Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa saat ini kita telah masuk di era digital, yang mana seluruh kegiatan bisa kita lakukan dengan cara yang sangat canggih.

Pengertian umum era digital adalah suatu era atau zaman yang sudah mengalami kondisi perkembangan kemajuan dalam ranah kehidupan ke arah yang serba digital.

Perkembangan era digital pun terus berjalan cepat dan tidak bisa dihentikan oleh manusia. Kenapa? Karena sebenarnya kita sendirilah yang menuntut dan meminta berbagai hal menjadi lebih efisien dan lebih praktis. Tentunya hal ini juga akan diiringi dengan dampak negatif maupun positif.

Lantas, apa itu era digital? Perkembangan apa saja yang terdapat di dalam era digital? Dan apa saja dampak yang ditimbulkan dari era digital? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang era digital di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Era Digital

Jika membahas masalah pengertian era digital, mungkin Anda akan kebingungan karena tidak ada keterkaitannya dengan ilmu pengetahuan.

Bahkan bisa dikatakan tidak ada pengertian era digital menurut para ahli. Karena alur perkembangannya berjalan begitu saja sesuai tuntutan zaman.

Secara umum, era digital adalah suatu kondisi kehidupan atau zaman dimana semua kegiatan yang mendukung kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi.

Bisa juga dikatakan bahwa era digital hadir untuk menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar jadi lebih praktis dan modern.

Untuk menghadapinya Anda perlu menyiapkan bisnis plan yang matang.

Bersama dengan semakin banyaknya teknologi baru yang dikenalkan kepada masyarakat, maka beberapa teknologi masa lalu otomatis akan ditinggalkan.

Sehingga ada sebuah perkembangan teknologi di era digital yang terus berjalan. Berikut ini perkembangannya:

  • Bidang Komunikasi

Ketika kita membahas tentang digitalisasi, maka bidang komunikasi adalah bidang yang mengalami perkembangan paling cepat.

Pada masa lalu, untuk bisa terhubung dengan orang lain yang berbeda tempat harus menggunakan handphone dengan mengandalkan komunikasi antar kartu SIM.

Kemudian perkembangan komunikasi di era digital mulai terjadi dengan hadirnya smartphone yang memiliki fitur sangat canggih.

Salah satu bagian yang paling utama adalah fungsi internet yang menjadi jauh lebih maksimal dan dimanfaatkan untuk komunikasi agar terhubung dengan orang lain.

Bahkan Anda juga sudah bisa berkomunikasi daring lewat video call yang pada zaman handphone biasa belum bisa dilakukan sama sekali.

  • Aplikasi Untuk Berbisnis

Perkembangan lain yang mulai masif adalah penggunaan aplikasi untuk berbisnis.

Teknologi digital membuat perusahaan menjadi lebih mudah untuk menjangkau konsumen.

Berbeda dengan masa lalu yang sangat sulit sekali mengenalkan produk mereka ke konsumen.

Dampaknya bagi pengusaha yang tidak siap dengan era digital, maka otomatis akan mulai ketinggalan zaman. Mau tidak mau semua harus beralih ke teknologi digital.

  • Finansial Teknologi

Perkembangan sektor keuangan juga terlihat dalam beberapa tahun terakhir, ketika semakin banyaknya penyedia dompet digital.

Perkembangan yang satu ini masih memiliki keterkaitan dengan bisnis yang berbasis aplikasi.

Sebab fintech juga sangat mengandalkan aplikasi untuk memberikan pelayanan kepada para penggunanya.

Anda bisa melakukan transaksi hanya dengan menggunakan smartphone tanpa harus keluar rumah.

  • E-Commerce

Perkembangan lain yang sangat mendongkrak perekonomian adalah kehadiran E-Commerce.

Ini merupakan sebuah layanan penyedia produk dan barang dengan cara online lewat sebuah aplikasi atau website secara digital.

Anda tidak perlu lagi pergi ke Mall untuk membeli barang, karena sekarang bisa membeli langsung lewat smartphone.

Sebenarnya ini juga membantu para penjual untuk meningkatkan pembelian mereka.

Dampak Positif Perkembangan Era Digitalisasi Di Kehidupan Manusia

Setelah mengalami berbagai perkembangan digitalisasi, tentunya Anda bisa merasakan dampak dari era digitalisasi ini. Kenyamanan serta kemudahan adalah salah satu dampak yang selama ini Anda rasakan. Berikut beberapa dampak positif era digitalisasi:

  • Memberikan kemudahan untuk mengakses suatu informasi dan menyebarkannya.
  • Menjadi hiburan dengan melihat media social, seperti Instragam, Tik Tok, Twitter, You Tube, dan lainnya
  • Penghubung komunikasi untuk seluruh orang di berbagai penjuru dunia, seperti WhatsApp, LINE, dan sebagainya
  • Memajukan dunia Pendidikan karena melalui akses internet, siswa bisa mengakses pengetahuan serta wawasan dengan mudah.

