Cara Setting Koordinat di AutoCAD – Sebelum mengoperasikan aplikasi Autocad  kita harus mengerti tentang sistem koordinat terlebih dahulu agar memudahkan kita dalam membuat objek di aplikasi Autocad. Sebab aplikasi autocad menentukan akurasi gambar secara mendetail untuk membuat suatu objek.

Saat membuat objek menggunakan AutoCAD, sering kali kita harus menentukan berbagai macam titik (point). Sebagai contoh, saat menjalankan perintah LINE, kita harus menentukan first point dan next point. Kemudian saat menjalankan perintah MOVE, kita harus menentukan base point dan second point. Untuk menentukan titik-titik diatas ada yang bisa kita klik sembarang di lembar kerja (worksheet) dan ada juga yang harus kita tentukan koordinat spesifiknya.

Dari gambar di atas kita tahu bahwa arah kanan adalah sumbu X positif, kiri X negatif, atas Y positif dan bawah Y negatif. Sistem koordinat adalah sistem yang kita gunakan untuk menentukan titik koordinat secara spesifik pada sumbu X, Y dan Z. Kita bisa mengetahui arah sumbu X, Y dan Z dengan melihat UCS Icon di layar kerja AutoCAD. Untuk gambar 3D, UCS icon menunjukkan sumbu X, Y dan Z. Sedangkan untuk gambar 2D hanya ada sumbu X dan Y saja.

Tujuan menentukan koordinat titik secara spesifik adalah untuk menentukan arah garis, panjang garis, jarak perpindahan objek dan lain sebagainya. Ada 3 sistem koordinat untuk menentukan koordinat titik secara spesifik di dalam Autocad yaitu sistem koordinat Absolute, Relative, dan Polar. Ketiga sistem koordinat tersebut bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan.

  1. Sistem Koordinat Cartesius

Sistem koordinat cartesius terbagi menjadi dua yaitu Absolut dan Relatif

  • Koordinat Cartesius Absolut

Sistem Koordinate Cartesius Absolut ini digunakan sebagai acuan untuk membuat suatu garis atapun bidang dua dimensi (2D) yang mana titik origin (0,0) menjadi titik acuan pembuatan garis, sedangkan sumbu X dan sumbu Y menjadi tolak ukur panjang garis ataupun bidang yang hendak kita buat. Rumus menggunakan koordinat ini ialah  ( x,y ). Nilai koordinat x dan y di pisahkan dengan tanda koma (,) bukan tanda titik (.).

  • Koordinat Cartesius Relatif

Sistem Koordinat Cartesius Releatif ini menggunakan titik origin sebagai acuan pembuatan garis ataupun bidang 2D hanya pada awal saja. Sedangkan untuk membuat garis yang kedua atau berikutnya yaitu titik akhir garis yang pertama sebagai acuannya. Rumus koordinat ini ialah (@x,y). Perlu diketahui bahwa sistem koordinat polar ini tidak bisa digunakan  untuk menentukan titik pertama.

 

  1. Sistem Koordinat Polar

Sistem koordinat polar ini berfungsi untuk membuat dan menghitung suatu garis ataupun bidang yang memiliki panjang dan sudut, yang mana titik awalnya ialah titik origin, sedang titik awal selanjutnya ialah titik terakhir dari garis yang kita buat. Rumus dari koordinat polar ini ialah ( @panjang<sudut ).

Sebagai contoh, saya akan membuat suatu bidang jajar genjang seperti gambar dibawah ini:

Dari contoh gambar di atas maka perintah yang saya ketikan di command adalah sebagai berikut:

  • ” LINE – LINE Specify first point ; 0,0 ” kemudian tekan Enter, selanjutnya
  • “ @5<45 “     kemudian tekan Enter, selanjutnya
  • “ @10<0 “     kemudian tekan Enter, selanjutnya
  • “ @5<225 “   kemudian tekan Enter, selanjutnya
  • “ @10<180 “ kemudian tekan Enter

Dalam gambar angka 1 saya ibaratkan 5, 2 diibaratkan 10  dan seterusnya. Sedangkan maksud dari perintah 45, 0, 225, dan 180 ini adalah derajatnya.

Dalam Autocad, arah sudut bergerak berlawanan dengan arah jarum jam. Sudut 0° dimulai dari arah kanan pada garis horizontal. Lihat ilustrasi perubahan arah sudut di bawah ini:

Jika ingin membuat garis dengan kemiringan 135° ke arah kiri bawah, kita bisa memasukkan rumus @100<225°, atau bisa juga menulis nilai kemiringan garis dengan nilai minus, misalnya @100<-135°.

Demikian penjelasan tentang Sistem Koordinat pada Autocad semoga bermanfaat, dan tetap semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here