giveaway menarik untuk mereka yang membeli produk Anda. Untuk memilih siapa yang pantas mendapat giveaway, Anda bisa mengundinya.

  • Kode kupon di Stories Ads

Anda juga bisa memasukkan kode kupon di Stories Ads Anda. Anda tentu setuju bahwa tidak ada orang yang tidak suka diskonan, kan?

Dengan dua cara di atas, Anda tidak hanya akan mendapat pelanggan baru. Bisnis Anda tentu bisa mendapat lebih banyak pelanggan setia. Sehingga, nantinya dapat menciptakan brand bisnis dengan loyalitas yang kuat.

  1. Memberikan Dukungan pada Bisnis Lokal

Meskipun merupakan platform populer di dunia, Instagram tetap mendukung bisnis lokal lho! Instagram memberikan fasilitas untuk menargetkan iklan Anda ke lokasi geografi yang spesifik. Bagaimana caranya? Anda bisa melihatnya di bawah ini:

  • Siapkan halaman Facebook lengkap dengan lokasi Anda di sana, lalu sambungkan ke Instagram.
  • Tandai lokasi Anda di gambar dan iklan yang Anda unggah. Dengan begitu, orang akan tahu bahwa bisnis Anda berada di dekat mereka.
  • Perbarui pengaturan lokasi Anda dalam aplikasi Instagram untuk memberikan izin agar lokasi Anda bisa dilacak. Cara ini memastikan iklan Anda dapat dilihat oleh orang lain yang berada di lokasi yang sama dan yang layanan lokasinya (location services) aktif.

Cara Membuat Instagram Bisnis

Membuat IG bisnis sangat mudah. Untuk membuka IG bisnis, Anda bisa melakukannya sendiri. Inilah tahapannya.

  • Anda perlu memiliki akun Instagram dengan mengunduhnya dulu, kemudian login ke akun Anda.
  • Buka profil, klik tiga garis di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Pengaturan, lalu klik menu Akun.
  • Scroll ke bagian bawah sampai Anda menemukan Beralih ke Akun Bisnis. Klik bagian itu, dan klik lanjutkan.
  • Anda nanti akan diminta untuk menentukan akunnya untuk kategori bisnis atau creator.
  • Apabila Anda ingin membuat promosi bisnis, Anda tinggal memilih yang bisnis. Jika memilih creator nanti Anda akan diminta mengisi deskripsi Instagram yang sesuai dengan profesi Anda seperti blogger, content creator, dan lainnya.
  • Untuk bisnis, Anda akan diminta melengkapi email aktif dan nomor yang dapat dihubungi.
  • Hubungkan dengan Facebook Anda yang juga untuk berbisnis supaya mudah melakukan pemasangan iklan.
  • Instagram Bisnis Anda pun siap digunakan.

Baca juga: 10 Strategi Instagram Marketing Paling Efektif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here