Bisnis yang selalu di minati para calon konsumen adalah bisnis makanan. Di setiap tahun nya pasti ada saja tren makanan baru. Namun itu bisa jadi peluang kamu untuk berbisnis makanan. Bisnis makanan ini tidak membutuhkan banyak modal, tetapi memberikan keuntungan yang besar.

Di Indonesia peluang bisnis makanan cukup besar. Dari riset statista, pendapatannya diprediksi mengalami peningkatan sebesar 10,79% sampai tahun 2025. Bisnis makanan adalah salah satu usaha yang pertumbuhannya terus berkembang meskipun situasi ekonomi di dunia tidak menentu.

Sudah tergiur ingin menjadi pengusaha makanan? Lantas ide makanan apa yang sedang trend saat ini?

10 Ide Usaha Makanan Trend yang bisa Kamu Coba

  1. Cireng Frozen

Cireng adalah makanan olahan dari tepung aci dan cara masaknya digoreng makanya disebut cireng (aci goreng). Cireng memiliki rasa gurih, asin, crispy dan kenyal karena dari tekstur aci tersebut. Tetapi saat ini banyak orang yang mengolah cireng dengan diberikan berbagai macam isian seperti cireng isi bakso, cireng isi sosis pedas, cireng isi ayam pedas dan lain-lain.

Peminat cireng saat ini menjadi semakin banyak. Nah, cireng frozen bisa menjadi referensi bisnis kamu loh. Ide usaha ini memudahkan calon konsumen untuk menikmati cireng di waktu kapan pun dan bisa menjadi peluang bisnis bagi orang lain juga.

Memang biasanya bisnis makanan zaman sekarang dipasarkan di Instagram atau marketplace. Akan tetapi, banyak juga pelaku ide bisnis makanan ini yang membuat website. Lalu link website ditampilkan di bio Instagram.

  1. Basreng Pedas

Makanan yang berwarna merah karena campuran dari bubuk cabe dapat menggiurkan lidah para generasi Z dan milenial karena anak muda zaman sekarang sangat menyukai makanan pedas. Basreng terbuat dari bakso ikan yang di iris tipis kemudian digoreng sehingga tekstur menjadi kering dan diberi taburan bubuk cabe dan daun jeruk.

Basreng merupakan camilan kering hingga awet dalam jangka panjang sekitar 2 bulan. Itulah sebabnya gen Z dan milenial sangat menyukai camilan satu ini karena bisa disimpan untuk dimakan kapan saja. Karena rasanya yang gurih asin pedas, basreng bisa dimakan langsung atau bisa dipadukan dengan makanan apapun seperti makan pakai nasi, mie kuah, dan lain sebagainya.

  1. Cimol Keju Frozen

Seorang influencer membuat camilan aci ini menjadi sangat booming sehingga diminati banyak orang dari kalangan mana saja. Cimol adalah makanan khas sunda terbuat dari tepung aci yang dibulat-bulat diisi dengan keju cheddar. Ketika dimakan keadaan masih hangat keju lumer di dalam mulut. Sensasi itulah yang membuat orang yang memakannya merasa ketagihan sehingga merasa ingin lagi dan lagi.

Cimol keju acas nyemil sebagai penguhasa cimol keju yang bisa dikatakan sukses meraih kepercayaan publik. Fadil Jaidi adalah influencer yang sudah reorder berkali-kali.

  1. Dessert box

Makanan manis dengan berbagai toping dan rasa yang ditempatkan dalam sebuah kotak plastik. Dessert box perlu disimpan di dalam freezer sehingga masa ketahanan produk bisa bertahan lama. Bittersweet by najla merupakan salah satu pengusaha dessert box yang bisa disebut pengusaha sukses dan terkenal. Semua orang percaya dengan produk tersebut sampai para influencer percaya dengan kenikmatan dessert box dari bittersweet by najla.

