Ingin punya penghasilan tapi bingung mau usaha apa? Mau coba jualan tapi bingung karena banyaknya hal yang perlu dipertimbangkan.

Mulai dari cara membuat produknya, tempat penyimpanannya, hingga cara mengemas dan mengirimkan produknya.

Tenang, kami beri solusi untuk Anda yang ingin tetap punya penghasilan dengan cara yang lebih praktis.

Anda bisa mencoba menjual produk digital. Hanya dengan memasarkan produk digital di platform online seperti website dan media social Anda bisa membangun Passive Income. Waah menarik bukan..

Tapi gimana ya cara membuat dan menjual produk digital? Yuk simak informasi berikut.

Contoh Produk Digital

Secara sederhana, produk digital adalah produk yang tidak memiliki bentuk fisik bisa berbentuk dalam digital atau dalam bentuk jasa atau layanan. Meskipun begitu, manfaatnya bisa dirasakan melalui perangkat digital seperti smartphone, laptop, atau tablet.

Dibawah ini beberapa produk digital yang cukup popular:

  • Aplikasi

Jika Anda memiliki kemampuan mengembangkan aplikasi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang Anda buat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

  • Ebook

Salah satu produk digital yang banyak diminati adalah ebook, karena semua orang bisa membuatnya. Anda dapat menuangkan karya-karya tulis Anda dalam ebook serta dapat mempublikasikannya secara mandiri atau melalui penerbit.

  • Kursus Online

Kursus online menjadi salah satu produk digital yang berpotensial dengan semakin banyaknya orang yang mau belajar melalui internet. Anda dapat memanfaatkan berbagai platform untuk menjual ebook Anda seperti website atau platform kursus online.

  • Template Presentasi

Produk ini akan membantu orang-orang untuk membuat slide presentasi lebih menarik dan professional. Jika Anda memiliki skill dalam bifdang ini, pastikan template yang Anda buat fleksibel untuk digunakan di berbagai platform presentasi. Contoh Google Slides, Ms. Power Point hingga Adobe InDesign.

  • Foto

  • Software dan Game

  • Preset foto, dll.

Keunggulan Produk Digital

Saat ini jumlah pengguna internet terus melonjak dan ikut meningkatkan jumlah penjualan di platform digital. Itulah sebabnya semakin banyak pebisnis yang tertarik dengan pasar digital.

Berikut keunggulan produk digital :

  1. Tidak ada biaya penyimpanan

  2. Biaya awal relatife rendah

  3. Tidak ada biaya pengiriman

  4. Bisa menjadi sumber passive income

  5. Margin keuntungan tinggi

Cara Membuat dan Menjual Produk Digital

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu produk digital Anda sukses di pasar:

  1. Identifikasi Target Pasar Anda

Langkah pertama yang perlu Anda ketahui adalah siapa yang akan membeli produk digital Anda.  Langkah ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik mereka sehingga Anda bisa menyajikan produk yang sesuai dengan minat mereka.

Contohnya, Anda ingin membuat produk yang mampu mengedukasi orang-orang yang ingin menjaga pola makan yang sehat. Maka Anda melakukan riset untuk menemukan permasalahan-permasalahan yang biasa dihadapi oleh target pasar Anda dari berbagai sumber kesehatan.

Dari hasil riset tersebut, Anda menemukan fakta bahwa banyak dari mereka yang tidak paham dengan cara pengolahan makanan agar menjadi makanan yang sehat.

Dengan demikian Anda telah megetahui apa yang dibutuhkan oleh target pasar Anda. Setelah itu Anda bisa langsung mencari ide produk yang dapat menjadi solusi dari permasalahan yang mereka hadapi.

  1. Ciptakan Value Proposition yang Menarik

Sebagai calon pembeli kita harus tau manfaat atau keuntungan yang akan kita dapatkan dari produk yang kita beli. Nah, Value Proposition inilah yang disebut dengan manfaat produk yang ditawarkan.

Dengan value proposition yang tepat produk yang kita tawarkan akan mudah diterima target pasar.

Agar kita lebih memahami kebutuhan apa yang sedang dihadapi oleh target pasar kita dan bagaimana cara menawarkan value proposition secara tepat, maka kita harus mengubah dulu sudut pandang kita menjadi sudut pandan konsumen.

Sampaikan dengan jelas manfaat produk Anda sehingga konsumen merasa cocok dengan solusi yang Anda tawarkan.

  1. Format Produk / Kemasan yang Tepat

Tahap ini adalah tahap yang cukup krusial dalam proses pembuatan produk digital. Semakin menarik kemasan produknya, semakin besar potensi produk Anda terjual.

Ada banyak contoh format produk yang bisa Anda gunakan misal dalam bentuk Ebook, Video, atau Aplikasi.

Dalam tahapan ini diperlukan beberapa riset untuk mengetahui karakteristik calon konsumen Anda. Sehingga akan memudahkan Anda dalam menentukan format produk untuk produk yang Anda jual.

Bisa melalui competitor Anda atau mengambil pendapat dari beberapa calon konsumen sebagai masukan untuk produk Anda.

  1. Tentukan Harga yang Tepat

Dalam menentukan harga produk fisik dengan produk digital tentunya berbeda. Untuk menentukan harga produk fisik, Anda harus menghitung biaya pokok per produk ditambah margin keuntungan yang Anda inginkan.

Sementara untuk menentukan harga produk digital pada umumnya menggunakan value based pricing, yaitu strategi dimana penjual memasang harga berdasarkan nilai yang ditawarkan produknya.

Contoh Anda memasang harga yang sekilas terlihat cukup mahal, tetapi Anda menjelaskan kepada calon pembeli manfaat-manfaat yang akan didapatkan. Maka harga tersebut akan terlihat lebih masuk akal.

Hal ini sesuai dengan prinsip value based pricing yaitu semakin besar nilai yang Anda tawarkan, semakin tinggi harga yang ditentukan.

  1. Proteksi keamanan produk

Pembajakan suatu produk digital menjadi salah satu risiko terbesar yang dihadapi oleh digital marketer. Hal ini bisa terjadi jika ada sesorang yang menduplikasi produk digital Anda lalu menjulnya di tempat lain. Dan menyebabkan kerugian yang besar untuk bisnis Anda. Oleh karennya, Anda perlu melakukan langkah-langkah pencegahan agar produk Anda tidak mudah dibajak.

  • Berikan peringatan terkait pelanggaran hak intelektual
  • Pasang watermark pada produk
  • Batasi akses konten
  1. Lunching Produk Digital

Setelah langkah-langkah diatas selesai tiba saatnya untuk Anda meluncurkan produk digital Anda ke pasar. Sebelum itu Anda harus memilih tempat menjual produknya. Anda hanya perlu mengupload produk Anda ke platform online seperti media social, online marketplace atau website. Sehingga konsumen bisa langsung melakukan pembelian secara online.

Website merupakan platform yang recommended untuk Anda yang ingin mempromosikan produk digital dengan leluasa. Dengan platform ini Anda bisa mengubah desain dan konten platformnya sesuka hati Anda. Selain itu, Anda juga bebas menjual produk digital apa pun didalamnya. Untuk membuat website took online, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk hosting web dan domain. Untuk harga tak perlu khawatir karena biayanya masih terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here