Anda ingin berbisnis tapi bingung mau usaha apa dan gimana caranya? Tidak usah muluk-muluk, sebenarnya banyak lho ide bisnis online untuk pemula.

Bermodalkan internet dan platform jualan online, siapapun bisa memulai bisnis online dengan mudah. Menggiurkannya lagi, belajar bisnis online menawarkan pendapatan fantastis dengan jam serta cara kerja yang lebih fleksibel.

Nah, di artikel ini, kami akan membahas beberapa contoh ide bisnis online paling menguntungkan yang bisa Anda lakukan dari rumah dan dimulai saat ini juga. Penasaran? Yuk temukan ide bisnis online terbaik untuk Anda di bawah ini!

Mengapa Harus Punya Ide Bisnis Online?

Saat ini, hampir semua bisnis dan perusahaan memanfaatkan internet untuk menjual produknya. Banyaknya pengguna internet di seluruh dunia juga turut menjadi alasan mengapa Anda harus punya ide bisnis online untuk meningkatkan penjualan. Toko atau lokasi fisik sudah tidak bisa lagi diandalkan sebagai satu-satunya cara untuk memperoleh pendapatan.

Adanya jaringan yang terhubung ke seluruh dunia, jasa pengiriman yang siap mengantarkan barang ke mana pun, dan kemudahan akses membuat pelanggan merasa enggan melakukan transaksi secara offline. Kalau bisa hanya duduk dan menunggu barang diantar sampai rumah, kenapa harus repot-repot keluar?

Ide Bisnis Online Menguntungkan Untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online untuk pemula yang layak untuk Anda coba, antara lain:

  1. Membuka Toko Online

Pernahkah berpikir untuk membuka toko online sendiri? Membuka toko online tentu lebih mudah daripada toko offline. Toko online tidak membutuhkan tempat fisik serta sangat fleksibel dalam pengelolaannya.

Meskipun tidak memiliki tempat fisik, kamu masih bisa menjual berbagai barang kebutuhan masyarakat. Mulai dari pakaian, alat kesehatan, barang elektronik, bahkan sampai suku cadang mobil. Sudah ada banyak platform yang menyediakan pembuatan toko online secara gratis dan mudah. Jadi kamu bisa memanfaatkan platform tersebut untuk memulai tokomu sendiri.

  1. Menjadi Reseller

Jika kamu tidak ingin menjual produksi barang sendiri karena terlalu sulit maka menjadi reseller bisa dicoba. Menjadi reseller berarti kamu membeli barang-barang dari supplier lalu menjualnya kembali dengan harga dan packaging yang berbeda.

Baca Juga: Media Pemasaran Online Untuk Bisnis Anda

Tugasmu tinggal memilih supplier yang bisa dipercaya dan memilih barang-barang berkualitas. Kemudian foto barang supplier lalu pasarkan ke berbagai media sosial.

  1. Menjadi Dropshipper

Dropship adalah sistem penjualan di mana dropshipper menjual produk dari supplier langsung ke pembeli tanpa harus menyetok barangnya dulu. Proses pengemasan dan pengiriman ke pelanggan nantinya dilakukan oleh pemasok, tapi nama pengirimnya menggunakan nama Anda sebagai dropshipper.

Baca juga: Cara memulai bisnis dropshipper

Lalu, apa itu dropshipper? Dropshipper adalah pihak yang berperan sebagai penjual, menjadi perantara bagi konsumen dan pemasok dalam proses jual-beli produk.

Jadi, bisnis dropship adalah sebuah model bisnis yang dijalankan dengan cara menjual produk milik pemasok dengan harga yang lebih tinggi, tapi pengirimannya menggunakan nama Anda.

  1. Memulai Jasa Titip/Jastip

Membuka jastip atau jasa titip juga termasuk dalam bisnis online yang menjanjikan dan terbukti dapat memberi keuntungan. Sudah ada banyak orang yang melakukannya dan mereka berhasil mendapatkan keuntungan. Anda hanya perlu memberitahukan barang apa saja yang dijual di tempat yang sedang dikunjungi. Ambil gambarnya lalu unggah di berbagai media sosial. Tunggu sampai pelanggan membayar kemudian barulah beli barang-barang tersebut. Jadi sebenarnya tidak ada modal yang perlu dikeluarkan untuk menjalankan bisnis jastip.

  1. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Kemampuan apa pun yang Anda punya saat ini tentu bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Contohnya jika Anda memiliki kemampuan untuk mendesain website maka Anda bisa membuka jasa pembuatan website. Jasa ini masih sangat diperlukan dan memiliki peluang besar karena semua bisnis yang mulai beralih ke dunia digital. Anda bisa membuka akun freelance atau menjualnya di berbagai media sosial.

