Berikut beberapa jenis pekerjaan dengan gaji fantastis yang membutuhkan skill AutoCAD, antara lain:

  1. Project Manager

Project Manager mempunyai tugas untuk merencanakan, eksekusi, pengawasan, membuat timeline pekerjaan, hingga membahas urusan bisnis dengan klien.

Dari semua tanggung jawab tersebut, dibutuhkan skill AutoCAD untuk memantau proyek pembangunan serta mengelola hal-hal yang berbau gambar desain.

  1. Project Engineer

Project Engineer merupakan posisi serupa dengan project manager namun cakupannya pada divisi engineering saja. Mereka bertanggung jawab pada apapun yang berkaitan dengan pengerjaan bagian engineering mulai dari perencanaan sampai ekesekusi.

Project Engineer saling berkoordinasi dengan sesama divisi maupun project manager. Saling memberi laporan dan memastikan semua pekerjaan berjalan dengan lancar. Salah satu ketentuan seorang project engineer tentu mengerti tentang AutoCAD.

  1. Mechanical Engineer

Seorang Mechanical Engineer memiliki tugas membuat dan merancang sistem mekanik. Ia juga bertanggung jawab terhadap pengembangan, perancangan, peningkatan, dan juga pengujian.

Selain mengurusi hal-hal teknis, mechanical engineer harus berkoordinasi dengan tim lain apabila melibatkan beberapa disiplin ilmu. Terutama dalam mengkomunikasikan rancangannya dengan gambar.

  1. Urban Planner

Urban planner merupakan orang yang merencanakan dan membuat program untuk penggunaan tanah. Mereka membuat perencanaan untuk menciptakan ekosistem dan merevitalisasi infrastuktur fisik pada lingkup desa sampai kota.

Tanggung jawab seorang urban planner ialah mengidentifikasi kebutuhan masyarakat setempat dan merealisasikan agar tercipta ekosistem. Terutama pada infrastruktur fisik seperti gedung, sekolah, dan fasilitas umum lainnya di area tersebut.

Dengan demikian, Urban Planner sangat perlu menguasai skill AutoCAD untuk mendesain berbagai gambar infrastruktur di pedesaan maupun kota.

  1. Architectural Technologist

Fokus tugas dari seorang Architectural Technologist adalah dibagian teknis konstruksi. Ia juga melakukan riset, menyiapkan gambar dan membantu insinyur sipil mengerjakan proyek. Dengan kata lain, seorang Architectural Technologist adalah orang yang paling sering bersinggungan dengan insinyur sipil.

Ia bertanggung jawab pada survey lokasi, mengatur logistik, membuat perencanaan gambar dengan AutoCAD, dan membantu pada bagian teknis.

  1. Desainer Interior

Desainer interior merupakan seseorang yang bertugas membuat desain ruangan bagian interiror agar menambah nilai estetika. Pembuatan desain juga melibatkan pemilihan material, warna, funitur, dan ornamen lainnya.

Seorang designer interior dapat bekerja pada lingkup pribadi maupun perusahaan. Pastinya dalam membuat desain, salah satu senjata interior designer adalah menggunakan AutoCAD untuk bagian 2D.

  1. Drafter

Tugas Drafter adalah mengubah gambar desain menjadi gambar dengan informasi teknis. Pekerjaan ini akan membantu arsitek dan insinyur untuk menjabarkan gambar dan memberikan informasi teknis seperti dimensi, kode material, dan metode produksi.

Penggunaan AutoCAD dapat membantu Drafter untuk dapat menerjemahkan gambar sehingga bisa mendapatkan informasi teknis.

Apa Anda atau perusahaan Anda kesulitan mencari tempat pelatihan gambar teknik dengan menggunakan AutoCAD, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline. Kami sudah membantu banyak perusahaan dan team agar bisa menguasai CAD dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here