Istilah sales dan marketing bukanlah suatu hal asing lagi di kalangan masyarakat. Ketika melihat pilihan lowongan pekerjaan pun banyak sekali terdapat pilihan lowongan untuk peran sales dan marketing.

Dan seringkali orang-orang mengira sales dan marketing adalah dua hal yang sama. Padahal secara definisi, tugas, dan tanggung jawab peranan sales dan marketing bagi bisnis cukuplah berbeda.

Yuk, simak penjelasan lebih dalam mengenai definisi sales dan marketing hingga perbedaannya!

Sales dan Marketing

Sales dan marketing sama-sama bertujuan untuk meningkatkan pendapatan. Keduanya sering disamakan sehingga orang sering jadi tidak menyadari ada perbedaan sales dan marketing. Memang, dalam organisasi kecil, orang yang sama biasanya melakukan tugas sales dan marketing.

Namun, seiring pertumbuhan organisasi, peran dan tanggung jawab keduanya menjadi lebih terspesialisasi. Perbedaan sales dan marketing bisa dilihat dalam fungsi dan perannya yang berbeda.

Ketika sales lebih berbasis transaksi, marketing bertujuan untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang. Keduanya sering berbagi tujuan yang sama untuk meningkatkan pendapatan tetapi dalam fungsi dan proses yang berbeda.

Pada dasarnya sales menyiratkan pertukaran produk dan layanan dengan uang atau nilai uang. Di sisi lain, marketing adalah istilah umum yang menunjukkan serangkaian kegiatan yang dimulai dengan riset pasar dan diakhiri dengan kepuasan konsumen.

Perbedaan sales dan marketing terletak pada tujuannnya. Fokus keduanya ada pada dua tujuan yang berbeda, seperti dalam marketing yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan pelanggan, sedangkan sales adalah tentang mencapai target penjualan perusahaan, yaitu berfokus pada pemenuhan kebutuhan perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Word of Mouth Marketing dan Tips Menjalankannya

Pengertian Sales

Sales adalah salah satu bagian dari perusahaan dimana tugas utama seorang sales adalah menjual dan memastikan produk yang terlihat ataupun tidak laku terjual pada konsumennya. Sales juga harus menawarkan produk pada para konsumen.

Sehingga produk tersebut bisa laku terjual sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, tapi konsumen pun tidak kecewa.

Sales adalah ujung tombak penjualan produk/jasa. Sales bisa jadi adalah seorang individu yang ditugasi untuk menawarkan produk/jasa dalam sebuah proses penjualan. Tujuannya agar target penjualan perusahaan bisa tercapai.

Untuk tujuan ini, seorang sales harus memiliki keterampilan komunikasi dan persuasi yang luar biasa, untuk menyampaikan manfaat produk atau layanan kepada pelanggan secara efektif, sambil menjawab pertanyaan mereka.

Pengertian Marketing

Marketing adalah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan penjualan produk atau layanan perusahaan. Marketing juga bisa diartikan sebagai proses mengedukasi masyarakat agar tertarik pada produk atau jasa yang dijual oleh perusahaannya.

Semua kegiatan yang berupaya menarik perhatian pelanggan terhadap penawaran perusahaan dan mempertahankannya masuk dalam cakupan marketing, seperti riset dan analisis pasar, pengembangan produk, promosi, metode distribusi, penjualan, dan layanan purna jual.

Baca juga: Mengenal 5 Konsep Pemasaran dan Contohnya

5 Perbedaan Sales dan Marketing

Setelah mengetahui pengertian sales dan marketing serta tugas masing-masing, berikut ini perbedaan sales dan marketing.

  1. Fokus dan Tujuan

Berdasarkan pengertian yang sudah dijelaskan di atas, fokus dari sales adalah menjual barang atau jasa. Jadi fokus dari kegiatan sales adalah pencapaian target. Prinsip dari sales adalah semakin banyak barang atau jasa yang bisa terjual, kondisi perusahaan semakin bagus. Hal ini disebabkan jumlah penjualan akan berpengaruh pada cash flow perusahaan.

Fokus marketing tidak hanya menjual produk saja, akan tetapi membuat brand awareness. Cara ini dilakukan agar produk bisa diingat oleh para konsumen, dipromosikan oleh konsumen kepada orang lain tanpa diminta, dan customer akan terus membeli produk tersebut (repurchase).

