flat vector for business digital marketing online concept and internet marketing on mobile online concept .analytic and planning concept

Website marketing adalah cara untuk mempromosikan bisnis dengan lebih luas lagi. Ini merupakan salah satu jenis online marketing yang perlu untuk dimiliki. Pemasaran secara online dinilai memiliki kepraktisan tersendiri dan juga lebih hemat biaya bila dibandingkan dengan strategi marketing lainnya.

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memilih untuk memanfaatkan internet dengan cara membuat website atau situs sebagai media pemasaraan.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam apa itu website marketing, manfaat, hingga tips dan strategi website marketing yang dapat Anda terapkan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Apa itu Website Marketing?

Website Marketing adalah proses mempromosikan suatu produk atau layanan menggunakan situs web. Tujuannya adalah untuk mengubah pengunjung website menjadi pelanggan. Marketing ini merupakan salah satu metode pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Karena cukup melalui satu platform website, Anda dapat menerapkan bermacam jenis marketing.

Ada banyak strategi website marketing yang dapat Anda terapkan. Misalnya, Anda dapat menerapkan SEO agar website muncul pada halaman pertama Google, membagikan ebook untuk mendapatkan lead, atau mengiklankan website dengan Pay Per Click (PPC) untuk mendatangkan trafik, dan banyak lagi.

Dengan melalui website, brand usaha yang Anda miliki akan memiliki visibilitas online yang tinggi sehingga lebih dikenal banyak orang. Jangkauan website toko online Anda pun semakin meluas karena tak hanya bisa diakses oleh pelanggan lokal, tetapi juga internasional.

Manfaat Website Marketing

Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat website marketing, antara lain:

  • Mudah ditemukan pelanggan

Website marketing dapat membantu bisnis Anda agar lebih mudah ditemukan pengunjung yang relevan. Umumnya, sebelum membeli produk atau menggunakan suatu layanan, pengguna akan mencari informasi terlebih dahulu melalui internet. Misalnya melalui mesin pencarian seperti Google.

Jika bisnis Anda memiliki website yang teroptimasi SEO, maka potensi untuk ditemukan pelanggan akan lebih tinggi. Alasannya, karena ketika pengunjung memasukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda pada mesin pencari, Google akan merekomendasikan website Anda untuk muncul pada halaman pencarian.

  • Meningkatkan kepercayaan calon pelanggan

Bisnis yang memiliki website terlihat lebih terpercaya. Alasannya, jika ingin membuat website, membutuhkan beberapa persyaratan. Misalnya, untuk membuat website, maka Anda harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu. Tentunya, ini butuh modal yang menunjukkan keseriusan Anda merintis usaha.

Belum lagi, jika Anda menggunakan ekstensi domain seperti .co.id yang membutuhkan dokumen seperti KTP, NPWP Perusahaan, dan bahkan Surat Kepemilikan Merk. Dengan begitu, kecil kemungkinan website digunakan untuk penipuan.

Apalagi, melalui website Anda, pengunjung dapat dengan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis. Mulai dari spesifikasi produk, review dan testimoni dari pelanggan lain. Bisa juga informasi relevan lain, seperti garansi produk maupun dukungan customer service yang membantu pengunjung percaya dengan bisnis Anda.

  • Memperlebar jangkauan pasar

Hampir setiap orang akan menggunakan internet untuk keperluan mereka. Entah itu untuk mencari informasi atau membeli suatu produk. Jika Anda menggunakan website marketing, maka pengunjung yang terhubung dengan internet akan lebih mudah menemukan bisnis Anda. Pengunjung dari wilayah mana pun berpotensi menjadi pelanggan Anda.

Oleh karena itu, agar bisnis Anda mendapatkan jangkauan yang lebih luas, Anda perlu menggunakan website marketing.

  • Membantu memahami pengguna

Manfaat website marketing yang bisa Anda dapatkan adalah kemudahan untuk memahami perilaku pengguna. Melalui website, Anda dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pengunjung, apa yang mereka cari, pada halaman mana pada website Anda mereka berinteraksi, berapa lama mereka berada pada website Anda, perangkat apa yang mereka gunakan, dan sebagainya.

  • Meringankan Proses Marketing

Website marketing juga akan meringankan proses marketing Anda. Karena, Anda dapat melakukan banyak jenis digital marketing secara terpusat melalui website.

Jika Anda menggunakan website untuk melakukan marketing, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Misalnya, Anda dapat meningkatkan traffic website melalui blog yang teroptimasi SEO, Anda dapat mendapatkan leads dengan membagikan ebook, atau dapat juga menggunakan Pay Per Click (PPC) untuk mendatangkan pelanggan ke website.

