Pengertian Digital Marketing

Pemasaran digital adalah strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung. Dengan banyaknya media digital di sekitar kita saat ini, sudah jelas bahwa digital marketing adalah cara pemasaran yang sangat efektif. Akibatnya, perusahaan saling menjual membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Kelebihan Digital Marketing

Digital marketing menjadi strategi pemasaran yang efektif dan banyak digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Sebab, digital marketing menawarkan lebih banyak kelebihan dari pemasaran konvensional.

Berikut kelebihan digital marketing untuk bisnis Anda:

  1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai

Menggunakan berbagai alat pemasaran digital yang telah dirancang sedemikian rupa, Anda dapat memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga bisa menyusun strategi yang paling sesuai untuk pasar yang Anda targetkan sehingga penerapannya bisa lebih efektif.

  1. Efektivitas Strategi Lebih Mudah Dievaluasi

Setelah strategi digital marketing yang Anda terapkan, Anda bisa melihat evaluasi dan analisis pemasaran Anda. Data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan, dan lain sebagainya dapat Anda manfaatkan untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya. Berdasarkan data yang akurat ini, nantinya Anda juga bisa meningkatkan efektivitas campaign agar angka penjualan semakin melesat.

  1. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar

Seperti yang Anda ketahui, dunia online tidak terbatas ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sepanjang tahun, jaringan-jaringan digital ini selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia. Nah, digital marketing adalah metode yang tepat karena Anda bisa menjangkau dan saling terhubung dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia, kapan pun dan di mana pun. Hasilnya, jasa atau produk yang Anda tawarkan menjadi selalu tersedia dan bisa dibeli oleh pelanggan kapan saja.

  1. Biaya Lebih Murah

Anggaran yang perlu Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah jika Anda bandingkan dengan pemasaran tradisional. Anda tidak perlu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget. Ada beberapa cara organik yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang cukup besar. Misalnya, jika Anda sudah mempunyai sebuah website atau blog menggunakan WordPress, Anda bisa mencoba cara menaikkan ranking web di Google.

  1. Mampu Meningkatkan Reputasi Brand

Sudah pasti, dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, Anda dapat meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital. Sebagian besar pembeli umumnya akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di Internet sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Dengan begitu, Anda akan memudahkan calon pelanggan untuk menemukan bisnis Anda, dan mereka akan merasa yakin bahwa merek Anda dapat dipercaya.

Contoh Strategi Penerapan Digital Marketing

Ada beberapa strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk melalui media digital, antara lain:

  1. Pemasaran Mesin Pencari (SEM)

Strategi digital marketing yang satu ini melibatkan penggunaan mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, atau Facebook. SEM sendiri dibagi menjadi dua area, yaitu SEO dan PPC.

  • Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Cara ini dilakukan dengan mengoptimalkan konten digital marketing Anda agar muncul di halaman pertama Google tanpa harus membayar ke penyedia iklan.

  • Bayar per Klik (PPC)

Berbeda dengan SEO, PPC dilakukan dengan membayar sejumlah biaya kepada penyedia materi iklan agar pemasaran digital Anda selalu berada di hasil terbaik saat calon pelanggan mencari kata kunci tertentu sesuai produk Anda. Hasil yang muncul dari PPC biasanya memiliki label “Ad” atau “Iklan”.

  1. Influencer atau Pemasaran Afiliasi

Cara digital marketing ini melibatkan pihak lain, yaitu influencer atau mitra tambahan untuk membantu Anda memasarkan produk. Influencer marketing dilakukan dengan membayar jasa influencer di internet, lalu influencer tersebut akan memasarkan produk Anda kepada pengikutnya di jejaring sosialnya. Affiliate marketing melibatkan mitra, dan Anda membayarkan komisi kepada mitra tersebut apabila mereka berhasil menjual produk Anda.