Memang tujuan utama dari marketing adalah membuat citra produk (branding). Walaupun banyak produk sejenis di pasar, konsumen tetap akan memilih produk yang Anda jual. Bersamaan dengan kegiatan marketing yang dijalankan, kepercayaan customer pun bisa dibangun secara otomatis.

Dapat disimpulkan bahwa perbedaan sales dan marketing dilihat dari fokus dan tujuan. Fokus sales yaitu membuat audiens menjadi pelanggan potensial, sedangkan fokus marketing yaitu membangun kepuasan customer yang nantinya membuat penjualan jangka panjang dan mengubah pelanggan potensial menjadi pelanggan tetap (loyal customer).

  1. Proses Kerja

Perbedaan sales dan marketing juga dapat dilihat dari proses kerja. Proses kerja marketing terjadi di belakang customer yaitu sebagai penggerak untuk tim sales, sehingga para marketer tidak perlu bertemu langsung dengan konsumen. Marketing bekerja dengan lebih berproses pada bagaimana melakukan penyediaan informasi yang lengkap untuk produk yang akan ditawarkan oleh sales. Baik itu meliputi harga produk, profil target yang harus didapatkan oleh sales ataupun tempat yang bisa dijangkau oleh produk yang ditawarkan. Tugas marketing ialah membangun kesadaran untuk para target sehingga produk dapat menjadi solusi atas masalah mereka.

Sedangkan sales bekerja dengan lebih banyak bertemu dan berkomunikasi dengan target konsumen. Melakukan penawaran hingga menjawab segala pertanyaan yang diajukan oleh target terkait dengan produk atau jasa. Bisa dikatakan bahwa sales merupakan kepanjangan tangan dari marketing.

  1. Hubungan dengan Pelanggan

Seringkali hubungan dengan customer dalam kegiatan penjualan tidaklah penting sebab fokus dari kegiatan sales adalah menjual produk sebanyak mungkin. Saat produk sudah diterima konsumen, tugas sales telah berakhir. Untuk kepuasan pelanggan terkait produk yang dibelinya dan berbagai hal sejenisnya tidak perlu ditanyakan.

Namun berbeda halnya dengan marketing yang harus menjaga hubungan baik jangka panjang dengan customer pasca melakukan pembelian produk. Cara yang biasanya dilakukan oleh marketer untuk menjalin relasi terhadap customer seperti meminta customer untuk memberikan review terkait produk yang sudah dibeli, customer diminta memberikan feedback, dan lain-lain.

  1. Lama Waktu Bekerja

Marketing memiliki jangka waktu kerja yang lebih lama dibandingkan sales. Lamanya jangka waktu ini karena marketing harus melakukan analisa untuk beberapa teknik pemasaran. Analisa dan evaluasi teknik pemasaran ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan secara tidak langsung. Ini tentunya membutuhkan waktu lama dibandingkan dengan sales yang lama kerjanya bersifat jangka pendek.

Sales langsung melakukan penjualan kepada pembeli yang akan langsung merasakan manfaat produk. Setelah mereka melakukan pembelian pekerjaan selesai, berbeda dengan marketing yang masih panjang prosesnya.

  1. Prospek

Prospek sales adalah bekerja dengan target yang sudah ditentukan oleh perusahaan lewat marketing, sedangkan prospek marketing adalah menciptakan prospek baru secara continue agar produk yang dijual tidak mudah tenggelam di tengahnya persaingan pasar dan perkembangan zaman.

Kesimpulan

Sekalipun perbedaan sales dan marketing jelas berbeda, namun tujuan dari keduanya sama yakni melakukan penjualan.

Sales memang langsung melakukan penjualan atau melakukan tindakan kepada konsumen yang jelas targetnya. Sedangkan marketing berusaha menggaet pembeli dalam skala yang lebih besar.

Jika sales langsung tertuju pada satu titik, marketing memiliki banyak titik yang harus dicapai. Titik-titik inilah yang nantinya akan diteruskan oleh sales kepada pelanggan secara langsung.

Dengan begitu maka tujuan marketing bisa terlaksana dengan baik. Marketing dan sales harus sejalan dan berkoordinasi dengan baik. Dengan begitu maka tujuan bersama untuk meningkatkan penjualan produk bisa dilakukan secara bersama-sama.

Baca juga: Panduan dan Tips Belajar Digital Marketing untuk Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here