Cukup dengan mengunggah informasi relevan ke website Anda, maka pengunjung dapat mengaksesnya selama 24 jam. Jadi jika ada pengunjung yang membutuhkan informasi mengenai bisnis Anda, mereka bisa mendapatkannya melalui website. Dengan begitu, proses marketing Anda bisa lebih ringan karena Anda dapat memaksimalkan proses marketing Anda cukup melalui website.

  • Hemat biaya

Bentuk pemasaran lain yang lebih tradisional membutuhkan biaya yang sangat besar bagi perusahaan. Facebook Ads, misalnya, tiga kali lebih murah dan lebih bertarget daripada iklan radio, televisi, atau cetak. Menggunakan internet untuk memperluas dan melibatkan audiens Anda jauh lebih murah, selama Anda memiliki perencanaan sebelumnya yang dapat membantu menentukan audiens yang Anda inginkan.

Langkah Melakukan Strategi Website Marketing

Di luar sana, ada banyak sekali situs web yang diperuntukkan untuk bisnis. Itu artinya, Anda memiliki pesaing yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui strategi membuat website marketing yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

Berikut merupakan strategi untuk membuat website marketing efektif, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Membuat Konten yang Relevan untuk Pengguna

Membuat konten yang relevan untuk pengguna adalah hal yang penting jika Anda menerapkan website marketing. Sebab, menyajikan konten yang relevan dengan kebutuhan pengguna, dapat memudahkan pengguna menemukan website Anda pada halaman pencarian. Bahkan, dapat menjadi cara mendatangkan traffic ke website Anda.

Cara agar konten Anda relevan dengan pengguna, Anda dapat menerapkan strategi content marketing. Salah satunya, Anda dapat menulis artikel blog yang dapat menjawab rasa ingin tahu target pengguna Anda.

Dengan begitu, Anda dapat mengarahkan pengunjung website untuk menjadi pelanggan melalui konten-konten yang Anda sajikan.

  1. Melakukan Optimasi Kecepatan Website

Kecepatan website penting untuk Anda perhatikan. Apalagi, 53 persen pengunjung akan meninggalkan website yang memiliki waktu muat lebih dari 3 detik. Anda tentu tidak mau kehilangan pelanggan potensial karena website lemot.

Untuk mempercepat loading website Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Menggunakan tema yang ringan
  • Lakukan minify CSS
  • Lakukan optimasi gambar
  • Hapus plugin yang tidak digunakan
  • Perhatikan penyimpanan database website
  • Gunakan hosting yang berkualitas
  1. Terapkan SEO pada Website Anda

Selanjutnya, hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah menerapkan SEO pada website Anda. SEO dilakukan agar website Anda mudah ditemukan pada halaman pencarian ketika pengunjung memasukkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda.

Ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan jika menerapkan SEO, yaitu:

  • SEO on page: jenis optimasi SEO yang dilakukan dengan memaksimalkan bagian depan konten website. Mulai dari judul konten, sebaran keyword, struktur konten, gambar, dan lain sebagainya.
  • SEO off page: mengoptimasi SEO yang dilakukan pada luar website. Misalnya, membangun link building, mempromosikan konten ke sosial media, dan sebagainya.
  • Technical SEO: optimasi SEO yang dilakukan dengan memaksimalkan bagian teknis website Anda, seperti; kecepatan website, sitemap website, tema, atau navigasi.

Nah, jika Anda memperhatikan ketiga aspek SEO ini, maka website Anda akan berpotensi untuk muncul pada halaman pertama pencarian google. Dengan begitu, tentu potensi trafik website Anda juga akan meningkat. Semakin tinggi trafik, bukan tidak mungkin dong untuk mendapatkan semakin banyak pelanggan.

  1. Mempromosikan Website

Mempromosikan website dapat Anda lakukan dengan banyak cara. Berikut beberapa contohnya:

  • Media sosial: Anda dapat menaruh link website Anda pada profil akun sosial media
  • Email: Anda dapat menggunakan link website sebagai signature pada email Anda.
  • Forum seperti grup Facebook atau Quora: Anda dapat menulis pada forum online tersebut dan memasukkan link yang mengarahkan pembaca ke website Anda.

Intinya, sekalipun website marketing dapat menjadi channel marketing yang potensial, tetapi Anda perlu mendukungnya dengan mempromosikan website Anda. Dengan begitu, dapat cara meningkatkan pengunjung blog Anda dari berbagai macam channel lainnya.

