Memahami Perbedaan Group dan Component Agar Kerja Lebih Efisien

Pentingnya Membuat Grup dan Komponen pada SketchUp adalah untuk mempermudah kita dalam melakukan modeling pada SketchUp. Apalagi jika Anda ingin menggambar bangunan yang cukup besar.

Ketika Anda melewatkan pembuatan Grup dan Komponen, semua objek gambar dan model yang Anda buat akan menyatu sehingga memerlukan waktu yang panjang untuk melakukan revisi beberapa model dibanding ketika Anda sebelumnya membuat grup dan komponen.

Pekerjaan modeling yang tidak menggunakan grup dan komponen akan relatif sangat cepat jika dibuat untuk pribadi, tetapi beda halnya untuk client.

Contohnya seperti ini, jika Anda mempunyai seorang client dan Anda membuat desain rumah untuknya tanpa menggunakan grup dan komponen. Kemudian dia meminta Anda untuk merevisi beberapa model atau perubahan layout ruangan. Jika desain rumah yang Anda buat dalam model rumah cluster, blok kavling, rumah hunian yang berderet banyak, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk memperbaiki semuanya.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu memahami fungsi fitur Grup dan Komponen untuk membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien.

Mari simak penjelasan berikut ini:

Apa itu Group?

Secara sederhana group dapat diartikan menggabungkan beberapa objek gambar/model menjadi satu. Hal ini sangat berguna misalnya Anda ingin menyembunyikan objek (hide) dalam satu klik atau menempelkan bidang tetapi tidak bersatu. Cara membuat grup cukuplah mudah yaitu:

  1. Seleksi beberapa objek yang akan dibuat grup
  2. Klik kanan
  3. Pilih make group atau dengan menekan shortcut G

Apa itu Component?

Jika Anda masih awam mengenai software SketchUp, mungkin Anda menganggap fungsi dari make grup dan komponen ini sama. Akan tetapi faktanya berbeda.

Component adalah tipe group yang sangat berguna jika Anda membuat objek yang sama. Untuk membuat component caranya adalah pilih objek yang akan dibuat komponen kemudian klik kanan lalu pilih Make Component.

Dalam pembuatan komponen, kita hanya cukup mengedit perubahan pada satu objek. Kemudian secara otomatis duplikat dari objek tersebut akan ikut berubah.

Contoh:

Pada gambar di atas, saya membuat satu model jendela kemudian saya gunakan fitur Make Component. Lalu saya copy/duplikat jendela tersebut sebanyak dua kali.

Kemudian saya ingin mengganti semua warna kusen jendela yang sebelumnya berwarna coklat menjadi warna kuning. Karena sebelumnya saya sudah menggunakan fitur komponen, maka saya tidak perlu mengganti warna satu persatu. Cukup dengan memberi warna kuning ke salah satu kusen jendela, dengan begitu kusen yang lainnya ikut berubah warna menjadi kuning. Gimana lebih efisien bukan?

Bedanya dengan make group yaitu jika kita mengubah satu objek, maka duplikat dari objek tersebut tidak ikut berubah.

Contoh :

Saya mempunyai tiga jendela, salah satunya saya edit warna menjadi warna kuning, maka hasilnya akan seperti dibawah ini:

Nah, artikel di atas merupakan penjelasan mengenai perbedaan antara grup dan komponen. Semoga artikel ini dapat membantu proses belajar Anda.

Jika Anda kesulitan mencari tempat pelatihan menggambar 3 dimensi menggunakan SketchUp, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here