Anda tertarik belajar desain 3D dengan SketchUp?

Jika Anda tertarik untuk belajar memahami SketchUp, maka teruslah membaca artikel ini karena kami akan menjelaskan tentang desain 3D SketchUp secara jelas agar dapat menjadi pembelajaran Anda.

Salah satu keunggulan utama dari SketchUp adalah fitur yang mudah dipelajari dan digunakan oleh pengguna, memudahkan pengguna untuk membuat model 3D dengan cepat, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman dalam desain 3D. Selain itu, SketchUp juga menyediakan berbagai macam alat dan fitur yang dapat membantu pengguna dalam membuat model 3D yang kompleks dan realistis.

Mari mengenal apa itu desain 3D SketchUp serta elemen penting apa saja yang harus dipelajari berikut ini.

 

Apa itu SketchUp?

SketchUp | PT Kreasi Utama Mandiri - Indonesia

SketchUp merupakan program aplikasi berbasis desain gambar pemodelan 3D yang dirancang untuk menjadi lebih mudah dan efisien, apalagi jika dilengkapi dengan plugin Vray, memiliki kemampuan komunikasi grafis, yang tidak kalah menarik dibandingkan program CAD 3D.

Software yang dikembangkan Google ini digunakan untuk membuat berbagai jenis model, desain rumah dan interior. Software ini sangat mudah digunakan dan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di Google 3D Warehouse. Program ini gratis, semua orang bisa mendownloadnya langsung tanpa harus bayar, akan tetapi software Google SketchUp mempunyai dua Versi, pertama Google SketchUp versi biasa dan versi Pro, untuk versi Pro, kita harus membayar lisensi terlebih dahulu dan hasil gambarnya memungkinkan eksport ke Format dengan ekstensi.

Satu hal yang membuat banyak orang menggunakan SketchUp adalah kemampuannya untuk berkolaborasi. Anda dapat berbagi proyek dengan rekan tim atau klien Anda, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan masukan dan feedback dari mereka. Selain itu, SketchUp adalah software yang juga mendukung ekspor dan impor berbagai format file, sehingga Anda dapat berbagi model Anda dengan perangkat lunak desain lainnya.

Dasar modeling dengan google SketchUp

Tampilan layar kerja yang sederhana serta perintah kerja yang tidak rumit akan sangat memudahkan kita dalam membuat desain 3D sesuai yang kita inginkan, Ada banyak desain yang bisa dihasilkan menggunakan program ini, seperti membuat desain bangunan rumah, apartemen bertingkat banyak, mendesain model 3d, dan masih banyak lagi.

1. Fungsi Tools dan penjelasannya

QRC1Select

Select berfungsi untuk memilih atau mengklik salah satu bagian atau jika ingin memilih 2 bagian atau salah mengklik objek.

Paint Bucket

Paint Bucket berfungsi untuk memberikan warna atau texture pada bidang.

Line

Line berfungsi untuk membuat garis pada jendela gambar. Caranya hanya dengan klik menu ber icon pensil ini atau ketik L enter, lalu klik pada bagian yang ingin dibentuk garis.

Rectangle

Rectangle berfungsi untuk membuat bentuk persegi ataupun persegi panjang, dengan otomatis. Kita hanya tinggal mengatur lebar dan panjangnya.

Circle

Circle berfungsi untuk membuat sisi lingkaran dengan otomatis. Kita tinggal mengatur radius atau jari-jari nya.

Arc

Arc berfungsi untuk membuat garis lengkung pada bagian, dengan bentuk seperempat, sepertiga atau setengah lingkaran. Bisa diatur sendiri.

3 Point Arc

3 Point Arc berfungsi untuk membuat garis lengkung dengan menggunakan 3 titik (point).

Move

Move berfungsi untuk memindahkan bidang yang telah di Select, memindahkan titik untuk meluruskan dan bisa juga memindahkan 2 bagian atau lebih, lalu dipindahkan.

Make Component

Make Component berfungsi untuk membuat beberapa objek menjadi 1 komponen. Misalkan anda menggambar berbagai bidang, setelah anda select beberapa bidang tersebut lalu anda klik Make Component, bidang bidang tersebut akan menjadi satu.

Eraser

Eraser berfungsi untuk menghapus objek yang tidak diperlukan.

Freehand

Freehand berfungsi untuk mengambar garis bebas.

Rotated Rectangle

Rotated Rectangle berfungsi untuk membuat sebuah bidang segi empat miring secara langsung tanpa memakai plugin. Anda juga dapat mengatur kemiringan bidang segi empat tersebut dengan memasukkan sudut pada angle yang dikehendaki.

Polygon

Polygon berfungsi untuk menggambar objek segi banyak.

2 Point Arc

2 Point Arc berfungsi untuk membuat garis lengkung dengan menggunakan 2 titik (point)

Pie

Pie berfungsi untuk membuat lingkaran dengan objek tertutup face

Push / Pull

Push / Pull berfungsi untuk memberikan efek 3 dimensi dengan membuat bidang jadi mempunyai panjang lebar dan tinggi. Caranya dengan klik icon Push / Pull lalu klik bagian yang akan dinaikkan atau diturunkan, diarahkan ke atas ke bawah atau kesamping.

2. Memulai program Google SketchUp

3. Mengatur tampilan Layar Kerja

Untuk memunculkan perintah-perintah menggambar dan perintah modifikasi, caranya sebagai berikut:

  1. Klik view, pilih Toolbars lalu geser kursor ke kanan, kemudian pilih perintah yang akan dimunculkan di layar kerja.
  2. Klik masing-masing kotak perintah maka akan muncul pada layar kerja misalnya klik pada item Drawing (perintah menggambar), Modification (perintah modifikasi), Shadows (membuat bayangan), Viéw (mengubah tampak rumah baik tampak depany sampingv dan belakang), dan lain-lain

4. Membuat Line

Dengan menggunakan perintah kerja line, kita dapat membuat berbagai bentuk dan dimensi sesuai dengan desain yang kita inginkan. Kita juga bisa menggunakan perintah Line dengan ketik “L enter” atau klik gambar pensil yang ada di Toolbars.

5. Membuat Rectangle

Perintah menggambar dengan menggunakan rectangle merupakan perintah untuk membuat objek berbentuk kotak. Untuk dimensi kotak bisa dibuat sesuai keinginan kita.

  • klik ikon rectangle untuk menggunakan tool ini

Untitled

6. Perintah membuat Push atau Pull

Perintah kerja Push/Pull digunakan untuk membuat ketinggian dan ketebalan dinding ataupun suatu Object dengan ukuran tertentu. Kita akan menambah tinggi atau merendahkan pada contoh perintah kerja rectangle tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Klik ikon Push/Pull atau ketik P
  2. Klik pada bidang gambar
  3. Atur ketinggian secara manual kemudian klik kiri untuk melepaskan

04 SketchUp - Impostare le misure - misurare - disegnare un cubo con la matita

 

SketchUp adalah software pemodelan 3D yang mudah digunakan dan menyenangkan. SketchUp dapat membantu Anda menciptakan apapun yang dapat anda bayangkan, mulai dari ide hingga kenyataan. SketchUp juga memiliki komunitas yang besar dan aktif yang dapat membantu anda untuk mempelajari ini semua dengan lebih jelas dan rinci.

Kami harap artikel yang kami sajikan dapat membantu Anda dalam mempelajari 3D SketchUp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here