Shop Drawing memiliki peranan penting untuk pelaksanaan suatu proyek konstruksi.

Shop drawing nantinya akan dijadikan acuan pelaksanaan proyek, jadi shop drawing harus digambar dengan jelas dan tepat untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengerjaan proyek, sehingga biaya dan waktu yang digunakan akan semakin efektif.

Berikut adalah cara yang efektif dalam pembuatan shop drawing:

  1. Survei

Langkah pertama yang dilakukan adalah survey. Survei lapangan dilakukan untuk mengetahui kondisi struktur tanah, beda tinggi permukaan tanah, luas tanah, dll.

Dibutuhkan survey untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai detail lapangan, sehingga memudahkan drafter dalam membuat rancangan gambar.

  1. Pengamatan Gambar Kontrak

Langkah berikutnya melihat gambar kontrak beserta RKS atau rencana kerja dan syarat-syarat. Dokumen ini akan menjadi dasar bagi pembuat gambar untuk bekerja.

Setelah melakukan survei dan mengamati dokumen RKS, maka gambar kerja siap untuk dibuat.

  1. Pembuatan Shop Drawing

Setelah selesai melakukan survey dan mengamati kontrak gambar, langkah selanjutnya ialah membuat shop drawing.

Kejelasan dalam shop drawing ini sangat penting, karena akan menjadi acuan bagi pekerja lapangan.

Shop drawing sangat berpengaruh pada hasil akhir konstruksi. Oleh karena itu, shop drawing memerlukan orang yang handal dan tepat dalam melakukannya.

  1. Pengajuan Gambar

Jika shop drawing sudah siap, maka gambar ini bisa segera diajukan. Pengajuan gambar dilakukan kepada konsultan pengawas untuk mendapatkan penilaian kelayakan.

Jika dirasa gambar kerja belum memenuhi kriteria yang diharapkan, maka bisa dilakukan revisi. Dan apabila gambar dirasa tidak bisa digunakan sebagai acuan pembangunan, maka pihak konsultan pengawas berhak menolaknya.

Jika gambar sudah disetujui, barulah dokumen gambar tersebut bisa dikembalikan lagi kepada pihak kontraktor.

  1. Distribusi ke Personel Lapangan

Gambar yang sudah disetujui artinya sudah bisa dijadikan sebagai acuan dalam pembangunan proyek konstruksi dan bisa didistribusikan segera kepada pihak lapangan.

Gambar ini juga harus dipahami dan dianalisis oleh para pekerja yang terlibat dalam proyek konstruksi di lapangan.

Itulah penjelasan mengenai pembuatan shop drawing. Pada intinya, shop drawing sangat berperan penting pada berjalannya suatu proyek konstruksi supaya terlaksana dengan baik dan sempurna.

Selain itu, pelaksanaan proyek yang baik dan berkualitas juga ditentukan dari kualitas shop drawing itu sendiri.

Jika Anda kesulitan mencari tempat pelatihan menggambar shop drawing, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here