Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing adalah usaha pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital serta jaringan internet. Pada zaman dahulu orang akan menggunakan selembar flyer atau baliho sebagai media pemasaran, tetapi kini kita bisa dengan mudah memanfaatkan platform yang terdapat pada smartphone atau tablet untuk melakukan pemasaran digital.

Apa Pentingnya Belajar Digital Marketing?

Mengapa Anda perlu belajar digital marketing? Alasannya, karena digital marketing adalah strategi pemasaran yang menawarkan lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Berikut ini merupaka alasan pentingnya belajar digital marketing bagi para pebisnis online, antara lain:

  • Digital marketing dapat diterapkan untuk semua jenis bisnis
  • Mampu meningkatkan jumlah pendapatan dengan efektif dan efisien
  • Dapat menjangkau target pasar atau konsumen yang lebih spesifik
  • Semua gadget bisa dipakai untuk menjalankan digital marketing
  • Mampu membantu membangun brand bisnis yang dimiliki

Tahapan Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk belajar digital marketing, Anda tidak perlu mengikuti pendidikan formal. Sudah banyak sumber online yang bisa dimanfaatkan. Tapi, mulai dari mana dulu, nih? Yuk, kita bahas satu per satu.

  1. Pilih Skill yang Ingin Dipelajari

Digital marketing bukan soal posting foto di Instagram atau unggah video di TikTok saja. Bidang ini juga mencakup optimasi SEO (search engine optimization), email marketing, content marketing, blogging, dan bahkan PPC atau pay per click marketing.

Memang semuanya sangat menarik untuk dipelajari. Tapi, tidak semuanya bisa Anda terapkan untuk pekerjaan atau bisnis yang sedang Anda jalankan. Pertama, ketahui dulu visi misi perusahaan atau goal yang ingin Anda raih secara personal pada masa mendatang. Apakah Anda ingin membuat content marketing yang bisa mengonversi pembaca menjadi pelanggan? Atau ingin membuat kata-kata iklan yang menggugah emosi melalui skill copywriting? Atau justru ingin membawa website perusahaan selalu jadi nomor satu di Google untuk suatu kata kunci? Pikirkanlah dengan matang. Kemudian mulailah memilih topik pertama untuk Anda pelajari.

  1. Mengikuti Webinar

Ada banyak cara untuk mempelajari digital marketing sampai mahir, salah satunya adalah dengan mengikuti webinar. Selain terisi oleh banyak pakar ahli, topik yang akan tersajikan pun beragam. Mulai dari SEO marketing, PPC marketing, hingga social media marketing. Ada webinar yang mereka selenggarakan secara rutin tiap dua minggu atau malah sebulan sekali, dan ada juga webinar yang diadakan setahun sekali.

  1. Daftar Kursus Digital Marketing

Selain webinar, kursus online juga punya banyak manfaat dalam membangun pondasi digital marketing yang kuat. Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan untuk mempelajari tentang digital marketing, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline. Di sini Anda akan mempelajari dasar-dasar digital marketing dan apa saja yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis.

  1. Subscribe Blog dan Channel YouTube

Digital marketing merupakan bidang yang dinamis. Untuk SEO marketing saja, hampir selalu ada info terbaru. Belum lagi jika Google melakukan perubahan secara besar-besaran pada algoritmanya. Nah, agar Anda tetap update dengan berita marketing terbaru, tidak ada salahnya subscribe blog dan channel YouTube yang membahas seputar pemasaran online ini. blog.akmakom.com merupakan salah satu blog yang bisa Anda ikuti dari sekarang.

  1. Join Kursus Analytics

Tidak hanya teori, Anda juga harus menguasai skill analytics. Untuk apa? Tentu saja untuk melacak key metric kampanye iklan, persona brand di internet, consumer behaviour, dan lain-lain. Dari sekian banyak platform analytics, kami sangat merekomendasikan Google Analytics. Platform ini gratis dan mampu memberikan insight yang akan sangat membantu perkembangan bisnis Anda. Pada platform ini, Anda akan tahu umur audiens yang mengakses dan berinteraksi pada website, banyaknya transaksi, jumlah revenue, landing page mana saja yang punya performa terbaik, hingga bounce rate.

Macam-macam Strategi Digital Marketing yang Efektif

Agar belajar digital marketing Anda makin asyik dan menarik, yuk, langsung saja terapkan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pilih Produk dan Pasar yang Anda Targetkan

Tentukan produk yang memberi solusi dan menjawab kebutuhan pasar. Ini akan memberi nilai dan karakteristik tersendiri bagi bisnis Anda. Orang-orang akan susah move on karena tahu Anda memberikannya yang terbaik.

  1. Membuat Website

Buatlah website untuk menampilkan katalog produk, informasi bisnis, detail harga, sistem pengiriman, press release, info diskon. Selain itu Anda juga membutuhkan website sebagai sumber tervalid, tepercaya, dan terakurat mengenai bisnis yang Anda jalankan.

Sebagian penduduk di Indonesia masih menggunakan search engine, seperti Google, untuk menggali info suatu brand. Jadi, membuat website untuk bisnis itu sangat penting!

  1. Membuat Blog

Anda bebas menulis apa saja selama itu masih berhubungan erat dengan bisnis yang Anda jalankan. Harapannya, postingan blog akan memengaruhi keputusan pembaca yaitu membeli produk. Blog juga menjadi strategi jitu yang bisa mengubah status pembaca menjadi pelanggan setia. Tentu saja konten yang disajikan harus benar-benar berkualitas dan informatif. Dengan adanya blog, Anda pun dapat menerapkan strategi content marketing, email marketing (bagi pembaca yang ingin terus update info di blog Anda), dan yang terutama Search Engine Marketing (SEM).

Kesimpulannya, digital marketing semakin diperhitungkan sebagai strategi pemasaran yang cukup efektif di masa sekarang dan masa mendatang. Agar strategi ini berhasil, Anda harus meluangkan waktu yang cukup untuk mempelajari bidang ini.

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline. Semoga artikel ini membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here