  1. Cromboloni

Perpaduan makanan dari Prancis dan Italia ini merupakan makanan yang sedang viral. Cromboloni adalah gabungan kata dari Croissant dan Bomboloni. Cromboloni berbentuk bulat berlapis seperti croissant sehingga tekstur bagian luarnya renyah. Sedangkan tekstur bagian dalamnya lembut dan berisikan krim yang lumer dan manis. Monsieur Spoon merupakan salah satu french bakery-café yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Kehadiran cromboloni membuat Monsieur Spoon kedatangan konsumen dengan antrian yang sangat panjang dan menjadi booming sampai saat ini.

  1. Sambal Rumahan

Orang Indonesia mayoritas sangat menyukai sambal. Jadi, usaha sambal bisa menjadi ide jualan makanan rumahan yang potensial. Membuat aneka sambal nusantara, kemudian dikemas dalam bentuk botol literan hingga botol kecil.

Nyambel idn sebagai contoh pengusaha sambal nusantara yang sempat di review oleh tasya farasya. Namun, itu bisa menjadi salah satu strategi marketing yang digunakan. Dengan begitu, engagement seperti comment, like, dan impresi bisa lebih maksimal.

  1. Rice Box

Hidangan yang menyajikan nasi sebagai menu utamanya lalu ditambah dengan berbagai macam lauk untuk menciptakan hidangan lezat. Kemasannya yang menarik, rice box juga banyak digemari karena kepraktisannya.

Kegiatan branding yang dilakukan secara gencar, menjadikan bisnis rice box suatu tren yang sangat menguntungkan. Jika variasi menu ada banyak, sebaiknya mempromosikannya melalui website. Caranya dengan menampilkan brosur online di website.

Contoh: Eatlah merupakan usaha rice box yang mempunyai website. Tersedia juga daftar menu online yang sudah dilengkapi harga sehingga dapat memudahkan pelanggan untuk sekedar membandingkan atau menentukan pilihan menu.

  1. Hampers Kue Kering

Bisa dibilang ide bisnis makanan ini jadi usaha paling laris saat ini. Memberi hampers sedang tren untuk hari ulang tahun hingga hari besar keagamaan. Pilihan kue yang dihadirkan beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan. Tekstur kue lembut karena digunakannya butter dan telur pada saat pembuatannya.

Cukup memajang pilihan paket di website jadi, calon konsumen tidak perlu datang ke rumah untuk menentukan isian hampers seperti PandÓr bakery. Website PandÓr bakery menyediakan halaman produk khusus hampers. Menampilkan foto produk berbagai paket hampers dengan sejelas mungkin. Tujuannya agar pelanggan mudah melihat isian hampers.

  1. Onigiri

Onigiri adalah makanan asal Jepang berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat lalu dibentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Secara tradisional, onigiri diisi dengan acar, salmon asin, katsuobushi, kombu, tarako dan sebagainya. Tapi untuk menyamakan lidah Indonesia, isian onigiri bisa berupa spicy chicken mayonnaise dan tuna mayonnaise.

Sudah terbukti onigiri sudah diterima di Indonesia karena sudah terjual di berbagai supermarket. Selain itu onigiri adalah solusi bagi Anda yang tidak mau ribet atau terburu-buru karena mudah dibawa-bawa dan dimakan dengan tangan.

  1. Masakan Rumahan Frozen

Ketika pekerjaan semakin padat, banyak orang yang tidak sempat memasak. Dengan begitu usaha ini adalah solusi untuk mereka yang tidak mempunyai waktu untuk memasak. Mengemas masakan rumahan Anda dalam keadaan beku. Kemudian, pelanggan cukup memanaskan masakan di microwave dan menyantapnya. Mudah, cepat dan simple.

Contohnya seperti website Laukita. Usahanya dijual melalui website. Karena bisa membuat katalog produk dengan label tertentu. Hal ini akan memudahkan pelanggan memilih jenis masakan berdasarkan kemasannya.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here