Mendidik Anak Di Era Digital

Ketika sudah paham apa itu era digital, Anda juga dituntun mendidik anak dengan baik. Sebab banyak hal negatif yang bisa terjadi.

Berikut ini cara mendidiknya:

  1. Memberi Batasan

Untuk bisa mendidik anak dengan baik di era digital ini, berikanlah batas maksimal penggunaan smartphone.

Setiap orang tua memiliki peraturan yang berbeda dan biasanya selama 2 jam sehari.

Tapi jika untuk belajar, Anda bisa mengawasinya agar tidak salah penggunaan.

  1. Mendampingi

Era digital membuat Anda lebih mudah mengakses semua hal termasuk konten-konten terlarang.

Anak-anak juga berpeluang mengaksesnya jika Anda tidak rajin melakukan pendampingan.

Bahkan disarankan selalu mendampingi anak ketika sedang memainkan smartphone. Cara ini juga akan meningkatkan kedekatan Anda dengan anak.

  1. Komunikasi Langsung

Didiklah anak agar selalu terbuka terhadap semua hal termasuk ketika menggunakan smartphone.

Anda juga harus selalu memberikan kenyamanan kepada anak agar mereka mau berbicara jujur dan terbuka tanpa takut.

Hal ini membuat pengawasan di era digital lebih baik lagi.

Anda juga bisa menyampaikan hal-hal yang tidak baik dan melanggar moral kepada anak agar mereka bisa menjaga diri.

Perilaku Konsumen Di Era Digital

  1. Kebutuhan Produk Berkualitas Meningkat

Era digital membuat konsumen akan lebih mudah mendapatkan informasi dari suatu produk.

Secara otomatis mereka juga menginginkan produk yang berkualitas dengan cara membandingkannya lewat internet.

Oleh karena itu Anda harus mampu memberi produk yang berkualitas kepada konsumen.

2.Tuntutan Pemesanan dan Pembayaran yang Mudah

Era digital membuat para konsumen menginginkan cara pemesanan dan pembayaran yang mudah.

Sebab mereka juga ingin cara yang efisien dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk melakukan pembelian suatu produk.

3.Tidak Ingin Ketinggalan Tren

Perilaku selanjutnya konsumen akan terus mengikuti tren yang sedang berlaku. Perilaku ini akan memudahkan Anda untuk mencari apa yang diinginkan konsumen.

Era digital adalah kondisi zaman yang sudah tidak bisa lagi dihentikan. Karena masyarakat sendiri juga menuntut sesuatu yang lebih canggih. Meskipun ada beberapa dampak dibaliknya.

Bagaimana Cara Menghadapi Era Digital

Era digitalisasi saat ini memiliki perkembangan dengan tempo yang cukup cepat. Jika Anda mengikuti perkembangan smartphone, tentunya Anda tahu bagaimana cepatnya pembaruan yang terjadi dalam kurun waktu beberapa bulan. Lalu, bagaimanakah cara menghadapi era digitalisasi ini? Berikut penjelasannya.

  1. Manfaatkan data untuk keuntungan pelanggan

Memanfaatkan data akan membuat sebuah kesempatan yang bagus untuk memulai peluang bagi perusahaan Anda. Pelanggan akan sukarela memberikan informasi pribadi mereka jika terdapat sesuatu hal bermanfaat yang bisa mereka rasakan.

Selama pihak perusahaan bersikap transparan tenteang data pelanggan serta memberikan penghargaan yang baik. Pada era digitalisasi sekarang informasi adalah segala-galanya.

  1. Berikan pelatihan pada tim Anda

Semua orang berpikir jika segala hal akan tergantikan oleh digital. Namun ketrampilan dari setiap individu tidak bisa digantikan oleh AI. Maka diperlukan pelatihan untuk tim Anda agar mencapai persyaratan tertentu.

  1. Tingkatkan pengalaman pelanggan

Saat ini kebutuhan dari setiap pelanggan sangat banyak pilihannya. Jika Anda lihat pada internet, ketika mencari satu barang akan muncul banyak pilihan yang ditawarkan.

Dan pelanggan pastinya akan memilih produk yang dapat memuaskan serta memudahkan mereka. Maka dari itu tugas perusahaan harus jeli dengan kebutuhan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi.

Kesimpulan

Era digitalisasi adalah zaman dimana segala sesuatu serba digital. Semua hal dapat Anda lakukan dengan bantuan teknologi canggih serta akses internet yang dapat Anda gunakan di mana pun dan kapan pun. Kemajuan peradaban manusia dapat terlihat juga melalui kemajuan teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here