  1. Content Marketing

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang melibatkan berbagai jenis konten, baik dengan membuat, mengelola, maupun memposting konten. Anda menggunakan konten untuk membujuk pengguna membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Nah, salah satu cara terbaik untuk menerapkan strategi digital marketing ini adalah membuat website sendiri, dengan memilih domain yang tepat dan layanan web hosting terbaik. Apabila sudah memiliki website, khususnya yang SEO-friendly, Anda bisa mengoptimasi konten di situs Anda agar muncul di halaman pertama mesin pencari sehingga bisnis Anda lebih terkenal secara luas.

  1. Email Marketing

Email marketing adalah strategi digital marketing yang dilakukan dengan mengirimkan email kepada pelanggan (subscriber). Poin utama cara ini bukanlah sekedar mengirimkan email, tapi bagaimana Anda membuatnya semenarik mungkin agar pelanggan mau menjual, bahkan mengeklik promosi dalam email Anda. Ada beberapa tool email marketing yang bisa Anda gunakan untuk membuat email promosi yang menarik.

  1. Social Media Marketing

Social media marketing adalah strategi pemasaran melalui media sosial, baik dengan mengoptimasi konten Anda maupun dengan menitipkan iklan pada jejaring sosial.

Anda bisamelakukan promosi bisnis Anda melalui platform media sosial TikTok, WhatsApp, Facebook, Twitter, YouTube atau media sosial lainnya. Hampir semua platform media sosial kini menyediakan layanan untuk mempromosikan bisnis. Sebenarnya, cara yang digunakan oleh platform-platform ini kurang lebih seperti SEM. Mereka menyediakan marketplace yang menjadi wadah bagi Anda untuk mempromosikan bisnis, dan Anda bisa memilih cara organik atau berbayar.

  1. Pemasaran Seluler

Pemanfaatan perangkat mobile atau seluler untuk pemasaran digital dilakukan selain menggunakan koneksi Internet. Mobile marketing sendiri terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu telemarketing dan SMS marketing.

  • Telemarketing

Strategi digital marketing ini melalui telepon, dengan menghubungi nomor ponsel pelanggan. Sebagai contoh, perusahaan yang kerap menggunakan cara ini adalah perbankan atau pembiayaan (keuangan). Telemarketing juga merupakan metode yang cukup efektif untuk mempertahankan pelanggan, karena terasa lebih personal dan membuat pelanggan merasa spesial.

  • Pemasaran SMS

Metode ini menggunakan layanan SMS untuk mengirimkan pesan promosi massal ke nomor ponsel pelanggan. Meskipun kini SMS sudah jarang sekali perusahaan untuk berkomunikasi, beberapa perusahaan masih menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Salah satu keunggulan SMS dalam strategi digital marketing adalah para marketer bisa melakukannya dengan cepat dan lebih murah, menggunakan fitur yang disebut “SMS Blast”.

  1. Iklan Radio

Iklan radio juga termasuk strategi pemasaran digital. Radio merupakan salah satu strategi digital marketing yang sangat populer ketika perangkat ini masih menjadi salah satu hiburan utama masyarakat dahulu. Tetapi dengan kecanggihan teknologi saat ini memungkinkan radio akan tetap didengarkan oleh masyarakat melalui Internet. Jadi cara ini masih cukup ampuh untuk memasarkan produk Anda.

  1. Iklan TV

Selain radio, salah satu media lain yang masih sangat populer untuk digital marketing adalah televisi. Dengan iklan TV, Anda bisa membeli slot untuk beriklan dan memasarkan produk. Semakin populer acara yang sedang tayang, biasanya semakin mahal pula slot iklannya. Jenis-jenis iklan yang tertampil juga beragam, seperti iklan yang berada di antara jeda acara, iklan running text, atau iklan yang tertampil langsung dalam acaranya (sponsor). Untuk beriklan di TV, Anda bisa menggunakan jasa agensi iklan. Kisaran biaya yang harus Anda keluarkan juga berbeda-beda, tergantung pada stasiun TV yang menayangkannya, waktu tersisa, dan jenis iklan. Berdasarkan hasil riset kami, biaya rata-rata untuk beriklan di TV berkisar antara 14 juta rupiah hingga 110 juta rupiah.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, manfaat, dan strategi digital marketing . Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here