Dalam menjalankan marketing online, salah satu hal mendasar yang harus Anda kuasai adalah istilah-istilah yang sering digunakan di dalamnya. Meski terlihat sederhana, Anda akan lebih mudah dalam menjalankan marketing online

Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam menemukan referensi atau riset di Google terkait marketing onlineterutama jika belum ada versi bahasa Indonesia.

Tidak perlu khawatir, artikel ini telah merangkum 40 istilah dalam dunia digital marketing yang paling sering digunakan.

Jadi, pastikan Anda menyimak hingga akhir, ya!

Istilah-istilah dalam Marketing Online

  • Online Presence

Online presence adalah ketersediaan informasi seputar bisnis online Anda yang dapat ditemukan secara online, baik melalui desktop ataupun mobile.

Anda dapat membangun online presence melalui website resmi, media sosial, sampai hasil pencarian Google.

Online presence adalah faktor penting dalam sebuah bisnis, terutama di era industri 4.0 seperti sekarang ini. Berdasarkan riset Google, 84% konsumen melakukan riset secara onlinesebelum mereka melakukan pembelian.

Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk menyediakan segala informasi yang dibutuhkan konsumen terkait produk Anda di semua channelyang ada.

Salah satu metode efektif yang bisa digunakan untuk meningkatkan online presence adalah dengan blog. Dengan memiliki blog yang aktif, Anda akan meningkatkan kemungkinan untuk ditemukan di hasil pencarian Google.  

  • Lead Generation

Istilah selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah lead generation.

Lead generationadalah cara yang Anda gunakan untuk menarik audiens agar mencari tahu lebih banyak tentang produk atau bisnis Anda, dan mengubah mereka menjadi calon konsumen potensial.

Jika proses ini berhasil, Anda akan mendapatkan leadsyakni orang-orang yang merupakan konsumen potensial.

  • Call to Action (CTA)

Call-to-Action (CTA) adalah sebuah ajakan kepada konsumen potensial untuk melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan bisnis Anda, seperti memberikan informasi kontak, berlangganan email, membeli produk, dan sebagainya.

CTA dapat berupa gambar atau teks yang dapat mempengaruhi persepsi calon konsumen untuk melakukan tindakan yang menguntungkan Anda. Misalnya “daftar sekarang juga”, “start my free account”, “join now”, dan sebagainya, yang tentunya dibarengi dengan tawaran yang menarik bagi calon konsumen.

  • Landing Page

Pada poin sebelumnya kita telah membahas tentang CTA. Diarahkan ke mana setelah calon konsumen atau pengunjung website mengklik sebuah CTA?

Setelah mengklik sebuah CTA, calon konsumen atau pengunjung website akan diarahkan pada laman yang disebut Landing Page.

Landing page adalah halaman khusus pada sebuah website yang dibuat untuk tujuan marketing atau iklan. Biasanya landing pagemerupakan halaman yang akan dituju oleh calon konsumen setelah mereka mengikuti arahan CTA Anda.

Landing pagememegang peranan yang sangat penting dalam proses marketingkarena halaman inilah yang dapat mempengaruhi keputusan calon konsumen untuk melakukan pembelian.

Landing page adalah laman dari sebuah website yang dibuat secara khusus untuk tujuan marketing atau kampanye iklan. Landing page ini adalah tempat mendaratnya calon pelanggan setelah mengklik iklan AdWord, Ad Banner, dan iklan lainnya. Hal itulah yang menyebabkan laman ini disebut dengan Landing Page (landing: mendarat).

Sebelum membahas lebih jauh tentang Landing Page, ada baiknya kita memahami perbedaan antara home page dan landing page. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

  • Conversion

Conversion adalah situasi di mana leads melakukan tindakan sesuai yang diinginkan perusahaan. Sederhananya adalah mereka memberikan respon terhadap Call to Action (CTA) yang dirilis perusahaan.

Harus diingat bahwa tujuan utama dari segala kegiatan marketing online yang Anda lakukan adalah Conversion. Parameter keberhasilan sebuah bisnis online bukanlah trafik, tetapi conversion.

Conversion menunjukkan berapa pengunjung website bisnis online yang melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik bisnis.

