Ingin bangun usaha yang kekinian tapi juga jangka panjang? Usaha di bidang digital bisa jadi jawabannya!

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah bisnis tercanggih saat ini yang terus berkembang setiap tahun dan semakin lama akan meningkat tajam. Bisnis digital menggunakan teknologi sebagai keunggulan dalam operasi internal dan eksternal. Teknologi informasi telah mengubah infrastruktur dan operasi bisnis sejak internet menjadi tersedia secara luas untuk bisnis dan individu. Hampir semua bidang kehidupan kini menggunakan internet. Tidak heran jika banyak peluang usaha pada bidang digital.

Perkembangan bisnis digital di Indonesia saat ini begitu cepat, sehingga mengharuskan setiap pemilik usaha untuk mampu beradaptasi dan menemukan peluang baru untuk pertumbuhan bisnisnya. Dalam prosesnya, terdapat banyak sekali contoh bisnis digital yang telah terbukti memiliki omset yang sangat menggiurkan.

Ide Bisnis Digital Paling Update dan Menguntungkan

Berikut ini akan kami bagikan ide bisnis digital yang bisa Anda coba, antara lain:

  1. Berjualan di E-commerce atau Marketplace

Marketplace adalah suatu platform yang berperan sebagai perantara penjual dan pembeli dalam melakukan proses jual-beli secara online. Pasar daring ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori, dan fitur yang lainnya.

E-commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya.

Seringkali, orang menyamakan bahwa e-commerce adalah marketplace. Padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda. Marketplace sendiri merupakan salah satu model dari e-commerce. Secara spesifik, marketplace adalah platform tempat bertemunya atau perantara antara penjual dan pembeli. Perusahaan-perusahaan marketplace di Indonesia antara lain Shopee, Lazada,Tokopedia, Blibi, OLX, dan sebagainya.

  1. Menjalankan Bisnis Afiliasi Melalui Affiliate Marketing

Afiliasi adalah kegiatan memasarkan barang atau jasa orang lain baik individu maupun perusahaan dengan imbalan berupa komisi. Caranya menjalankan bisnis afiliasi ini pun tergolong mudah, di mana Anda hanya perlu mendaftar pada sebuah program afiliasi hingga kemudian mendapatkan kode referral atau tautan khusus. Selanjutnya, Anda bisa memasarkan produk tersebut di berbagai media seperti media sosial dan website.

  1. Menjadi Content Creator (Blogger, YouTuber atau Podcaster)

Menjadi konten kreator Blogger, YouTuber atau Podcaster sangat direkomendasikan untuk Anda, karena kini semua orang memiliki smartphone yang digunakan untuk merekam konten. Berprofesi menjadi YouTuber & Podcaster memiliki peluang yang besar untuk sukses. Kuncinya adalah selalu konsisten dalam menyediakan konten yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang.

  1. Konsultan Bisnis dan Digital Marketing

Seorang konsultan pemasaran digital mempelajari model bisnis perusahaan Anda untuk mempertimbangkan potensi pasar yang ada. Kemudian mereka akan merumuskan strategi pemasaran yang harus berhasil untuk merek tersebut, yang memungkinkan untuk mencapai tujuan client digital marketing mereka.

  1. Menjadi Reseller & Dropshipper

Peluang bisnis sebagai reseller ataupun dropshipper memang sudah ada sejak lama. Bedanya, kini dunia digital sudah berkembang dan mempermudah Anda dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan ataupun supplier. Anda dapat dengan mudah membangun bisnis digital hanya bermodalkan smartphone, lalu mempromosikan produk-produk tersebut melalui internet baik dengan teknik organik ataupun berbayar.

  1. Pembuatan Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile adalah suatu aplikasi yang dibuat untuk perangkat-perangkat bergerak (Mobile) seperti smartphone, smartwatch, tablet dan lainnya.

Perangkat lunak dari aplikasi merupakan hasil pemrograman mobile yang terancang dari bahasa pemrograman tertentu. Banyak keunggulan yang didapatkan saat menggunakan aplikasi mobile.