  1. Membuka Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis menjadi salah satu peluang bisnis online yang sangat menjanjikan terutama bagi generasi milenial. Hal ini dikarenakan banyaknya lembaga, perusahaan, maupun perorangan yang membutuhkannya untuk pengembangan bisnisnya.

Contohnya saja perusahaan atau lembaga dalam membuat promosi iklan, kartu nama dan sebagainya. Dalam memulai bisnis desain grafis, Anda bisa melalui situs penghubung dengan calon klien. Cara lainnya, Anda bisa membuat blog atau media sosial untuk menampilkan karya-karya dan portofolio untuk menarik konsumen maupun klien baru.

  1. Penulis Artikel

Selain jasa pembuatan desain grafis, peluang bisnis online lainnya yang sangat menjanjikan adalah penulis artikel. Penulis artikel di sini bisa berupa copywriting ataupun content writing. Keunggulan menjadi seorang penulis artikel ini Anda bisa mengerjakannya di mana saja baik di rumah atau tempat lainnya seperti co-working space.

Biasanya banyak perusahaan besar mengiklankan produk mereka secara online melalui review produk melalui artikel. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengirim tulisan di media-media atau majalah online yang membahas tema tertentu misalnya gaya hidup atau bertema traveling. Semakin bagus tulisan Anda maka besar kemungkinan untuk dimuat dan digunakan di sebuah perusahaan. Dari situlah Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Membuat Konten Video di YouTube

YouTube merupakan salah satu situs web paling populer di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna yang menonton video setiap hari. Anda dapat memanfaatkan jangkauan YouTube untuk menghasilkan uang secara online. Anda bisa membuat konten yang bermanfaat atau sesuatu yang menarik untuk ditonton oleh orang banyak.

Keuntungan dari mana yang bisa Anda dapatkan dari membuat konten? Anda bisa menghasilkan uang dari pendapatan iklan. Pada dasarnya, Google memberi lampu hijau untuk menyertakan iklan AdSense pendek dengan video Anda, yang dapat dilihat saat menonton video YouTube. Anda akan dibayar, ketika pemirsa mengklik iklan tersebut.

Kesempatan lain untuk menghasilkan uang dengan saluran YouTube adalah melalui sponsor berbayar. Dirikan pengikut yang cukup besar dengan begitu perusahaan akan dengan senang hati membayar Anda untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

  1. Pemasaran Afiliasi/Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu ide bisnis online untuk pemula yang baru-baru ini sedang menjadi tren. Cara kerjanya ialah Anda cukup mempromosikan produk atau bisnis orang lain melalui berbagai platform digital. Bila produk tersebut laku keras, Anda akan mendapatkan fee dari penjualan tersebut.

Bisnis seperti ini banyak ditemukan di berbagai macam situs. Beberapa produk yang dijual dalam bisnis ini di antaranya adalah e-book, training, seminar dan beragam produk unggulan lainnya. Contohnya saja Anda bekerja sama dengan developer properti, Anda bisa memasarkan unit-unitnya melalui media sosial ataupun website khusus yang Anda buat. Cukup mudah, bukan?

  1. Menjadi Podcaster

Podcast telah menjadi tren beberapa waktu ini. Di podcast, Anda dapat menemukan obrolan dengan berbagai jenis topik; mulai dari yang santai hingga isu yang serius. Bagi Anda yang senang bercerita atau ingin membagikan pengetahuannya, Anda dapat menjadikan podcast sebagai bisnis.

Bagaimana caranya Anda bisa mendapatkan uang dari sekedar berbicara? Serupa dengan pembuat konten, seorang podcaster mendapatkan uang berasal dari afiliasi dan iklan yang terdapat dalam kontennya. Anda bisa mempromosikan produk sponsor di dalam podcast atau membuat ulasan tentang produk tersebut. Untuk platformnya, Anda bisa menggunakan Spotify atau YouTube. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan podcast yang Anda buat.

Semoga artikel ini bisa memberikan contoh ide bisnis kreatif yang bisa langsung Anda jalankan di tahun 2023 ini. Berbagai kemungkinan bisa Anda lakukan dengan hanya bermodalkan internet, termasuk menjalankan bisnis dari rumah.

Bagaimana, sudah menemukan ide bisnis online terbaik dan menentukan cara bisnis online untuk menjalankannya? Jika punya pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga sukses selalu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here