Di era digital ini, banyak perusahaan sudah berpindah dari marketing tradisional ke dunia digital.

Ini tentu tak mengherankan karena digital marketing memang unggul dari segi biaya dan kemudahan dibanding pemasaran tradisional.

Itulah kenapa profesi digital marketer semakin banyak digandrungi oleh masyarakat.

Digital Marketer

Digital Marketer adalah seseorang yang melakukan aktivitas menjual produk dan layanan melalui berbagai platform di internet agar memudahkan pengguna atau audience untuk mendapatkan informasi produk atau jasa yang ditawarkan.

Sedangkan Digital Marketing adalah aktivitas menjual produk dan layanan melalui saluran atau platform di internet.  Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai channel digital seperti social media, website, mesin pencariemail, display advertising, serta blog dan masih banyak lagi.

Maka dari itu seorang digital marketer perlu menguasai berbagai keterampilan dan tools yang relevan sehingga produk atau jasa yang dipasarkan dapat terlihat oleh konsumen.

Tujuan utama dari digital marketing adalah untuk menjangkau pengguna yang aktif di dunia digital dengan lebih cepat, tepat, efektif, serta efisien.

Skill Digital Marketer yang Wajib Dimiliki

Skill pertama yang harus dikuasai oleh digital marketer adalah kemampuan membuat berbagai jenis konten.

Hal ini penting karena content adalah strategi pemasaran digital yang cukup efektif dan paling banyak digunakan. Selanjutnya, Anda akan membuat dan mendistribusikan konten, seperti artikel blog, postingan media sosial, dan ebook secara rutin.

Seorang digital marketer perlu tahu cara membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Jika konsumen sudah tertarik dengan konten yang Anda tawarkan, pastikan konten Anda mampu mendorong target pasar untuk menjadi konsumen.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka content marketing ini harus dilakukan secara konsisten seiring dengan peningkatan kualitas konten.

Website adalah platform terbaik untuk digital marketer melakukan tugas digital marketing. SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketing) adalah dua skill digital marketer yang penting untuk mendapatkan traffic atau jumlah pengunjung website.

Oleh karena itu, seorang digital marketer harus mampu membuat websitenya menjadi yang teratas di pencarian Google dengan keahlian SEO dan SEM.

Semakin banyak pengunjung yang relevan dengan website yang Anda buat, semakin mudah untuk merayu mereka agar membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

SEO dan SEM memiliki fokus yang berbeda.

SEO menggunakan teknik tertentu agar website berada di hasil pencarian karena sesuai kebutuhan pembaca. Salah satunya, menggunakan content marketing untuk membuat artikel menarik.

Sedangkan SEM menggunakan iklan berbayar untuk bisa mengenalkan website secara instan ke audiens. Karena itu, keterampilan riset keyword dan Google Ads adalah skill digital marketer yang penting ketika menggunakan SEM.

Media sosial dinilai paling ampuh untuk menjaring banyak audiens karena hampir setiap orang di berbagai rentang umur pasti memiliki media social.

Social Media Marketing merupakan upaya pemasaran melalui media social diberbagai platform. Digital marketer perlu melakukan riset audiens untuk menentukan platform yang paling tepat agar hasilnya lebih efektif.

Media sosial memudahkan Anda berhubungan dengan target audiens agar bisa membangun engagement dan kredibilitas. Selain itu juga media social bisa menjadi salah satu sarana efektif untuk mengarahkan traffic ke website.

  • Copywriting / Content Writer

Seorang digital marketer  wajib menguasai skill copywriting dan juga content writer, yaitu menjual produk lewat tulisan.Sekilas terlihat sama, namun content writer dan copywritermemiliki tugas yang berbeda. 

Content writer bertugas untuk membuat konten artikel alias tulisan dalam bentuk yang lebih panjang. Sementara itu, copywriter bertugas membuat kampanye iklan dan konten di media sosial.

Kuncinya adalah Anda harus memahami produk yang ingin dipasarkan dan kebutuhan target audiens agar tepat sasaran pada target audiens

Ada banyak trik copywriting untuk meyakinkan audiens . Salah satunya adalah AIDA (AttentionInterestDesireAction). Pertama Anda akan membahas kebutuhan audiens, menunjukkan manfaat produk sesuai kebutuhan mereka, mengajak mereka menggunakan produk Anda.

