Apa itu Etiket Gambar Teknik?

Etiket gambar teknik merupakan suatu bagian pada gambar yang memuat beberapa keterangan teknis tentang suatu gambar. Keterangan itu misalnya, judul gambar, orang yang menggambar, orang yang menyetujui, nama perusahaan, ukuran kertas, skala gambar, dan lain-lain.

Stuklis atau kop gambar merupakan nama lain dari etiket gambar. Walaupun ada beberapa istilah dalam penyebutanya, namun semuanya mempunyai makna yang sama.

Dalam proses pembuatan gambar, seorang drafter wajib untuk membuat etiket supaya gambar bersifat resmi dan dapat memuat informasi dengan lebih jelas. Karena tanpa adanya etiket, pembaca akan merasa kesulitan pada saat membaca gambar.

Pada umumnya etiket ini terletak pada pojok kanan bawah kertas gambar dengan ukuran menyesuaikan ukuran kertas, jenis informasi dan keterangan apa saja yang tercantum.

Apa Fungsi dari Etiket Gambar Teknik?

Fungsi etiket gambar teknik adalah untuk memberikan data dan informasi yang lebih detail dari suatu gambar. Etiket dapat membantu orang lapangan dalam membaca gambar, dengan memberinya informasi detail yang cukup mengenai gambar yang tersaji.

Apa Saja Bagian-Bagian Etiket Gambar ?

Bagian-bagian atau komponen pada etiket gambar ada beberapa macam. Etiket gambar terdiri dari beberapa bagian, seperti nama drafter, judul gambar, nama perusahaan atau lembaga, tanggal pembuatan gambar, nama pemeriksa, proyeksi gambar, satuan gambar, skala, nomor dan catatan tambahan lainnya.

Berikut ini adalah bagian-bagian etiket gambar beserta fungsinya:
  1. Nama Pembuat Gambar

Bagian ini berfungsi untuk memberi keterangan nama orang yang menggambar.

  1. Judul Gambar

Judul gambar mempunyai fungsi untuk memberikan info tentang nama bagian model yang tergambar, misalnya tampak depan, tampak samping, detail A, dll.

  1. Nama Perusahaan atau Lembaga

Nama perusahaan atau lembaga sebagai sisi dari kepala gambar atau etiket gambar yang mempunyai fungsi untuk memberi info tentang perusahaan atau lembaga yang membuat gambar itu.

  1. Tanggal Gambar

Tanggal gambar berfungsi untuk memberikan keterangan waktu pembuatan gambar.

  1. Pemeriksa Gambar

Bagian ini berisi nama orang yang bertugas sebagai pemeriksa gambar.

  1. Proyeksi gambar

Berisi tentang informasi mengenai jenis proyeksi apa yang digunakan oleh pembuat gambar dalam menampilkan gambar yang dibuat. Misalnya proseksi Amerika, atau proyeksi Eropa.

  1. Satuan Gambar

Satuan gambar memberikan informasi satuan yang terpakai dalam pembuatan gambar. Misalnya ukuran gambar menggunakan satuan centimeter (cm) atau millimeter (mm).

  1. Skala Gambar

Bagian ini berfungsi untuk menunjukkan skala yang digunakan dalam pembuatan gambar. Misalnya 1:5, 1:10,1:20, 5:1, 10:1, dsb.

  1. Nomor Gambar

Nomor gambar memberikan keterangan nomor sesuai dengan ketentuan pada gambar.

  1. Keterangan Lain Sesuai Kebutuhan Lapangan

Bagian keterangan lain ini dapat ditambahkan untuk menambah informasi lain yang bermanfaat bagi pembaca gambar. Misalnya, ukuran kertas, halaman gambar, toleransi ukuran, bahan, dan lain-lain.

Pada beberapa bentuk etiket gambar mungkin terdapat keterangan-keterangan lain yang tidak tercantumkan pada penjelasan di atas. Hal itu tidaklah masalah, karena untuk komponen etiket gambar itu menyesuaikan dengan kebutuhan gambar masing-masing.

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan gambar teknik dengan menggunakan AutoCAD, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here