Apa itu Bisnis Digital?

Kita tentu sering mendengar kata Bisnis Digital, sebenarnya apa sih Bisnis Digital itu? Bisnis Digital adalah bisnis yang menggunakan kecanggihan teknologi kekinian dalam membuat produk maupun proses pemasarannya. Bisnis digital tidak selalu berkaitan dengan produk-produk tanpa wujud misal : software, ebook.

Jadi bisnis digital adalah bisnis yang kegiatannya atau pemasarannya dilakukan secara online, baik melalui website, aplikasi, sosial media ataupun menggunakan marketplace.

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat membuat peluang-peluang bisnis digital bermunculan. Bahkan hanya dengan sebuah laptop yang kamu miliki, kamu sudah bisa memulai untuk menjalankan bisnis secara digital, dan tentunya ada bisnis digital yang membutuhkan spesifikasi hardware atau laptop yang tinggi. Tapi, ada juga bisnis digital yang bisa ditekuni jika kamu memiliki hadrware atau laptop yang nggak terlalu tinggi spesifikasinya.

1. Membangun Toko Online

Pandemi Covid 19 telah membuat kita terbiasa bertransaksi secara online. Kita lebih sering berbelanja secara online. Hal ini membuat peluang membangun toko online menjadi sangat terbuka. Kamu tinggal melakukan riset tentang jenis produk yang ingin dijual di toko onlinemu kemudian membangun website atau menjual lewat marketplace, misal : Tokopedia, Shopee, atau yang lainnya.

Selain itu jika kamu ingin benar-benar fokus, kamu juga bisa membuat website untuk menjual produk yang kamu miliki.

Bingung bagaimana cara membangun toko online, baca : Cara Membangun Toko Online

2. Bisnis Dropshiper

Menjadi Dropshiper bisa jadi menjadi peluang yang bagus bagi kamu. Kamu tidak harus memiliki produk atau barang untuk memulai berbisnis. Kamu tinggal bergabung dengan menjadi mitra dari pemilik produk kemudian menjualkan.

Terus apa perbedaan dropship dengan reseller ? Dropship anda menerima uang langsung dari customer, kemudian membelanjakannya. Dan keuntungan anda berasal dari selisih harga beli dan harga jual, dan barang terkirim atas nama Anda sebagai pengirim. Sedangkan reseller hanya fokus mempromosikan dan menjualkan, dan reseller mendapatkan komisi dari jumlah produk yang terjual.
Intinya dropshiper adalah penghubung antara penjual dan pembeli.

Kenapa bisnis dropship bisa menjadi bisnis digital yang menarik ? Karena Anda bisa memulai tanpa modal, dan tanpa stok produk.

3. Menjadi Blogger

4. Menjadi Instagram Influencer

5. Menjual Desain

6. Menjual Produk Digital

7. Digital Agency

8. Mengajar Online

9. Menjual Konten Digital

10. Bisnis Affiliasi

Nah,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here