Conversion ini dapat terwujud dalam berbagai bentuk berdasarkan tujuan marketing yang telah ditetapkan di awal. Bisa jadi conversion ini terwujud dalam bentuk calon pelanggan memberikan informasi kontak, menjadi subscriber, dan yang paling utama adalah membeli produk.

Semakin banyak orang yang melakukan conversion, semakin meningkat pula revenue yang akan didapatkan. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus mampu mendorong orang-orang yang mengunjungi websitenya untuk melakukan conversion.

  • Conversion Rate Optimization (CRO)

CRO adalah persentase pengunjung website/landing pageyang telah berubah menjadi konsumen.

Conversion Rate yang rendah menandakan bahwa banyak calon pelanggan yang tidak melakukan conversion.

Tentu Anda membutuhkan strategi tertentu agar bisnis yang Anda kelola mendapatkan Conversion Rate yang tinggi. CRO ini merupakan langkah sistematis untuk meningkatkan conversion rate di website bisnis online Anda

Menurut Hubspot, terdapat dua langkah penting dalam CRO. Pertama, melakukan riset terhadap pengalaman user website. Tujuannya adalah memahami user, bagaimana perilaku mereka, dari mana datangnya, dan apa yang menyebabkan mereka convert atau tidak convert.

Kedua, menghilangkan halangan-halangan yang ditemukan pada riset sebelumnya.

Tujuan akhir dari CRO ini adalah menentukan cara terbaik untuk meningkatkan conversion rate sebuah website. Jadi trafik yang tinggi harus diikuti conversion yang tinggi juga.

  • Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan strategi promosi melalui seorang promotor untuk membagikan link. Hal ini juga bisa dilakukan oleh konsumen yang telah membeli produk Anda.

Kemudian orang tersebut akan diberi komisi apabila terdapat pembelian melalui link tersebut.

Jadi pelanggan tidak hanya membeli produk, tetapi juga mempromosikannya. Dengan mempromosikan produk tersebut pun, mereka juga dapat menghasilkan uang.

  • Remarketing

Tidak semua orang yang mengunjungi website melakukan pembelian. Oleh karena itu, remarketing ini diperlukan.

Remarketing ini memungkinkan Anda untuk menampilkan jenis iklan online langsung kepada orang-orang yang telah mengunjungi website Anda.

Ketika orang-orang tersebut meninggalkan website Anda, entah mereka membeli ataupun tidak membeli produk Anda, mereka akan mulai melihat iklan-iklan Anda di tempat-tempat relevan di internet.

Tujuan utama dari remarketing adalah untuk mempertahankan buying intent atau keinginan membeli dari para calon pelanggan potensial maupun yang sudah menjadi pelanggan.

Hal ini penting agar merek Anda adalah yang pertama kali terlintas di pikiran para calon pelanggan potensial maupun pelanggan yang sudah ada.

  • Consumer Acquisition Cost (CAC)

Consumer Acquisition Cost (CAC) atau Cost Per Acquisition (CPA)  adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh konsumen baru. Menjalakan suatu kampanye iklan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tujuan utama dari consumer acquisition ini adalah peningkatan revenue. Adalah hal penting untuk memahami berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk memperoleh konsumen baru dan berapa revenue yang dihasilkan.

  • Web Hosting

Tanpa web hosting, website Anda tidak dapat diakses di internet.

Web hosting adalah  layanan yang menyimpan situs web atau aplikasi web Anda dan membuatnya mudah diakses secara online di berbagai perangkat seperti desktop, seluler, dan tablet. Tanpa web hosting, website Anda tidak dapat diakses di internet.

Memilih web hosting juga menjadi langkah penting dalam marketing online Anda. Sebabnya adalah semua aktivitas marketing online yang Anda lakukan akan bermuara ke satu tempat, yaitu website Anda.

Oleh karena itu, Anda memerlukan web hosting yang dapat memberikan performa maksimal agar aktivitas marketing online Anda tidak terganggu.

  • Click-Through Rate (CTR)

CTR atau Click-Through Rate adalah persentase jumlah klik (Clicks) iklan yang terpampang pada sebuah halaman blog ataupun website. Dengan kata lain, CTR juga mengindikasikan bahwa persentase orang yang melihat halaman web dengan klik iklan tertentu yang muncul pada halaman tersebut.

