Tidak ada cara instan untuk bisa mengoperasikan AutoCAD dengan cepat, tetapi dengan mempelajarinya dan berlatih secara terus-menerus bisa membuat Anda menjadi terbiasa.

Hal-hal yang perlu dipelajari untuk dapat mengoperasikan AutoCad secara cepat:

  1. Kuasai Program Office atau Windows Terlebih Dahulu

Anda perlu belajar cara dasar mengoperasikan komputer. Hal ini akan membantu proses belajar AutoCAD Anda secara otodidak. Karena jika Anda belum cukup menguasainya, Anda akan banyak mengalami hambatan dalam proses belajar AutoCAD. Biasanya, hal ini akan dibahas dalam program kelas Windows Office. Jadi persiapkan diri anda untuk menguasai cara pengoperasian windows tingkat dasar sebelum anda mempelajari AutoCAD.

  1. Memahami Kinerja Mouse pada AutoCAD

Fungsi mouse pada AutoCAD sangatlah penting karena Anda tidak akan bisa menggambar tanpa menggunakan mouse. Anda bisa menggambar  AutoCAD hanya menggunakan touch pad pada laptop, tetapi akan sangat lambat dan tentu tidak efektif.

Untuk itu Anda perlu berlatih menggunakan mouse yang nyaman di tangan untuk membantu memperlancar proses belajar Anda.

  1. Mengenali Tampilan AutoCAD

Langkah ketiga dalam belajar AutoCAD secara otodidak adalah mengenali tampilan interface. Dengan mengenali tampilan interface atau tampilan antar muka, Anda akan dapat mudah memahami/mengenali perintah-perintah atau tool yang ada.

Selain tampilan, pelajari juga bagaimana menavigasi gambar. Navigasi gambar meliputi cara zoom in, zoom out, pan, dan zoom extend. Pasalnya ada beberapa detail yang harus di gambar dengan ukuran kecil.

  1. Mempelajari Nama Tools Beserta Cara Menjalankannya

Anda harus mengetahui dan menghafalkan semua peralatan yang akan dibutuhkan untuk menggambar. AutoCAD telah menyediakan banyak tools yang dapat kita manfaatkan untuk menggambar. Cara mudah untuk menghafalkan nama-nama tools beserta cara menjalankannya adalah dengan melakukan latihan gambar secara terus-menerus. Dengan begitu Anda akan cepat dalam menghafalkannya.

  1. Mempelajari Koordinat dan Dimensi Gambar

Mengetahui koordinat dan dimensi gambar penting untuk Anda pelajari. Dalam menggambar teknik, koordinat dan ukuran gambar sangat krusial. Karena hal tersebut mempengaruhi kepresisian gambar.

Gambar yang presisi artinya sesuai dengan pengukuran dan koordinat yang ditentukan. Gambar AutoCAD wajib mencantumkan dimensi dan keterangan gambar. Hal ini untuk mempermudah siapa pun dalam membaca gambar.

  1. Membiasakan Diri Untuk Berlatih

Membiasakan diri untuk berlatih secara terus-menerus merupakan trik dan tips sukses dalam menggambar cepat dengan AutoCAD. Karena dengan kebiasaan menggambar akan membuat tangan Anda semakin mudah untuk digerakkan serta tidak terasa kaku.

Kebiasaan para pemula, menggambar dengan AutoCAD hanya mengandalkan fungsi tool pada toolbar. Padahal jika kita membiasakan diri dan selalu belajar, lama kelamaan akan mendapatkan trik yang kita inginkan dalam menggambar.

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan gambar teknik dengan menggunakan AutoCAD, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline. Ribuan alumni AKMAKOM sudah bekerja di berbagai perusahaan baik swasta maupun BUMN. Andapun bisa seperti mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here