  • Analytics dan Analisis Data

Salah satu keunggulan digital marketing adalah kemudahan untuk menganalisis data hasil pemasaran. Seorang digital marketer wajib punya skill analisis data agar bisa meningkatkan kinerja pemasaran dengan lebih tepat sasaran.

Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak tools analytics dan analisis data yang bisa digunakan. Contohnya, Google Analytic

Dengan Google Analytics, banyak jenis data yang bisa ditampilkan, termasuk jumlah pengunjung website, asalnya, dan halaman apa saja yang dikunjungi.

Google Analytics tidak terbatas untuk website saja, tapi bisa juga untuk campaign iklan media sosial dan lainnya.

  • Conversion Rate Optimization

Conversion rate adalah prosentase banyaknya produk terjual dibanding jumlah pengunjung. Jadi, kalau dari 1000 pengunjung yang datang, hanya 20 produk terjual, maka conversion rate-nya adalah 2 persen.

Dengan conversion rate, Anda bisa tahu efektif/tidaknya penjualan Anda. Terutama, kalau dibandingkan dengan kompetitor.

  • Marketing Automation

Tools marketing automatinon mempermudah job desk digital marketing dengan mengotomatisasi proses yang harus Anda lakukan berulang kali. Misalnya, tools email marketing bisa Anda atur untuk mengirimkan email selamat datang kepada pengunjung website yang baru saja membuat akun.

Tools marketing automation ada banyak, baik yang gratis maupun berbayar. Mailchimp, HubSpot, dan Buffer adalah beberapa contohn

  • Project Management

Skill project management sangat dibutuhkan oleh seorang digital marketer. Sebab, tugas-tugas Anda melibatkan banyak pihak.

Contohnya, untuk menjalankan content marketing di blog, setidaknya Anda butuh copywriter, editor konten, dan desainer. Tanpa kemampuan untuk mengelola tim dan proyek, kolaborasi bisa kurang berjalan baik dan upaya content marketing bisa terganggu.

  • KOL (Key Opinion Leader) Specialist

KOL Specialist adalah  orang atau pihak yang memiliki status sosial yang kuat dengan pengaruh yang besar. Di mana rekomendasi dan pendapat yang mereka berikan dapat memengaruhi orang lain dengan kredibilitas dan personal branding yang mereka miliki.

Dalam marketing, KOL banyak digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan menjangkau lebih banyak audiens di pasaran. Selain itu, KOL juga digunakan perusahaan untuk mendapatkan kredibilitas merek melalui pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut.

Affiliate Marketing yaitu metode pemasaran dimana seseorang akan mempromosikan dan juga menjual produk tertentu dan akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk tersebut. Strategi dari affiliate marketing ini bertanggung jawab pada pemasaran produk.

Jasa afiliasi berfungsi  untuk membantu memasarkan produk kepada calon pembeli. Salah satu bentuk affiliate marketing yang sedang populer saat ini adalah Endorsement dan Paid Promote.

  • Digital Marketing Consultant

Untuk menjadi seorang digital marketing consultant diperlukan pengalaman bekerja serta memiliki skill set dalam beberapa bidang digital marketing agar bisa maksimal dalam bekerja. Jam terbang juga mempengaruhi kinerja seseorang . Tugas seorang digital marketing consultant adalah menganalisis campaign digital suatu perusahaan dan merancang strategi jitu untuk mengembangkannya.

  • PPC (Pay-per-Click) Specialist

Ketika kita sedang berselancar di internet maka kita akan sering menjumpai iklan. Itu merupakan salah satu campaign marketing yang biasa dilakukan oleh digital marketer.

Seorang PPC Specialist bertugas untuk merencanakan strategi iklan secara digital dan memantau campaign iklan yang sedang dijalankan. Serta memiliki tanggung jawab dalam membuat strategi pemasaran, hingga evaluasi dampak dari iklan yang sudah dibuat.

Nah, setelah mengetahui skill yang dibutuhkan oleh seorang Digital Marketer, Anda juga perlu tahu bagaimana seorang Digital Marketer memasarkan produknya. Anda bisa membuka artikel kami Cara Membuat dan Menjual Produk Digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here