Pernah berpikir untuk mencoba bisnis online dengan cara menjadi dropshipper tapi tidak tahu dari mana harus memulainya? Atau, Anda tertarik untuk mencoba cara menghasilkan uang dari internet dengan menjalankan bisnis dropship tapi belum paham konsepnya?

Tenang, kami akan membahas semuanya di artikel ini, lengkap dengan penjelasan tentang apa itu dropship dan cara untuk memulai menjadi dropshipper. Langkah-langkah yang kami jelaskan di bawah ini juga cukup mudah untuk diikuti oleh pemula. Jadi, mari disimak saja yuk!

Apa Itu Dropshipper?

Dropship adalah sistem penjualan di mana dropshipper menjual produk dari supplier langsung ke pembeli tanpa harus menyetok barangnya dulu. Proses pengemasan dan pengiriman ke pelanggan nantinya dilakukan oleh pemasok, tapi nama pengirimnya menggunakan nama Anda sebagai dropshipper.

Lalu, apa itu dropshipper? Dropshipper adalah pihak yang berperan sebagai penjual, menjadi perantara bagi konsumen dan pemasok dalam proses jual-beli produk.

Jadi, bisnis dropship adalah sebuah model bisnis yang dijalankan dengan cara menjual produk milik pemasok dengan harga yang lebih tinggi, tapi pengirimannya menggunakan nama Anda.

Cara kerja dropship umumnya adalah seperti ini:

  1. Anda menaikkan harga dari supplier.
  2. Pelanggan membeli produk kepada Anda.
  3. Anda memesan produk kepada supplier.
  4. Supplier mengirim produk ke pelanggan.
  5. Anda menerima keuntungan.

Terlepas dari menjamurnya dropshipping, bisnis dropship memiliki keuntungan dan tantangan tersendiri yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum berurusan di dunia drop shipping.

Keuntungan menjadi dropshipper:

  1. Mudah Dimulai

Keuntungan dropship yang pertama adalah Anda hanya perlu gadget dan koneksi internet yang stabil untuk memulai bisnis dropship. Dengan menjadi dropshipping, Anda tidak perlu khawatir tentang:

  • Mengelola atau membayar gudang,
  • Pengepakan dan pengiriman pesanan Anda,
  • Melacak inventaris untuk alasan akuntansi,
  • Menangani pengembalian dan pengiriman masuk,
  • Terus memesan produk dan mengelola tingkat stok, dll.
  1. Risiko Bisnis Rendah

Selanjutnya, keuntungan menjadi dropshipper adalah risiko yang mungkin timbul cukup rendah. Satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan adalah Anda harus memilih supplier yang tepercaya, khususnya dari segi komunikasi. Sebab, Anda harus memastikan ketersediaan, kondisi, waktu, dan cara pengiriman produk ke konsumen.

  1. Modal Sedikit

Salah satu keuntungan terbesar dari sistem dropshipping adalah Anda bisa membuka bisnis tanpa harus menginvestasikan banyak modal untuk inventaris. Secara tradisional, pengecer harus mengikat modal pembelian persediaan dalam jumlah besar.

Dengan model dropshipping, Anda tidak perlu membeli produk kecuali Anda sudah melakukan penjualan dan telah dibayar oleh pelanggan. Tanpa investasi inventaris di awal, Anda bisa mulai meluncurkan bisnis dropshipping dengan sedikit uang.

  1. Pilihan Produk untuk Dijual Beragam

Kemudian, keuntungan dropship lainnya adalah Anda bisa menjual berbagai produk dari banyak supplier. Karena tidak perlu menyetok barang, Anda bisa langsung menjual banyak jenis produk kepada konsumen.

  1. Lokasi Fleksibel

Manfaat berikutnya dari bisnis dropship adalah usaha ini dapat dijalankan dari mana saja selama ada koneksi internet. Selama Anda dapat berkomunikasi dengan supplier dan pelanggan dengan mudah untuk memastikan hal-hal terkait produk dan pengiriman.

Cara Mudah untuk Memulai Bisnis menjadi Dropshipper

Setelah Anda mengetahui apa itu bisnis dropship dan cara kerja sebagai dropshipper. Berikut kami uraikan bagaimana cara untuk memulai bisnis dropshipper untuk pemula.

Langkah- langkah untuk memulai bisnis dropshipper, antara lain:

  1. Pilih Produk yang akan Anda Jual
  2. Riset dan Tentukan Supplier
  3. Tetapkan Harga Penjualan Produk
  4. Buat Website untuk Bisnis Anda
  5. Promosikan Bisnis Anda
  6. Jual Produk Melalui Marketplace

Setelah mengetahui apa itu bisnis dropship dan cara kerjanya, Anda pasti sudah punya gambaran yang lebih jelas apabila ingin memulai bisnis menjadi dropshipper.

Layaknya bisnis pada umumnya, bisnis dropshipping juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Namun, jika Anda bisa konsisten dan tekun dalam menjalaninya, bisnis droship yang Anda jalankan pasti akan berhasil.

Jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang bisnis online, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here