  1. Online Learning dan Online Teaching

Menjadi Online Learning dan Online Teaching merupakan hal menarik yang dapat dilakukan dengan kemampuan dalam bidang digital, Anda dapat mendatangkan banyak keuntungan yang menjanjikan.

Aspek yang dapat digunakan sebagai Online Learning dan Online Teaching antara lain mengajarkan kelas bahasa asing, desain grafis, kelas menulis maupun yang lainnya.

  1. Menulis Konten Digital

Anda memiliki keahlian menulis? Dengan ide usaha jasa tersebut, Anda bisa menghasilkan banyak uang di era digital saat ini.

Banyak sekali website yang bersedia membayar Anda untuk sebuah tulisan yang berkualitas.

Tugasnya menulis artikel dan mempublikasikannya di website. Dengan memilih pekerjaan ini, Anda dapat menjadi seorang penulis yang menulis konten berita maupun artikel di laman media sosial. Wawasan akan semakin bertambah sebab Anda akan dituntut untuk selalu mencari tahu dan membaca banyak hal sebagai referensi untuk bahan tulisan. Selain itu, Anda juga harus bisa membuat tulisan yang menarik dengan tata bahasa yang benar.

Saat ini, menjalankan bisnis digital di Indonesia sangatlah berpeluang besar untuk mendapatkan banyak pemasukan. Terdapat banyak ide bisnis yang sudah kami sampaikan seperti di atas sebagai bahan pertimbangan. Tentunya, Anda bisa menemukan bisnis digital yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Apa Pentingnya Belajar Bisnis Digital?

  • Hampir Seluruh Aktivitas Masyarakat Tidak Terlepas dari Internet & Teknologi

Kebanyakan orang yang berada dalam usia produktif tidak lepas dari jangkauan teknologi digital. Mulai dari komunikasi dengan teman atau keluarga, mencari berita, membeli barang, bahkan memesan makanan semuanya bisa terwujudkan hanya dengan menggunakan internet. Di dunia digital, hampir setiap platform memiliki iklan di dalamnya, contohnya seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Anda juga bisa memanfaatkan platform tersebut untuk menguasai pasar sekaligus menawarkan produk/layanan yang Anda miliki.

  • Belajar Bisnis Digital Sangalah Mudah untuk Dilakukan

Mempelajari bisnis digital khususnya digital marketing tidaklah sesulit seperti apa yang Anda bayangkan. Ada banyak tutorial dan strategi yang dapat Anda pilih dalam proses belajar, dan tentunya harus sejalan dengan bisnis Anda. Misalnya, bisnis Anda bergerak pada bidang industri fashion yang mengutamakan tampilan visual, maka Anda dapat mempelajari bagaimana cara mengoptimasi media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, ataupun Facebook.

  • Bisnis Digital mudah untuk dijalankan

Anda dapat langsung mempraktikkannya di smartphone ataupun laptop, baik untuk menulis kata-kata promosi, menulis artikel website, membuat konten, bahkan memasang iklan. Selain itu, Anda juga dapat mengukur performa dari hasil implementasi karena berbagai fitur untuk membaca data wawasan yang telah tersedia pada masing-masing platform.

  • Peluang Bisnis dan Karir yang Menjanjikan di Masa Depan

Hal ini akan menjadi angi segar, bagi Anda yang tengah merintis bisnis atau meniti karir sebagai seorang ahli digital marketing untuk bisnis digital. Kehadiran bisnis di dunia digital tentu akan menjadi investasi yang sangat layak di masa mendatang, khususnya dalam hal Branding. Anda juga dapat meningkatkan berbagai skill digital marketing seperti Social Media Specialist, SEO Specialist, Digital Advertising Specialist, Content Marketing Strategist, dan lain-lain yang nantinya akan dibutuhkan di mana saja.

Pada akhirnya menjalankan bisnis digital di Indonesia sangat berpeluang untuk mendapat kunci sukses. Kunci meraih sukses adalah tentang bagaimana Anda melakukan pemasaran dan mengatur aktivitas digital marketing dalam bisnis. Sehingga nilai bisnis bisa semakin meningkat.

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan untuk belajar bisnis, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here