AutoCAD adalah sistem komputer yang memberikan kemudahan dalam proses penggambaran maupun proses perencanaan dan perancangan melalui otomatisasi yang ada. AutoCAD dapat menghasilkan gambar dengan tingkat kepresisian yang tinggi. Dalam teknik gambar mesin biasanya toleransi yang digunakan adalah mm. Sedangkan dalam gambar arsitektur toleransinya cm.

AutoCAD tidak bisa berjalan dengan sendirinya, akan tetapi sang operator-lah yang membuat gambar. Operator mempelajari manajemen gambar agar dapat menguasai kecepatan, ketepatan, kualitas gambar dan konsistensi dari CAD tersebut.

7 Langkah Mudah Belajar AutoCad Secara Otodidak

Hal-hal dasar yang perlu Anda ketahui dalam mempelajari AutoCad secara otodidak, antara lain:

  1. Kuasai Program Office atau Windows Terlebih Dahulu

Anda perlu belajar cara dasar mengoperasikan komputer. Hal ini akan membantu proses belajar AutoCAD Anda secara otodidak. Karena jika Anda belum cukup menguasainya, Anda akan banyak mengalami hambatan dalam proses belajar AutoCAD. Biasanya, hal ini akan dibahas dalam program kelas Windows Office. Jadi persiapkan diri anda untuk menguasai cara pengoperasian windows tingkat dasar sebelum anda mempelajari AutoCAD.

  1. Memahami Kinerja Mouse pada AutoCAD

Fungsi mouse pada AutoCAD sangatlah penting karena Anda tidak akan bisa menggambar tanpa menggunakan mouse. Anda bisa menggambar  AutoCAD hanya menggunakan touch pad pada laptop, tetapi akan sangat lambat dan tentu tidak efektif.

Untuk itu Anda perlu berlatih menggunakan mouse yang nyaman di tangan untuk membantu memperlancar proses belajar Anda.

  1. Mengenali Tampilan AutoCAD

Langkah ketiga dalam belajar AutoCAD secara otodidak adalah mengenali tampilan interface. Dengan mengenali tampilan interface atau tampilan antar muka, Anda akan dapat mudah memahami/mengenali perintah-perintah atau tool yang ada.

Selain tampilan, pelajari juga bagaimana menavigasi gambar. Navigasi gambar meliputi cara zoom in, zoom out, pan, dan zoom extend. Pasalnya ada beberapa detail yang harus di gambar dengan ukuran kecil.

  1. Mempelajari Nama Tools Beserta Cara Menjalankannya

Anda harus mengetahui dan menghafalkan semua peralatan yang akan dibutuhkan untuk menggambar. AutoCAD telah menyediakan banyak tools yang dapat kita manfaatkan untuk menggambar. Cara mudah untuk menghafalkan nama-nama tools beserta cara menjalankannya adalah dengan melakukan latihan gambar secara terus-menerus. Dengan begitu Anda akan cepat dalam menghafalkannya.

  1. Mempelajari Koordinat dan Dimensi Gambar

Mengetahui koordinat dan dimensi gambar penting untuk Anda pelajari. Dalam menggambar teknik, koordinat dan ukuran gambar sangat krusial. Karena hal tersebut mempengaruhi kepresisian gambar.

Gambar yang presisi artinya sesuai dengan pengukuran dan koordinat yang ditentukan. Gambar AutoCAD wajib mencantumkan dimensi dan keterangan gambar. Hal ini untuk mempermudah siapa pun dalam membaca gambar.

  1. Annotation Dan Style

Annotation adalah gambar pada AutoCAD yang bukan termasuk gambar geometri. Contohnya adalah text, hatches, dimensi, table, dan lain-lain. Untuk menentukan annotation, gunakan style.

Sebenarnya, banyak jenis style dan annotation yang digunakan oleh drafter. Hal ini kadang membingungkan pemula. Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan template untuk mengambar AutoCAD. Salah satunya adalah dengan membuat tebal garis.

  1. Mempraktikannya Secara Langsung

Anda bisa mempraktikannya secara langsung. Belajar semua hal itu akan percuma apabila tidak disertai praktik. Anda bisa melakukan latihan secara terus menerus agar Anda cepat hafal semua tools pada AutoCAD dan lancar dalam mengaplikasiannya.

Membaca membuat Anda tahu tentang AutoCAD. Sedangkan praktik menggambar membuat Anda semakin paham dengan AutoCAD.

Kesimpulannya, cara termudah belajar AutoCAD ialah dengan praktik secara langsung, akan tetapi jangan lupakan pemahaman dasarnya. Sebab saat wawancara kerja, orang cenderung menanyakan pemahaman Anda tentang AutoCAD. Pelajari pemahaman dasar dengan mengikuti langkah-langkah belajar AutoCAD yang sudah dijelaskan.

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan gambar teknik dengan menggunakan AutoCAD, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here