Kanopi adalah atap tambahan di luar rumah seperti pada bagian teras atau balkon dan carport yang lazim menghias rumah-rumah masa kini. Kanopi berfungsi untuk menahan panas sehingga rumah akan terasa lebih teduh dan juga terlindungi dari kucuran langsung air hujan.

Kehadiran kanopi dengan berbagai model dianggap sebagai pelengkap yang mempercantik tampilan rumah. Dengan beragam pilihan jenis bahan dan model membuat Anda bebas memilih yang sesuai dengan selera dan konsep rumah Anda.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhaikan sebelum membeli kanopi:

  • Atur anggaran yang Anda sediakan untuk membuat kanopi.
  • Pilih material rangka dan atap kanopi sesuai kebutuhan dan budget. Bila budget terbatas, Anda bisa memilih kanopi baja ringan yang harganya lebih terjangkau namun juga tahan lama.
  • Ukur luas lahan yang akan dipasang kanopi, dengan begitu Anda bisa mendapatkan gambaran berapa kira-kira budget yang akan dikeluarkan untuk membuat kanopi.
  • Pilih penyedia jasa pemasangan kanopi yang berpengalaman dan terpercaya, sehingga pemasangannya tidak akan terlalu lama.

 

Jenis-Jenis Atap Kanopi Rumah

Ada beberapa jenis atap kanopi yang bisa Anda pilih, di antaranya:

  1. Kanopi Spandek

Kanopi spandek terbuat dari campuran aluminium, seng, dan silicon yang mempunyai sifat lentur dan mudah dibentuk.  Kanopi spandek cocok dipasang pada ruangan yang digunakan khusus untuk menjemur pakaian, karena bahannya yang bersifat konduktor atau penghantar panas sehingga dapat menyimpan panas dan membuat jemuran lebih cepat kering. Akan tetapi, jika Anda memilih menggunakan kanopi spandek untuk bagian carpot atau teras, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan lapisan alumunium foil untuk membuat teras Anda menjadi lebih sejuk.

Kanopi spandek memiliki lapisan resin yang membuat permukaannya halus dan bersih. Bahan ini juga tahan terhadap korosi sehingga sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah di daerah pantai. Dari segi harga pun, kanopi spandek lebih hemat di kantong.

  1. Kanopi Kaca

Sifat kaca yang transparan membuat tampilan rumah terkesan lebih mewah dan elegan saat digunakan. kaca memiliki ketahanan yang tinggi dan ketebalan yang sesuai sehingga aman untuk digunakan. Dalam memilih ketebalan kaca memerlukan ketelitian dan juga membutuhkan teknik pemasangan yang tepat, sehingga material kaca tidak mudah pecah. Selain itu Anda juga perlu melakukan perawatan rutin agar kaca selalu tampak bersih.

  1. Kanopi Alderon

Material kanopi alderon terbuat dari Unplasticizide Polyvinyl Chloride (uPVC). Material UPVC dikenal lebih kaku dan kokoh dibandingkan dengan PVC biasa pada umumnya. Agar bisa diaplikasikan dengan mudah, atap alderon sangat mudah untuk dipotong.

Alderon mampu meredam udara panas dan suara sehingga membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk dan tidak bising. Hal ini karena material Alderon memiliki rongga yang membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik. Bahan alderon juga sudah dilengkapi anti-UV sehingga membuatnya tahan lama, tidak mudah pecah dan menjaga warnanya tetap dalam kondisi baik. Untuk ketahanan, kanopi alderon sedikit lebih awet dibanding kanopi onduline.

  1. Kanopi Onduline

Kanopi onduline bisa menjadi salah satu pilihan untuk kanopi rumah minimalis Anda. Sifatnya yang kokoh, tahan korosi, karat dan mampu meredam suara air hujan ini tentu membuat Anda menjadi lebih nyaman. Harga yang ditawarkan pun lebih murah dibandingkan kanopi alderon. Dalam industri material, onduline juga dikenal sebagai brand yang berinovasi menggunakan serat selulosa untuk atap berkualitas.

  1. Kanopi Polycarbonate

Kanopi polycarbonate merupakan jenis kanopi transparan yang terbuat dari bahan polycarbonate. Bahan ini memiliki kekuatan yang sangat baik dan tahan terhadap benda tajam dan tekanan yang kuat. Kanopi jenis ini juga tahan terhadap cuaca ekstrem seperti hujan, panas, dan angin. Selain itu, kanopi polycarbonate memiliki masa pakai yang cukup lama sehingga tidak perlu sering-sering diganti.

Untuk perawatannya mudah, cukup semprotkan air sabun untuk menghilangkan kotoran. Perawatan yang rutin akan mencegah munculnya jamur pada kanopi polycarbonate. Pastikan Anda memilih polycarbonate anti-UV sehingga warnanya tidak mudah menguning.

  1. Kanopi Go Green

Ini adalah solusi bagi atap kanopi paling ramah lingkungan. Sesuai namanya, kanopi go green terbuat dari formula baja ringan yang bisa didaur ulang, sehingga aman untuk kesehatan penghuni rumah, anti karat dan bebas korosi. Keuntungan lainnya, harga kanopi ekonomis cenderung lebih murah dibanding kanopi lainnya dan bergaransi. Tidak hanya itu, kanopi go green juga cocok untuk semua jenis rumah, padukan dengan rangka atap baja ringan untuk tampilan yang lebih baik.

  1. Kanopi Membrane

Kanopi membrane termasuk salah satu kanopi yang mahal harganya namun juga banyak peminatnya. Karena, kanopi membrane ini cukup kuat sehingga mampu bertahan untuk waktu lama. Secara bentuk, kanopi membrane mampu tampil cantik mengikuti rangka besi sesuai desain pilihan Anda. Kanopi ini juga memiliki sifat tahan terhadap sinar matahari, tidak mudah sobek karena sangat elastis.

Untuk semua kelebihan itu, kanopi membrane dibandrol dengan harga Rp 750.000 – 1.800.000 per m2. Pastikan Anda memadukannya dengan besi berkualitas dan pemilihan model yang tepat agar biaya yang Anda keluarkan untuk kanopi cantik ini tidak sia-sia.

  1. Kanopi Kain

Kanopi kain adalah versi lebih murah dari kanopi membrane. Untuk biaya pemasangannya biasanya berada pada kisaran Rp 300.000 – 800.000. Meskipun harganya yang jauh lebih rendah dari kanopi membrane, namun dengan pemilihan warna dan model yang tepat, kanopi kain bisa mempercantik hunian Anda. Bahkan kanopi kain ini cocok digunakan untuk kanopi cafe, hingga hotel. Anda bisa memilih bahan kain kanvas, akrilik, katun dan benang polyster. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Kanopi Awning Gulung

Untuk bahan, kanopi awning gulung menggunakan bahan yang sama seperti kanopi membrane atau kanopi kain. Letak perbedaannya ada pada rangka kanopi yang bisa digulung atau dilipat menggunakan remote. Jadi, tinggal memencet remote-nya, kanopi ini akan membuka dan menutup sendiri.

 

  1. Kanopi Solar Stuff

Kanopi solar stuff adalah solusi bila Anda ingin menggunakan material transparan selain kaca. Bahkan sekilas, kanopi solar stuff terlihat seperti kaca. Namun bedanya, solar stuff memiliki kelebihan tidak mudah pecah, keras sekaligus fleksibel. Tak hanya itu, solar stuff mampu meredam panasnya matahari dan mampu meredam suara bising dari luar rumah. Apa Anda tertarik untuk mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here