Tips Agar Strategi Website Marketing Efektif

Setelah mengetahui strategi website marketing, Anda juga perlu untuk memastikan apakah langkah yang diterapkan sudah efektif. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  1. Lakukan Analisa Performa Website Anda

Tips pertama strategi website marketing adalah melakukan analisis website. Tujuannya, untuk mendapatkan informasi terukur mengenai jangkauan dan perkembangan website Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apakah strategi website marketing yang Anda lakukan itu efektif.

Caranya, Anda dapat menggunakan tools seperti Google Analytics 4 dan Google Search Console. Google Analytics dapat Anda gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai trafik website Anda, mengetahui demografi dan perilaku pengunjung, berapa lama mereka berinteraksi dengan website Anda, dan banyak lagi.

Sedangkan Google Search Console dapat Anda gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah kemunculan website Anda pada halaman pencarian, kata kunci apa yang digunakan pengunjung untuk memunculkan website Anda, seberapa sering pengunjung menggunakan kata kunci tersebut untuk mencari website Anda, dan sebagainya. Oleh karena itu, pastikan untuk memasang Google Analytics di website Anda.

  1. Pastikan Pengunjung Nyaman dengan Website Anda

Sekalipun terlihat sederhana, desain mempengaruhi kenyamanan pengunjung untuk berinteraksi lebih lama dengan website Anda.

Nah, cara untuk memastikan website ramah pengguna, Anda dapat memperhatikan beberapa kriteria seperti berikut:

  • Website mudah diakses
  • Waktu loading yang cepat
  • Memiliki navigasi yang jelas
  • Memiliki tampilan mobile friendly
  • Memiliki struktur website yang rapi
  • Menggunakan warna yang sesuai dengan tema
  • Menggunakan font yang mudah dibaca

Jadi, jika Anda menggunakan website marketing, pastikan beberapa kriteria ini sudah sesuai dengan fungsinya masing-masing.

  1. Memetakan Alur Pengunjung

Bagaimana sih pengunjung bisa tiba ke website Anda? Apa yang mereka cari? Apa yang mereka lakukan? Apakah mereka melakukan transaksi?

Jika Anda melakukan pemetaan alur pengunjung atau customer journey mapping, Anda akan dengan mudah memahami perilaku pengunjung di website Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui bagian-bagian website Anda yang perlu dimaksimalkan. Misalnya, apakah halaman website terlalu lambat, apakah tidak ada CTA yang jelas membuat pengunjung bingung, apakah terlalu banyak menu membuat pengunjung malas mengeksplor website, dan hal lainnya.

  1. Pastikan Website Mobile-Friendly

Website mobile friendly adalah website yang didesain supaya mudah diakses oleh pengguna perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Biasanya desain website ini dibuat responsif terhadap ukuran layar perangkat yang digunakan pengunjung website.

Sebagai bagian dari website development, ada tiga alasan kenapa website harus mobile friendly, yaitu:

  • Jumlah traffic dari ponsel kian meroket – Lebih dari separuh orang di dunia mengakses internet lewat smartphone. Diprediksi Statista, jumlah pengguna smartphone tiap tahun akan terus bertambah.
  • Mobile-first index – Google memprioritaskan indexing website pada versi mobile. Dari hasil indeks ini pulalah, Google menentukan ranking pencarian sebuah website.
  • Mobile Search Engine Optimization (SEO) – Logika mobile SEO sedikit berbeda dengan versi desktop. Lewat SEO versi mobile, Anda bisa menangkap peluang traffic dengan lebih baik lagi.

 

Apabila Anda tak punya website versi mobile friendly, bisa-bisa Anda kehilangan pengunjung, ranking di mesin pencari, leads, dan cuan dari pembeli. Jadi, jika Anda ingin agar strategi website marketing Anda benar-benar efektif, maka website mobile friendly harus menjadi perhatian Anda.

  1. Memaksimalkan Email Marketing

Email marketing adalah salah satu saluran digital marketing yang tidak terpisahkan dengan website. Email biasanya digunakan untuk tetap terhubung dengan pengunjung yang pernah berinteraksi dengan website Anda. Tujuannya, selain untuk memberikan informasi terbaru kepada pengunjung, juga untuk mengajak pengunjung kembali ke website dan melakukan transaksi.

Untuk memaksimalkan email marketing, Anda perlu membangun daftar email pengunjung. Caranya cukup beragam. Salah satunya, Anda bisa mendapatkan email pengunjung dengan membagikan E-book. Pengunjung akan memasukkan email sebelum mengunduh ebook yang Anda sediakan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas dalam menjalankan website marketing, akan membuka jalur bagi bisnis Anda untuk meningkatkan pemasaran. Yuk, terapkan sekarang juga!

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan untuk belajar bisnis, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here