Rumus dari CTR adalah jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi iklan ditayangkan. Misalnya jika Anda punya 10 klik dengan 120 tayangan maka CTR yang diperoleh sebesar 8,3 %.

  • Bounce Rate

Bounce rate adalah salah satu istilah yang menggambarkan persentase berapa lama pengunjung membuka website atau blog yang kita kelola. Nilai index dari bounce rate berkisar antara 0-100. Apabila nilai bounce rate website atau blog Anda mendekati 100 maka tidak baik.

Sebaliknya, jika bounce rate yang baik adalah angkanya semakin kecil bahkan mendekati nol. Semakin baik isi blog Anda maka akan memperkecil bounce rate karena pengunjung berlama-lama untuk membuka website tersebut.

  • Impression

Impression adalah metrik yang mengukur berapa kali tayangan suatu konten pada layar audiens. Apabila total impression suatu konten adalah 2.820, maka konten tersebut telah tayang sebanyak 2.820 kali di layar audiens. Walaupun memang audiens yang sama sudah melihat tayangan konten yang sama lebih dari satu kali.

  • Backlink

Backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu blog/web yang mengarah ke halaman blog/web milik Anda. Kegiatan membangun backlink disebut juga sebagai link building.

  • White Hat SEO

White Hat SEO mengacu pada taktik yang sesuai dengan syarat dan ketentuan dari mesin pencari utama yaitu Google. Hal ini mengacu pada ulikan apapun yang dapat meningkatkan peringkat pencarian situs website di Search Engine Result Page (SERP) dengan tetap menjaga integritas situs agar dapat mematuhi dalam persyaratan layanan mesin pencari.

  • Niche Market

Niche market adalah bagian dari perusahaan dengan target pasar dan konsumen yang lebih spesifik. Dari target pasar tersebut, seorang pebisnis mulai melakukan penjualan produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan kata lain, target atau segmen pasar yang cukup spesifik dari bagian pasar yang lebih besar.

  • Organic Traffic

Organic traffic adalah pergerakan visitor ataupun pengunjung suatu website yang dihasilkan dari hasil pencarian organik pada mesin pencari tanpa campur tangan ads ataupun pemasangan iklan.

Pencarian dikatakan organik apabila pengguna sedang mencari informasi atau konten tertentu yang sedang audiens butuhkan kemudian mengetikkan query kata kunci pada mesin pencari.

Apabila mereka menemukan apa yang dicari dan mengklik tautan websitenya lalu mengunjungi situsnya maka inilah yang disebut sebagai organic traffic.

  • Featured Snippet

Featured snippet adalah salah satu fitur Google Search dalam meng-highlight kutipan teks agar muncul di bagian atas search engine results page (SERP). Nama lain atau sebutan lain dari featured snippet adalah “Position 0”

  • Anchor Text

Anchor text adalah potongan teks berisi tautan yang dapat diklik. Jadi ketika teks tersebut Anda klik, browser akan mengarahkan ke halaman website dari URL tersebut. Anchor text juga disebut link label atau link title dalam sebuah artikel.

  • Heatmap

Heatmap merupakan teknik untuk mengetahui perilaku pengunjung suatu situs dengan menyediakan data berupa statistik. Dengan tools heatmap, marketer bisa melihat area mana dari situs Anda yang menarik dan sering dikunjungi sehingga Anda mengetahui dimana kekurangan tampilan situs Anda.

Selain itu, tools heatmap sangat membantu untuk meningkatkan pemasaran secara online dengan optimasi situs yang ada.

  • Unique Selling Proposition (USP)

Unique Selling Proposition (USP) adalah salah satu manfaat khusus yang membuat suatu bisnis selangkah lebih maju daripada pesaing.

Dengan membangun Unique Selling Proposition yang kuat dapat membantu pebisnis untuk memfokuskan strategi pemasaran dan mempengaruhi pesan yang ingin disampaikan, membangun branding, menguatkan copywriting dan keputusan pemasaran.

USP mengindikasikan kita calon pebisnis untuk berpikir kira-kira apa yang membedakan bisnismu dari kompetitor?

  • Engagement

Istilah engagement dalam Digital Marketing adalah segala bentuk interaksi dari orang lain tentang konten yang Anda buat di media sosial. Metrik ini berfungsi untuk mengukur ketertarikan pengguna terhadap postingan. Semakin banyak interaksi yang terjadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here