Di artikel kali ini kita akan membahas tentang software AutoCad. Untuk teman-teman yang tertarik didunia gambar maupun design, software ini sangat membantu untuk kegiatan tersebut. Terdapat beberapa keunggulan dari AutoCad yang sangat mendukung kegiatan gambar atau design teman-teman.

Selanjutnya, yuk kita bahas lebih lanjut tentang AutoCad. Simak dibawah ini ya!

Apa sih AutoCad itu?

See related image detail. 【Download】Tải phần mềm Autocad 2010 32bit / 64bit Miễn Phí

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD yang dikembangkan oleh Autodesk. Dengan AutoCAD, pengguna dapat menggambar dan mendesain rancangan dalam 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh insinyur sipil, arsitek, desainer interior, dan lainnya.

Format data asli AutoCAD adalah DWG, dan format yang lebih umum digunakan adalah DXF. Saat ini, AutoCAD hanya berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows. Jadi, jika Anda tertarik dengan desain dan gambar, AutoCAD adalah alat yang sangat membantu.

Berbagai Fungsi Autocad

AutoCAD memiliki berbagai fungsi yang sangat berguna dalam perancangan dan desain. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mendesain Bangunan: AutoCAD digunakan untuk merancang bangunan, baik interior maupun eksterior, serta kendaraan seperti pesawat atau mobil.
  2. Denah dan Pengukuran: AutoCAD memudahkan pembuatan denah dan pengukuran rumah atau objek lainnya.
  3. Menggambar Objek: Dengan AutoCAD, Anda dapat menggambar berbagai macam objek, seperti baut, kunci, palu, kursi, lampu, dan lainnya.

Fitur dan Tools Khusus AutoCAD

Fitur dan Tools AutoCAD

Dalam software AutoCAD terdapat berbagai Toolset yang akan membantu teman-teman dalam design dan gambar bahkan pekerjaan. Berikut ini beberapa tool yang bisa teman-teman coba dan pelajari:

Architecture toolset (alat arsitektur)

Alat yang berfungsi untuk menggambar arsitektur, dokumentasi, jadwal, dan otomatisasi penyusunan. Dengan alat ini Anda dapat membuat sketsa atau denah bangunan menggunakan alat khusus. Selain itu, fitur ini juga menyediakan obyek arsitek yang lengkap seperti jendela, pintu, dinding, dan lainnya.

Electrical toolset (alat listrik)

Merupakan fitur desain listrik yang dapat membantu Anda membuat, memodifikasi, dan mendokumentasikan sistem kontrol listrik. Beberapa hal yang dapat dilakukan seperti, membuat layout panel, diagram skematik, dan gambar listrik lainnya.

Map 3D toolset (toolset 3D)

Fitur ini dapat menggabungkan topologi GIS dengan AutoCAD sehingga Anda dapat menggunakan dan memelihara data CAD dan GIS untuk menyusun perencanaan, desain, dan manajemen data.

Mechanical toolset (alat mekanis)

Fitur yang berisi alat pustaka suku cadang dan berbasis standar guna membantu Anda dalam membuat, memodifikasi, dan mendokumentasikan desain mekanis untuk kegiatan manufaktur.

MEP toolset (toolset MEP)

Fitur yang dapat membantu Anda dalam menyusun, mendesain, dan mendokumentasikan sistem bangunan MEP di lingkungan AutoCAD. Dengan mengandalkan MEP toolset sebuah proyek dokumentasi konstruksi akan di desain akurat.

Plant 3D toolset (alat 3D pabrik)

Sebuah fitur yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan P&ID, kemudian tool akan mengintegrasikannya ke dalam model desain pabrik 3D. Anda dapat membuat output isometrik, ortografi, dan laporan material.

Beberapa Keunggulan AutoCad

Nah, setelah kita mengenal apa itu AutoCad, beberapa fungsi, dan kegunaan tools beserta fitur-fiturnya, AutoCad juga memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi opsi yang banyak dipilih untuk desain dan perancangan diantaranya:

  1. Kemudahan Penggunaan: AutoCAD memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah dipelajari. Pengguna dapat dengan cepat menguasai perintah dasar dan mulai merancang.
  2. Fleksibilitas: AutoCAD mendukung desain 2D dan 3D. Pengguna dapat beralih antara mode ini dengan mudah, tergantung pada kebutuhan proyek.
  3. Presisi: AutoCAD memungkinkan pengguna untuk menggambar dengan presisi tinggi. Pengukuran, koordinat, dan skala dapat diatur dengan detail yang sangat baik.
  4. Pustaka Simbol: AutoCAD menyediakan pustaka simbol dan blok yang siap digunakan. Ini mempercepat proses desain dan mengurangi kesalahan.
  5. Kustomisasi: Pengguna dapat mengatur perintah pintas, menu, dan tampilan sesuai preferensi mereka.
  6. Ekosistem: Dukungan luas dari komunitas pengguna, tutorial online, dan sumber daya lainnya membuat AutoCAD lebih mudah dipelajari dan dikuasai.
Dari pembahasan diatas kita sudah mengetahui apa itu AutoCad, fungsi dan kegunaan AutoCAd yang sangat beragam. Seperti yang telah diulas bahwa AutoCAD digunakan untuk menggambar desain 2D maupun 3D. Pastinya banyak sekali yang menggunakannya dalam berbagai bidang desain.

Apakah teman-teman tertarik untuk belajar AutoCad? Kami harap di artikel kali ini dapat membantu memberikan sedikit penjelasan mengenai software AutoCad.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here